Diperoleh dari Kementerian PUPR: - BUMD PDAM Kota Depok Raih Award Pelanggan Terbaik Nasional

NERACA

Depok - ‎Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) PT. Tirta Asasta Depok (TAD) Perseroda, memasuki Tahun 2023 berhasil meraih prestasi award terbaik tingkat nasional. Raihanya menduduki peringkat ke-3 untuk kategori pelanggan 50.001 s.d. 100.000 nasional. Demikian disampaikan humas dan protokol‎ PT.TAD kepada NERACA dalam keterangan persnya di Kota Depok, awal pekan pekan Februari 2023.

‎Menurut M. Olik A Kholik Ak, M.Si, Direktur Utama  PT. TAD, penghargaan kinerja tersebut diperoleh dari tersebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Direktorat Air Minum. 

"Melakukan penilaian kinerja BUMD Air Minum tahun 2020 melalui rilis Buku Kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) air minum tahun 2020 sebagai hasil penilaian kinerja tahun buku 2019 terhadap 387 BUMD air minum yang ada di Indonesia," katanya menjelaskan.

Hasilnya, lanjut Olik, Tirta Asasta Depok yang dibawah arahan Kementerian PUPR, TAD dapat terus berprestasi dalam penilaian tahun berikutnya. Sehingga, dapat menduduki peringkatnya khususnya pada  kategori pelanggan 50.001 s/d 100.000 di tingkat nasional.

Dikemukakan, adapun proses penilaian kinerja BUMD tahun 2022 juga dilakukan melalui 3 tahapan yaitu: inventarisasi data, penyelarasan data sebelum dilakukan penghitungan kedalam formula penilaian kinerja BUMD air minum. 

"Dan, penetapan kategori kinerja BUMD air minum yang selanjutnya dilanjutkan dengan 4 aspek penilaian yaitu aspek keuangan, pelayanan, operasional dan SDM yang dan barulah keluar hasil BUMD air minum dengan 3 kategori yaitu sehat, kurang sehat dan sakit," ujar Dirut TAD Perseoda Olik A Kholik.

Dijelaskan, dari aspek penilaian kesehatan air, Tirta Asasta Kota Depok berada diperingkat 3 dari 206 BUMD air minum nasional dengan kinerja tertinggi pada kelompok jumlah pelanggan 50.001 s.d 100.000 SL "Juga dengan perolehan nilai 4,06 dan hasil kinerja air yang sehat dengan jumlah pelanggan atau SL sebanyak 85.654,” katanya.

“Kami juga, terus melakukan inovasi-inovasi yang mendukung peningkatan kinerja, salah satunya yang sudah dikembangkan Tirta Asasta. Yaitu, pengembangan zona air minum, peningkatan kapasitas produksi, sertifikasi ISO 90001:2015, 14001:205 dan ISO 37001,’ lanjutnya.

Menurut Dirut Olik, peringkat yng diraoih dianggap cukup baik. Karena, PT. Tirta Asasta Kota Depok pada tahun 2021 berada diperingkat ke-11 dalam skala nasional penilaian kerja BUMD berdasarkan laporan kinerja tahunan yang disusun oleh pemerintah Kota/Kabupaten.

"Alhmdulillah, sebagai pencapaian Rencana Program Jangka Panjang RPJMD dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) atau Key Performance Indicator (KPI),” tuturnya. 

Dalam hal ini, Sekda Kota Depok Drs. Supian Suri, MM. pun turut meyampaikan apresiasinya terhadap PT Tirta Asasta Kota Depok atas prestasi yang dicapai.

Dikatakan pula, hasil yang diraih merupakan kerja keras dari jajaran direksi, senior dan para menejer serta rekan-rekan karyawan/ti Tirta Asasta Depok. Tentu juga tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kota Depok, provinsi hingga pusat termasuk juga masyarakat Kota Depok.

‘Dengan pencapaian dan prestasi yang sudah baik ini kami harap bisa menjadi pemacu untuk Tirta Asasta Depok agar menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya dan dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan untuk pelanggan dan masyarakat di Kota Depok.’’ ujar Olik A Kholik, Dirut salah satu BUMD di Kota depok ini kepada NERACA. Dasmir

 

BERITA TERKAIT

BSI Wakili Indonesia di UN ECOSOC Forum, Optimis Keuangan Syariah akan Tumbuh Pesat

  NERACA Jakarta-PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memaparkan konsep keuangan syariah ke dalam kerangka pembiayaan untuk mendukung pencapaian Tujuan…

Tari Topeng Mimi Rasinah, Warisan Seni Tari Indramayu

NERACA Indramayu – Tepukan kendang dan ketipung saling bersahutan mengiringi kibasan selendang yang melambai, seperti angin membawa pesan. Sobra, mahkota…

PNM Dorong Pengentasan Kemiskinan Antargenerasi Melalui Beasiswa Pendidikan Bagi Anak Nasabah

NERACA Jakarta – Kemiskinan masih menjadi tantangan besar dalam pembangunan sosial dan ekonomi di Indonesia. Bukan hanya berdampak pada kualitas…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Daerah

BSI Wakili Indonesia di UN ECOSOC Forum, Optimis Keuangan Syariah akan Tumbuh Pesat

  NERACA Jakarta-PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memaparkan konsep keuangan syariah ke dalam kerangka pembiayaan untuk mendukung pencapaian Tujuan…

Tari Topeng Mimi Rasinah, Warisan Seni Tari Indramayu

NERACA Indramayu – Tepukan kendang dan ketipung saling bersahutan mengiringi kibasan selendang yang melambai, seperti angin membawa pesan. Sobra, mahkota…

PNM Dorong Pengentasan Kemiskinan Antargenerasi Melalui Beasiswa Pendidikan Bagi Anak Nasabah

NERACA Jakarta – Kemiskinan masih menjadi tantangan besar dalam pembangunan sosial dan ekonomi di Indonesia. Bukan hanya berdampak pada kualitas…