Neraca, Kinerja keuangan PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk (SHID) Tahun 2024 moncer.. Hal ini ditandai dengan pendapatan Perseroan yang mengalami kenaikan sebesar 17,18 persen dari Rp. 133,1 miliar di tahun 2023 menjadi Rp. 155,9 miliar pada tahun 2024.
Direktur PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk, Hengky Roy, S.E dalam paparannya mengatakan, kontributor pertumbuhan pendapatan Perseroan di tahun 2024 diperoleh dari segmen Food and Beverage yang menyumbang pendapatan sebesar 61 persen terhadap penerimaan pendapatan tahun 2024 dan selanjutnya dari segmen room yang menyumbang pendapatan sebesar sebesar 32 persen terhadap penerimaan pendapatan di tahun 2024.
Hengky melanjutkan, pada tahun 2024, tarif kamar rata-rata Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta mengalami kenaikan sebesar 3,60 persen dibandingkan tahun 2023. Dan untuk tingkat hunian rata-rata Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta di tahun 2024 mengalami kenaikan sebesar 2,12 persen dibandingkan tahun 2023. Evaluasi serta penerapan strategi yang tepat akan terus dilakukan dan dikembangkan oleh Perseroan sesuai dengan kondisi market yang bertujuan untuk mempertahankan prosentase occupancy untuk meraih target market yang ada sehingga kedepannya dapat meningkatkan pendapatan Perseroan pada tahun-tahun berikutnya.
Sementara itu, lanjut Hengky, Beban Pokok Penjualan di tahun 2024 mengalami penurunan sebesar 0,11 persen dari tahun 2023 dan untuk Beban Umum dan Administrasi Perseroan di tahun 2024 mengalami penurunan sebesar 10,62 persen dari tahun 2023.
Dari sisi bisnis, Perseroan berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan baik dari produk, operasional maupun pelayanan kepada customer agar mampu bertahan ditengah persaingan bisnis perhotelan yang semakin ketat.
Sepanjang tahun 2024, Perseroan secara bertahap terus melakukan strategi pengembangan dari sisi produk, operasional bisnis, dan juga pelayanan customer dengan tujuan agar dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi para tamu yang menginap. Adapun pengembangan bisnis yang dilakukan baik untuk unit Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta maupun unit Hotel Sahid Bandar Lampung.
Hengky mengungkapkan, sebagai salah satu langkah konkret Perseroan dalam pengembangan bisnis dari segmen produk yaitu dengan melakukan renovasi kamar Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta lantai 11 dan 15 untuk type Nakula Suite, type Sadewa Suite, type Yudhistira Suite, type Arjuna Suite dan type Bima Suite. Renovasi yang dilakukan dengan meng-upgrade beberapa fasilitas kamar, renovasi mechanical electrical dan plumbing serta renovasi pada interior untuk memberikan kenyamanan dengan fasilitas yang telah diperbaharui kepada para tamu selama menginap di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.
Selain melakukan upgrade pada beberapa kamar, Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta juga melakukan renovasi pada area koridor dan lobby lift Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta lantai 11 dan 15 agar dapat memberikan kenyamanan akses pada tamu yang menginap. Tak hanya itu, Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta juga melakukan renovasi untuk area employee loker sehingga dapat memberikan fasilitas yang aman bagi para karyawan hotel serta meningkatkan kinerjanya. Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta dalam melakukan pengembangan bisnis segmen produk juga dengan membuat area vertical garden dan hydroponic dengan berbagai macam jenis tanaman pada area rooftop Gedung.
Selanjutnya, dalam hal Perseroan mengikuti trend saat ini dalam bidang olahraga, Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta berencana untuk memanfaatkan area rooftop dengan membangun area lapangan Padel Tenis sehingga dapat menjadi fasilitas pelengkap Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.
Untuk pengembangan bisnis segmen produk, Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta telah selesai melakukan pengecatan façade gedung sisi wings agar memberikan tampilan baru mengingat bangunan hotel yang telah berdiri selama bertahun-tahun.
Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta juga melakukan beberapa renovasi untuk menunjang operasional bisnis hotel, diantaranya telah selesai melakukan renovasi plumbing gedung da renovasi plumbing area koridor agar dapat meningkatkan operasional bisnis hotel.
Selain itu, renovasi yang dilakukan untuk menunjang operasional bisnis Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta yaitu dengan telah selesai melakukan perbaikan pada air conditioning untuk area ruang meeting serta perbaikan air conditioning area lobby agar dalam pelayanannya kepada customer dapat dilakukan dengan maksimal serta dapat memberikan kenyamanan untuk menunjang pengembangan bisnis hotel.
Pengembangan bisnis segmen pelayanan customer lainnya yaitu dengan melakukan penggantian kunci kamar Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta telah selesai dilakukan secara bertahap dengan mengupgrade tipe kunci kamar hotel dari Core Key menjadi Ving Card.
Sebagai langkah yang dilakukan oleh Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta dalam melakukan initiative 3R untuk sustainability, beberapa kegiatan kerjasama dengan berbagai pihak telah selesai dilakukan antara lain bekerjasama dengan Setali yaitu pemanfaatan kain bekas menjadi sebuah karya seni yang terpasang di area koridor Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta tepatnya didepan restoran Golden Dragon dan dapat dimanfaatkan untuk menjadi spot foto para tamu yang menginap maupun pengunjung yang sedang melangsungkan kegiatan di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, kerjasama dengan Kick Your Butt Project atau pemanfaatan limbah putung rokok yang selanjutnya akan diolah dan diubah menjadi sebuah karya seni berbagai macam produk yang bermanfaat, serta bekerjasama dengan Bottling Glass System yaitu pemanfaatan limbah botol air minum dalam kemasan untuk dilakukan daur ulang sehingga dapat mengurangi jumlah limbah botol air minum dalam kemasan yang dapat berdampak mencemari lingkungan.
Pada tahun 2024, Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta melakukan launching aplikasi ARUNIKA By Grand Sahid Jaya yang merupakan All In One Aplikasi untuk memudahkan tamu selama menginap di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta serta didalamnya juga terdapat loyalty program system yang menghadirkan program-program menarik sehingga diharapkan dapat menjadi rangsangan kepada tamu untuk loyal dan setia menginap serta dapat menikmati berbagai macam sajian food & beverage di outlet Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.
Untuk meningkatkan pelayanan pada customer yang menginap, beberapa lift pada Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta telah selesai dilakukan modernisasi yaitu dengan melakukan upgrade pada tombol panel lift menjadi lebih modern serta melakukan pembaharuan pada area dalam lift untuk peningkatan servis kepada para tamu yang menginap maupun pengunjung yang sedang melangsungkan kegiatannya di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.
Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta berencana untuk melakukan kerjasama dengan pembuatan area charging station untuk electronic vehicle sehingga dapat dimanfaatkan untuk tamu yang menginap.
Selanjutnya, untuk strategi pengembangan bisnis yang dilakukan Perseroan pada unit Hotel Sahid Bandar Lampung juga dilakukan dengan melakukan renovasi pada area ballroom sehingga dapat memberikan peningkatan pelayanan kepada para tamu yang akan menggunakan ballroom di Hotel Sahid Bandar Lampung.
Perubahan Susunan Direksi
Dalam bagian akhir paparan Public Expose, Hengky Roy, S.E menyampaikan sehubungan dengan telah berakhirnya masa jabatan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan, maka dilakukan pengangkatan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan yang baru.
Selanjutnya, berdasarkan :
• Permohonan pengunduran diri Dr.GANESHA BAYU MURTI, MSc, selaku Direktur Perseroan, melalui surat beliau tertanggal 15 Mei 2025.
• Surat Perseroan kepada Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia tertanggal 15 Mei 2025 nomor 005/CS-HSJI/V/2025 perihal Keterbukaan Informasi yang perlu Diketahui Publik.
• Surat No.126/ESI/SBW/V/2025 Tanggal 14 Mei 2025, PT Empu Sahid International selaku pemegang saham mayoritas Perseroan sebesar 883.951.142 saham atau 78,97% saham, menerima Pengunduran Diri Dr. Ganesha Bayu Murti, Msc sebagai Direksi Perseroan dan selanjutnya merekomendasikan untuk mengangkat Bapak Dhanadi Kusuma Wardana Sukamdani sebagai Direksi Perseroan serta merekomendasikan untuk mengangkat kembali pengurus Perseroan.
Maka Perseroan :
1. Menerima pengunduran diri Dr. Ganesha Bayu Murti, M.Sc sebagai Direktur Perseroan efektif sejak ditutupnya Rapat.
2. Mengangkat Dhanadi Kusuma Wardana Sukamdani sebagai Direktur Perseroan, terhitung sejak ditutupnya Rapat, dengan masa jabatan meneruskan sisa masa jabatan anggota Direksi yang digantikannya dengan tidak mengurangi hak RUPS untuk memberhentikannya.
3. Mengangkat kembali:
• Dr. (H.C.) Dra. Hj. Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani, C.H.A. sebagai Komisaris Utama.
• Hj, Exacty Budiarsi Sryantoro, M.B.A sebagai Wakil Komisaris Utama.
• Muhamad Nurdin,S.E sebagai Komisaris Independen.
• Drs Benny Roelyawan sebagai Komisaris Independen.
• Dr. Ir. H. Hariyadi Budisantoso Sukamdani M.M sebagai Direktur Utama.
• Hengky Roy S.E sebagai Direktur.
Pengangkatan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan terhitung sejak ditutupnya Rapat sampai dengan penutupan RUPS Tahunan yang ke-5 yang akan diselenggarakan pada tahun 2030 dengan tidak mengurangi hak RUPS untuk memberhentikannya sewaktu-waktu.
Sehingga dengan demikian susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan sejak ditutupnya Rapat menjadi sebagai berikut :
Jajaran Dewan Direksi :
• Direktur Utama : Dr. Ir. Hariyadi Budisantoso Sukamdani, M.M.
• Direktur : Hengky Roy, S.E.
• Direktur : Dhanadi Kusuma Wardana Sukamdani
Jajaran Dewan Komisaris:
• Komisaris Utama : Dr. (H.C.) Dra. Hj. Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani, C.H.A.
• Wakil Komisaris Utama : Hj. Exacty Budiarsi Sryantoro, M.B.A
• Komisaris Independen : Muhamad Nurdin, S.E
• Komisaris Independen : Drs. Beny Roelyawan.
Kiri ke kanan. Panitia pelaksana Dragrace Hogers Indonesia Hendro bersama Wakil Direktur Hogers Indonesia Ristiawan, Direktur Hogers Indonesia Yudi Djadja,…
Keterangan Foto : Bank Mandiri Taspen dan IFG Life Jalin Kerja Sama Asuransi Jiwa Kredit. Ki-ka: Direktur Bisnis Korporasi PT…
Plt Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Bob T.Ananta (dua dari kiri) didampingi Ketua Dewan Pengawas Syariah BSI…
Neraca, Kinerja keuangan PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk (SHID) Tahun 2024 moncer.. Hal ini ditandai dengan pendapatan Perseroan yang…
Kiri ke kanan. Panitia pelaksana Dragrace Hogers Indonesia Hendro bersama Wakil Direktur Hogers Indonesia Ristiawan, Direktur Hogers Indonesia Yudi Djadja,…
Keterangan Foto : Bank Mandiri Taspen dan IFG Life Jalin Kerja Sama Asuransi Jiwa Kredit. Ki-ka: Direktur Bisnis Korporasi PT…