KAMPANYE PEMILU SUDAH DIMULAI - Pengamat: Aktivitas Politik Dongkrak Ekonomi

Jakarta-Pengamat ekonomi dari Indonesia Strategic and Economics Action Institution Ronny P Sasmita, menilai adanya aktivitas politik dan kampanye menjelang pemilihan umum tahun depan akan mendongkrak perekonomian Indonesia dalam dua kuartal terakhir di 2023.  Sementara itu, kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dimulai sejak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang.

NERACA

"Soal peran aktifitas politik dan kampanye jelang pemilu di awal tahun depan, saya kira, juga memiliki andil yang cukup dalam meningkatkan konsumsi dan belanja pemerintah tentunya," ujar Ronny, Selasa (28/11).

Menurut dia, peningkatan permintaan atas alat peraga kampanye, pernak pernik kampanye dan lainya, tentu akan ikut menggairahkan perekonomian Indonesia dalam dua kuartal ke depan, walaupun jumlahnya tidak terlalu signifikan. Meski demikian, Ronny memperingatkan Pemerintah agar bisa menjaga tingkat konsumsi, baik konsumsi rumah tangga maupun konsumsi atau belanja pemerintah.

Selain itu, yang paling penting adalah meningkatkan kinerja investasi dan ekspor-impor, agar pertumbuhannya lebih baik lagi dibanding kuartal II-2023 yang tumbuh 5,17 persen. "Untuk tetap memiliki performa baik sampai akhir tahun, pemerintah harus bisa tingkat konsumsi, baik konsumsi rumah tangga maupun konsumsi atau belanja pemerintah," ujarnya seperti dikutip Liputan6.com.

Lantaran pertumbuhan ekonomi kuartal II-2023 ditopang oleh pertumbuhan konsumsi, terutama konsumsi atau belanja pemerintah dan konsumsi rumah tangga. Sementara, investasi tumbuh di bawah pertumbuhan ekonomi, yakni sekitar 4 persen, dan ekspor-import justru terkontraksi.

Kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dimulai pada hari ini, Selasa 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang. Para Capres dan Cawapres langsun berkeliling Indonesia untuk menjalani Kampanye Pemilu 2024.

Adanya kampanye di akhir tahun 2023 hingga awal 2024 ini tentunya akan menjadi senjata sendiri bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II-2023 terhadap triwulan II-2022 tumbuh sebesar 5,17 persen. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang positif ini diprediksi terus berlanjut hingga akhir tahun 2023.

Sebagaimana diketahui, di kuartal II-2023 ada momen lebaran haji dan tahun ajaran baru, yang menjadi triger konsumsi rumah tangga tetap tinggi, meskipun dibayangi oleh harga-harga bahan pokok yang terbilang cukup tinggi.

"Nah, momen seperti itu tidak ada di kuartal ketiga, jadi pemerintah perlu hati-hati di kuartal ketiga soal konsumsi rumah tangga ini. Stabilitas harga bahan pokok harus benar-benar dijaga," jelasnya.

Di sisi lain, pertumbuhan belanja atau konsumsi  pemerintah juga terbilang tinggi. Di kuartal II memang biasanya proyek-proyek dan belanja-belanja pemerintah mulai berjalan secara signifikan. Kemudian di kuartal III biasanya konstribusi belanja pemerintah ini akan tetap tingggi, sampai dengan kuartal IV.

Tidak Pandang Bulu

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI berharap, tidak ada peserta Pemilu 2024 yang melakukan pelanggaran pidana pemilu selama masa kampanye.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengatakan, ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden berikut peserta pemilu bisa melakukan kampanye seluas-luasnya mulai Selasa 28 November 2023.

"Kami tidak menginginkan terjadinya pelanggaran (pidana Pemilu) Pasal 280 (UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu). Pelanggaran Pasal 280 adalah pelanggaran tindak pidana pemilu. Akan tetapi, Gakkumdu, akan mengedepankan asas ultimum remedium, tindak pidana Pemilu sebagai upaya hukum terakhir," ujarnya seperti dikutip Antara, Senin (27/11).

Karena itu, kata Bagja, Bawaslu akan menekankan upaya pencegahan dan peningkatan pengawasan pemberdayaan masyarakat, sehingga upaya pencegahan terhadap tindak pidana Pemilu bisa dilakukan selama masa kampanye Pemilu 2024.

"Kami berharap kegiatan ini juga dapat menghasilkan sebuah rancangan kesepahaman bersama dalam penafsiran terhadap unsur-unsur pasal tindak pidana pemilu yang berguna sebagai pedoman bagi Sentra Gakkumdu provinsi dan kabupaten/kota agar terdapat keseragaman perspektif, kesamaan sudut pandang dalam melihat peristiwa tindak pidana pemilu," tutur Bagja.

Bagja menambahkan, tahapan kampanye merupakan kesempatan bagi peserta pemilu untuk meyakinkan masyarakat Indonesia dengan menawarkan visi, misi dan program kerja. Untuk itu, dia berharap tugas dan fungsi Bawaslu dapat dibantu oleh pasangan capres-wapres sebagai peserta Pemilu 2024.

Bagja memastikan, kepada seluruh peserta Pemilu 2024 bahwa lembaganya akan melakukan pengawasan hingga sampai Tempat Pemungutan Suara (TPS) tanpa pandang bulu. "Kami harus yakinkan kepada peserta pemilu bahwa Badan Pengawas Pemilu dari tingkat pusat sampai nanti ketika ada pemakai TPS, tidak akan pandang bulu, tidak akan pilih kasih dalam menegakkan peraturan perundang-undangan," kata Bagja dalam acara rapat koordinasi bersama Sentra Gakkumdu.  

Selain Bawaslu, Bagja juga memastikan komitmen dengan TNI dan Polri untuk menjamin seluruh proses berjalan dengan baik dan tetap menjaga netralitasnya sebagai bagian dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). "Kami akan yakinkan kepada peserta pemilu bahwa suara satu di TPS akan bertahan sampai dengan satu di tingkat rekapitulasi nasional nanti," ujarnya. 

Di sisi lain, Bagja pun mengingatkan kepada seluruh peserta Pemilu 2024 untuk membantu tugas Bawaslu dalam mengawasi proses pemilu yang saat ini akan memasuki masa kampanye. "Sekarang sudah tahapan kampanye pemilu, pengawas pemilu harus mendekatkan intensitas kerja. Masifkan kegiatan-kegiatan pencegahan dan pelanggan penanganan pelanggaran, libatkan masyarakat untuk turut aktif dalam mengawasi," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto pun mengajak semua pihak untuk turut serta menjaga keamanan Pemilu 2024. Masa kampanye Pemilu 2024 akan berlangsung 75 hari sejak tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

"Ya sekarang yang paling penting memahamkan kepada grassroot, bertikai, bersengketa itu nggak ada gunanya. Karena kita inikan dalam satu perahu, mau ke mana gitu," ujar Karyoto dalam keterangannya, Selasa (28/11).

Karyoto pun memastikan jajarannya akan memberikan pengamanan yang sama kepada seluruh pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang bakal berkampanye di wilayah hukumnya, Jakarta dan sekitarnya. "Tetap sama saja, semua calon menjadi prioritas bagi kita semuanya dilakukan pengamanan dan semua pemilih juga sama tetap kita prioritaskan untuk jadi pemilih yang santun," tutur Karyoto.

Dengan dimulainya masa kampanye Pemilu 2024, menurut dia, pihaknya bersama personel TNI dan stakeholder terkait akan bersiap mengamankan jalannya rangkaian Pemilu. "Insyaallah ya bukan hanya Polri, TNI, pemerintah, Pak Gubernur dan jajarannya, kami semua sudah berupaya untuk membuat yang di awal-awal lalu dengan cipta kondisi. Sekarang sudah masuk fase-fase ya, apa yang menjadi concern kami terhadap tahapan itu kami akan amankan secara maksimal," kata Karyoto.

Secara terpisah, Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Kombes Marsudianto mengatakan pengamanan dilakukan mengikuti jadwal kampanye dari masing-masing pasangan. Nantinya, personel gabungan akan siaga memastikan kegiatan berjalan lancar. bari/mohar/fba

BERITA TERKAIT

Kendaraan Listrik Punya Potensi Besar di Indonesia

NERACA Jakarta - Pakar Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur, Prof. Dr. Sri Herianingrum S.E.,…

Pemilu Usai, Jokowi Harap Arus Investasi Meningkat

    NERACA Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap arus modal dan investasi yang masuk ke Indonesia semakin…

Insentif Investasi di IKN Paling Menarik di Indonesia

NERACA Jakarta -Untuk mengejar pertumbuhan investasi dan menarik lebih banyak para investor, beberapa kebijakan telah dikeluarkan pemerintah dan termasuk insentif.…

BERITA LAINNYA DI Berita Utama

Kendaraan Listrik Punya Potensi Besar di Indonesia

NERACA Jakarta - Pakar Ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur, Prof. Dr. Sri Herianingrum S.E.,…

Pemilu Usai, Jokowi Harap Arus Investasi Meningkat

    NERACA Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap arus modal dan investasi yang masuk ke Indonesia semakin…

Insentif Investasi di IKN Paling Menarik di Indonesia

NERACA Jakarta -Untuk mengejar pertumbuhan investasi dan menarik lebih banyak para investor, beberapa kebijakan telah dikeluarkan pemerintah dan termasuk insentif.…