Di era digital, dimana intenet sudah menjadi kebutuhan hidup masyarakat khususnya anak milenial yang hobi bikin konten, mulai dari TikTok, Instagram hingga Youtube, maka jaringan internet stabil tanpa dibatasi kuota menjadi keharusan guna menunjang eksistensinya di dunia maya.
Sebut saja, Chutik (30), meskipun bukan selebgram atau influencer dengan follower banyak, namun rutinitasnya membuat konten TikTok, Istragram hingga Youtube terus dilakukannya setiap hari untuk mempromosikan bisnis makeup weddingnya yang baru dimulai empat tahun belakangan ini. “Lewat konten TikTok, ide kreatifitas muncul dan alhamudilah banyak order masuk dan ini cukup ampuh sebagai media marketing,”katanya.
Menurutnya, media konten TikTok menjadi sarana efektif promosi dan mampu mendongkrak usaha tata riasnya ketimbang harus iklan secara konvensional karena butuh biaya besar. Saat ini, media TikTok tengah naik daun dan bahkan hampir semua artis hingga pejabat miliki konten TikTok. Maka di tengah pesatnya pertumbuhan pengguna TikTok, insting inilah yang harus ditangkap para pelaku bisnis memanfaatkan tren pasar. Terlebih TikTok kini menjadi salah satu platform hiburan yang paling digemari dan terpopuler dikalangan kaum milenial dan Gen Z.
Pada 2019 misalnya, TikTok menjadi aplikasi non-gaming kedua yang paling banyak diunduh, tepat di bawah WhatsApp. Kemudian pada 2021, TikTok menggeser menggeser posisi Facebook sebagai aplikasi terpopuler di dunia. Gimana nggak terpopuler, TikTok menawarkan beragam konten hiburan yang seru. Dalam laporannya, Insider Intelligence memprediksi bahwa TikTok akan memiliki pengguna aktif mencapai 755 juta orang pada tahun 2022. Angka tersebut diraih berdasarkan pertumbuhan pengguna TikTok pada tahun 2020 yang mencapai 59,8% dan 40,8% pada tahun 2021.
Sementara itu, Facebook diperkirakan bakal memimpin di posisi pertama dengan total pengguna aktif bulanan sebesar 2,1 miliar pada tahun 2022. Tercatat bahwa jumlah pengguna aktif Facebook mengalami pertumbuhan sebesar 6 persen dari tahun ke tahun (year-on-year/yoy). Tepat di bawah Facebook, Instagram konon akan mempunyai total 1,28 miliar pengguna aktif dalam satu tahun ke depan.
Di Indonesia, menurut angka yang dipublikasikan di sumber periklanan ByteDance menunjukkan bahwa TikTok memiliki 92,07 juta pengguna berusia 18 tahun ke atas pada awal 2022. Angka yang cukup besar dengan pertumbuhan yang agresif. Sementara jangkauan iklan TikTok di Indonesia setara dengan 45,0% basis pengguna internet lokal di awal tahun, tanpa memandang usia.
Kata Chutik, sehari tanpa bikin konten ada yang kurang seperti makan nasi tanpa lauk. Belum lagi, lanjutnya, banyak barang endorse yang harus dibikin konten. Kendati tidak melulu konten TikTok berisi soal kerjaannya sebagai make up wedding, namun sesekali kontennya juga berisi hiburan bersama anak buahnya atau dengan keluarganya.
Dirinya bercerita, hal yang dikeluhkannya saat bikin konten adalah kuota internet habis. Padahal, internet menjadi utama dalam menunjang setiap bikin konten,”Paling kesel deh, lagi asik bikin konten terputus karena kuota internet gak cukup. Masa harus numpang jarigan internet ke temen, gak asik. Nanti disangka benalu deh,”tuturnya.
Maka gak heran, biaya yang harus dikeluarkan ibu dua anak ini untuk beli paket internet tidak murah sehingga banyak menguras kantong. “Pernah coba ke provider lainnya dengan iming-iming promo yang menarik tapi banyak syaratnya, ya sama juga bohong,”ketusnya.
Untung saja, lanjut Chutik, berkat informasi ada produk murah internet sepuasnya dari smartfren Unlimited Nonstop membuat lega beli kuota tanpa bikin kantong kering dan pastinya bikin konten tidak lagi ragu kuota internet habis. Tengok saja, harganya murah karena bisa asyik sebulan internetan unlimited cuma dengan Rp30 ribu serta paket pulsa tidak kesedot. “Paket Unlimited Nonstop ini bisa bikin nonstop internetan tanpa sedot pulsa, karena saat kuota utama habis, kita akan mendapatkan akses nonstop.”jelasnya.
Kini hadirnya Smartfren Unlimited Nonstop, menurutnya menjadi solusi bagi dirinya sebagai pengguna internet aktif dengan harga yang ekonomis. Selanjutnya, kata Chutik, dengan paket Unlimited Nonstop ini bikin semangat dan makin rajin lagi bikin konten yang kreatif.
Menjadi Solusi
Cerita yang sama juga disampaikan Rahmat (35), hobinya berburu kuliner selalu diposting di istagramnya dan di media sosial TikTok miliknya. Hanya saja, mahalnya biaya kuota internet menjadi kendalanya dalam menunjang passionnya di media sosial. “Kalau paket kuota habis, bikin mati kutu gak bisa ngapa ngapain,”katanya.
Selain itu, ditambahkan Rahmat, smartphone miliknya tanpa internet bikin hidup tanpa gairah dan apalagi kalau udah diajak main barang (mabar). Oleh karena itu, internet baginya adalah kebutuhan primer. Menyadari kebutuhan internet unlimited masih menjadi primadona di pasar, mendorong banyak perusahaan provider telekomunikasi berlomba-lomba menawarkan paket internet unlimited. Namun banyak pelanggan yang tergiur kuota besar dengan harga murah, tapi kuota tersebut hanya berlaku di daerah-daerah tertentu. Sudah pasti bagi para pelanggan yang tidak dalam lingkup daerah promo, tidak bisa menggunakan paket data promo tersebut. “Penawaran ini yang bikin kita kejebak dan tidak sesuai ekspektasi,”keluhnya.
Kini dengan Smartfren Unlimited Nonstop, kata Rahmat sangat membantu dan menjadi solusi bagi dirinya dalam bersosial media dan termasuk mengembangkan ide kreatif makin berkelas. Tidak hanya itu, Smarfren Unlimited ini tidak ada banyak syarat dan ketentuannya sehingga sangat pas bagi milenian yang selalu berselancar di dunia maya.
Disampaikan Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, Smartfren Unlimited Nonstop bisa mengakses aplikasi apapun selama 24 jam, serta mendapatkan akses nonstop setelah kuota utama habis. “Paket baru ini diharapkan menjadi pilihan terbaik untuk pelanggan yang sangat aktif menggunakan internet, baik untuk upload konten video ukuran besar ke media sosial, streaming serial K-Drama seharian, atau meeting dan belajar jarak jauh memakai Zoom,”ujarnya.
Kata Djoko, Smartfren sebagai pelopor paket Unlimited, terus melahirkan inovasi baru yang makin relevan. Apalagi sekarang trennya orang-orang upload konten dalam bentuk video ke TikTok, Instagram Reels atau YouTube. Mereka juga menikmati streaming film serial K-Drama atau mempelajari hal – hal baru dari video-video tutorial. Oleh karena itu, lanjutnya, perseroan hadirkan Smartfren Unlimited Nonstop agar mereka bisa melakukan passion digitalnya itu tanpa khawatir.”Paket Unlimited Nonstop ini bisa bikin kamu nonstop internetan tanpa sedot pulsa, karena saat kuota utama habis, pelanggan akan mendapatkan akses nonstop.”tegasnya.
Sebagai informasi, Smartfren Unlimited Nonstop tersedia dalam bentuk kartu perdana dan voucer data berbagai pilihan. Mulai dari Unlimited Nonstop 2 GB seharga Rp10.000 dengan masa aktif 10 hari, Unlimited Nonstop 3 GB seharga Rp15.000 dengan masa aktif 14 hari, Unlimited Nonstop 6 GB seharga Rp30.000 dengan masa aktif 30 hari, Unlimited Nonstop 12 GB seharga Rp45.000 dengan masa aktif 30 hari, Unlimited Nonstop 30 GB seharga Rp70.000 dengan masa aktif 30 hari, dan Unlimited Nonstop 45 GB seharga Rp100.000 dengan masa aktif 30 hari.
Selain itu, seluruh pilihan tersebut sudah termasuk dengan gratis telepon ke seluruh nomor Smartfren. Khusus Unlimited Nonstop 3 GB dan 6 GB, pelanggan akan mendapatkan bonus kuota lokal hingga 4 GB.
Pelanggan Smartfren juga bisa mendapatkan berbagai manfaat menarik. Untuk pelanggan Smartfren yang pertama kali download aplikasi MySmartfren, bisa memperoleh bonus kuota data 5 GB. Kemudian setiap kali melakukan pembelian paket data, pelanggan bisa memperoleh Smartpoin yang dapat ditukar dengan berbagai macam hadiah. Mulai dari penukaran Smartpoin dengan minuman/makanan tertentu di Indomaret, kupon potongan belanja di Tokopedia, hingga kupon potongan pembelian items untuk game Mobile Legend atau FreeFire.
Rayakan hari jadinya ke-50, PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI) dalam menjalankan bisnisnya tidak hanya mencari keuntungan semata tetapi komitmen…
Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menyetujui pembagian dividen final untuk tahun buku 2024…
Sukses mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun 2024, menjadi optimisme PT Mutuagung Lestari Tbk (MUTU International) untuk mematok pertumbuhan bisnis lebih…
Rayakan hari jadinya ke-50, PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI) dalam menjalankan bisnisnya tidak hanya mencari keuntungan semata tetapi komitmen…
Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menyetujui pembagian dividen final untuk tahun buku 2024…
Sukses mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun 2024, menjadi optimisme PT Mutuagung Lestari Tbk (MUTU International) untuk mematok pertumbuhan bisnis lebih…