Perluas Jangkauan Pasar - Juragan DOKU Dukung Digitalisasi UMKM

Dukung digitalisasi UMKM Indoensia, Juragan DOKU bersama mitra komunitas strategis seperti Sahabat UMKM, Strive Indonesia (Mercy Corp & Mastercard) dan SparkLabs (Universitas Pelita Harapan), DOKU secara mantap masuk ke segmen UMKM setelah selama 16 tahun berfokus menggarap segmen korporat.

CEO DOKU, Chris Yeo mengatakan, Juragan DOKU merupakan inisiatif perseroan untuk pertumbuhan lanjutan (growth initiatives) yang menyasar segmen pasar UMKM Indonesia, setelah tahun lalu melakukan ekspansi bisnis ke Malaysia melalui akuisisi senangPay. “Juragan DOKU, menawarkan cara terima pembayaran yang cepat, mudah dan lengkap baik online maupun offline bagi para penjual di media sosial atau yang lebih dikenal dengan sebutan social sellers,”katanya di Jakarta, Senin (3/7).

Disampaikannya, mereka menjadi target pasar utama bagi Juragan DOKU di fase awal ini. Melalui Juragan DOKU diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan jumlah transaksi sukses saja, namun juga mendukung social sellers untuk memperluas basis pelanggan mereka dengan tersedianya berbagai metode pembayaran.

Inisiatif Juragan DOKU menawarkan layanan terima pembayaran instan dengan fitur-fitur langsung pakai (tanpa integrasi) seperti payment link, e-katalog, QRIS dan instant checkout. Selain fitur produk yang dapat diakses melalui web maupun aplikasi Juragan DOKU (tersedia di Play Store dan Apple Store), DOKU juga mulai merintis ekosistem melalui program pendampingan khas untuk para Juragan.

Sementara Head of SME DOKU, Angga Narendra menjelaskan, fitur-fitur untuk terima pembayaran yang langsung pakai menjadi landasan dan misi fundamental dari Juragan DOKU untuk digitalisasi UMKM Indonesia.“Namun demikian dukungan kami tidak berhenti hanya di pengembangan produk. Dengan infrastruktur pembayaran yang lengkap, pengalaman dan jaringan mitra korporat yang dimiliki DOKU sebagai pionir payment gateway, kami ingin memberikan dukungan yang optimal untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia,”ungkapnya.

Disampaikannya, sejak perkenalkan Juragan DOKU sekitar awal 2023 secara organik, tercatat sebanyak 10.000 UMKM Indonesia sudah bergabung menjadi Juragan. “Indikasi ini yang membuat kami semakin yakin untuk melanjutkan ekspansi DOKU untuk menggarap segmen UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa,”katanya.

Dalam perjalanan bisnisnya selama 16 tahun di Indonesia, DOKU telah melayani lebih dari 150,000 merchant payment gateway dari 18 kategori bisnis dan lebih dari 5 juta pengguna e-wallet. Tahun 2022 menjadi tahun prestasi bagi DOKU pasca pandemi Covid-19, dimana jumlah transaksi sukses mencapai 145 Juta dan secara volume, transaksi DOKU bertumbuh sebesar 80% jika dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pencapaian ini, DOKU telah mengantongi profit terhitung sejak kuartal ke-4 di 2022.

 

BERITA TERKAIT

Sukses di Thaiiland, Ichitan Green Tea Dipasarkan di Indonesia

Setelah meraih kesuksesan sebagai merek teh hijau nomor satu di Thailand dengan penjualan lebih dari ratusan juta botol per bulan,…

Hadir di Forklift Indonesia 2025 - XCMG Forklift Pasarkan Forklift Elektrik Terbaru Kunpeng

XCMG Forklift tampil pada pameran FORKLIFT INDONESIA 2025 di Jakarta pada 21-23 Mei 2025. Kehadiran XCMG Forklift selama pameran ini…

Eksistensi 17 Tahun SRC - Perjalanan Perkuat UMKM Indonesia Menjadi Lebih Baik

Selama 17 tahun, Sampoerna Retail Community (SRC) telah menjadi bagian penting dalam perjalanan transformasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Sukses di Thaiiland, Ichitan Green Tea Dipasarkan di Indonesia

Setelah meraih kesuksesan sebagai merek teh hijau nomor satu di Thailand dengan penjualan lebih dari ratusan juta botol per bulan,…

Hadir di Forklift Indonesia 2025 - XCMG Forklift Pasarkan Forklift Elektrik Terbaru Kunpeng

XCMG Forklift tampil pada pameran FORKLIFT INDONESIA 2025 di Jakarta pada 21-23 Mei 2025. Kehadiran XCMG Forklift selama pameran ini…

Eksistensi 17 Tahun SRC - Perjalanan Perkuat UMKM Indonesia Menjadi Lebih Baik

Selama 17 tahun, Sampoerna Retail Community (SRC) telah menjadi bagian penting dalam perjalanan transformasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)…