Hingga Semester I-2012 - TPK Koja Tangani 1.400 Kontainer Per Hari

NERACA

 

Jakarta - Kinerja Terminal Peti Kemas (TPK) Koja diklaim terus membaik. Hingga semester I -2012, TPK Koja mampu meningkatkan produktivitasnya dan sekarang menangani lebih dari 1.400 kontainer per hari. Saat ini, Terminal Koja juga mampu melayani tiga kapal secara bersamaan dengan menggunakan enam quay crane (QC).

Iwan Rialdy, Presiden Direktur Hutchison Ports Indonesia (HPI), mengatakan  keberhasilan Koja yang terus berkelanjutan dikarenakan kontribusi dan dedikasi manajemen Koja serta para tenaga kerja. “Kami sangat bangga memiliki tim terbaik di Koja,” katanya di Jakarta seperti dikutip dari siaran persnya, Senin (23/7).

Iwan menambahkan, baik IPC maupun HPI berkomitmen untuk meningkatkan tingkat produktivitas kepada pelanggan dengan berinvestasi dalam peralatan dan fasilitas untuk menangani peningkatan arus kontainer yang melintasi Tanjung Priok.

Untuk meningkatkan produktifitas Koja, pada tahun 2013 TPK Koja akan melakukan perluasan lahan kontainer, jalur gerbang tambahan, delapan head-truck, tiga rubber-tyred gantry crane (RGTC) dan satu super post-Panamax quay crane. Melalui penambahan lahan dan peralatan baru tersebut diharapkan kapasitas bongkar muat di Koja bisa mencapai satu juta TEUs per tahun.

Tahun ini,  rata-rata gross cane rate (GCR) mencapai 27 pemindahan peti kemas perjam dengan vessel operating rate (VOR) 60 pemindahan peti kemas per jam. Tingkat produktivitas Koja tersebut meningkat signifikan dibandingkan tahun 2011, dimana rata-rata CGR adalah 22 pemindahan peti kemas per jam dan VOR 50 pemindahan petikemas per jam.

Peningkatan tingkat produktivitas Koja, lanjut Iwan, tidak bisa dipisahkan dari keberhasilan pelaksanaan sistem operasi terminal Hutchison Port Holdings – nGen. “Hutchison Ports Indonesia (HPI) dan Pelabuhan Indonesia Corporation (IPC), sebagai pemilik Koja berkomitmen untuk melakukan investasi lebih lanjut dalam bentuk peralatan baru dan fasilitas serta pelatihan bagi karyawan Koja – baik yang bersifat lokal maupun internasional,” ujar Iwan.

Sekedar informasi, Hutchison Ports Indonesia (HPI), bermitra dengan IPC dan beroperasi di PT Jakarta International Container Terminal (JICT) dan TPK Koja (Koja) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. JICT dan Koja adalah bagian dari Hutchison Port Holdings (HPH) Group. HPH merupakan anak perusahaan dari konglomerat multinasional Hutchison Whampoa Limited (HWL), yang merupakan investor, pengembang dan operator pelabuhan yang ternama di dunia.

Jaringan HPH operasi pelabuhan terdiri dari 314 tempat berlabuh di 52 pelabuhan yang mencakup 26 negara di seluruh Asia, Timur Tengah, Afrika, Eropa, Amerika dan Australia. Selama bertahun-tahun, HPH telah berkembang secara internasional ke bisnis lainnya, seperti logistik, transportasi yang masih memiliki keterkaitan dan hotel. Termasuk terminal kapal pesiar, pengoperasian bandar udara dan hotel, pusat distribusi, layanan kereta api, dan fasilitas perbaikan kapal.

BERITA TERKAIT

Program UK PACT Efisiensi Energi Tahap Dua

NERACA Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Kementerian Luar Negeri dan Pembangunan Inggris (FCDO), meluncurkan Program…

GAPKI Usulkan Segera Bentuk Pelaksana Harian Komite ISPO

NERACA Jakarta – Ketua Bidang Perkebunan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) R. Azis Hidayat mengusulkan agar dibentuk Pelaksana Harian…

DOBBER, Inovasi Pertamina EP untuk Optimalkan Produksi

NERACA Indramayu — Pertamina EP melalui terobosan terbaru, yang disebut DOBBER (downhole scrubber), berhasil menurunkan angka loss production opportunity/LPO, dari…

BERITA LAINNYA DI Industri

Program UK PACT Efisiensi Energi Tahap Dua

NERACA Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Kementerian Luar Negeri dan Pembangunan Inggris (FCDO), meluncurkan Program…

GAPKI Usulkan Segera Bentuk Pelaksana Harian Komite ISPO

NERACA Jakarta – Ketua Bidang Perkebunan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) R. Azis Hidayat mengusulkan agar dibentuk Pelaksana Harian…

DOBBER, Inovasi Pertamina EP untuk Optimalkan Produksi

NERACA Indramayu — Pertamina EP melalui terobosan terbaru, yang disebut DOBBER (downhole scrubber), berhasil menurunkan angka loss production opportunity/LPO, dari…