Catur Sentosa Bagikan Dividen Rp 40,12 Miliar

NERACA

Jakarta – Berdasarkan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (CSAP) memutuskan membagikan dividen dari laba bersih yang diperoleh sepanjang 2021,”Keputusan RUPST yakni pembagian dividen sebesar Rp40,12 miliar atau sebesar 18,21% dari laba bersih perseroan tahun buku 2021. Dimana pemegang saham yang namanya terdaftar dalam DPS tertanggal 4 Juli 2022 akan memperoleh dividen tunai sebesar Rp9 per saham yang akan dibagikan pada tanggal 22 Juli 2022,” kata Sekretaris Perusahaan Catur Sentosa Adiprana, Idrus H. Widjajakusuma di Jakarta, kemarin.

Laba bersih CSAP tercatat mencapai Rp79 miliar pada 2021, naik 25% dibandingkan dengan capaian 2020 sebesar Rp63 miliar. Peningkatan tersebut setara pertumbuhan net margin dari 1,81% menjadi 2,02% pada 2022. Tahun ini, CSAP bakal menerapkan strategi ekspansi yang agresif pada segmen ritel dan mendorong pertumbuhan pada segmen distribusi.

Manajemen menyampaikan bahwa pendapatan secara konsolidasi tumbuh 12% dari Rp3,51 triliun pada kuartal I/2021 menjadi Rp3,93 triliun di tiga bulan pertama 2022. Idrus mengemukakan, strategi ekspansi secara agresif dan peningkatan house brand dan lokal mampu menopang pertumbuhan segmen ritel pada kuartal I/2022 sebesar 16%. “Segmen ini merupakan motor pertumbuhan bagi perseroan karena mampu tumbuh konsisten dua digit dan memiliki margin yang lebih besar ketimbang segmen distribusi,” paparnya.

Saat ini kontribusi segmen ritel tercatat mencapai 37% dari pendapatan konsolidasi, sedangkan segmen distribusi sebagai sumber utama pendapatan perseroan berkontribusi 63%. Kontribusi segmen ritel modern secara bertahap terus meningkat dari kisaran 20% pada tahun 2009 hingga kini mencapai 37%.

Kejar pertumbuhan bisnisnya, CSAP berencana menambah 4 toko baru Mitra10 dan 4 toko baru Atria di tahun 2022. Dari target tersebut, 1 toko baru Mitra10 ke-43 telah diresmikan pada Januari 2022 di kota Pekanbaru dan 2 showroom Atria ke-16 di Pekanbaru, Riau dan ke-17 telah diresmikan pada awal April 2022 yang lalu di Pasar Baru, Tangerang. Selanjutnya Mitra10 akan menyusul di Cibinong - Bogor, Jakarta (Pondok Bambu) dan Lampung. Selain membuka toko baru, Perseroan juga berencana melakukan re-modelling di 4 toko lama Mitra10. 

Dengan demikian pada akhir 2022 mendatang CSAP akan memiliki 46 toko Mitra10 dan 19 toko Atria. CSAP optimistis target 50 toko Mitra10 akan tercapai pada 2023 mendatang dan menjadikan Mitra10 sebagai jejaring ritel modern terbesar dan terlengkap di Indonesia. Perseroan menilai segmen modern retail memiliki ruang yang sangat luas untuk tumbuh lebih besar melihat jumlah penduduk Indonesia dan coverage area-nya yang sangat luas, serta memberikan potensi kontribusi marjin keuntungan yang lebih besar dibandingkan pada segmen distribusi.

 

 

BERITA TERKAIT

Optimis Pertumbuhan Bisnis - SCNP Pacu Penjualan Alkes dan Perluas Kemitraan OEM

NERACA Jakarta – Kejar pertumbuhan bisnis lebih agresif lagi di tahun ini, PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk. (SCNP) akan…

Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45%

NERACA Jakarta -Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Astra Graphia Tbk. (ASGR) memutuskan untuk membagikaan dividen sebesar Rp34 per…

Sentimen Bursa Asia Bawa IHSG Ke Zona Hijau

NERACA Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (23/4) sore ditutup naik mengikuti penguatan…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Optimis Pertumbuhan Bisnis - SCNP Pacu Penjualan Alkes dan Perluas Kemitraan OEM

NERACA Jakarta – Kejar pertumbuhan bisnis lebih agresif lagi di tahun ini, PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk. (SCNP) akan…

Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45%

NERACA Jakarta -Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Astra Graphia Tbk. (ASGR) memutuskan untuk membagikaan dividen sebesar Rp34 per…

Sentimen Bursa Asia Bawa IHSG Ke Zona Hijau

NERACA Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (23/4) sore ditutup naik mengikuti penguatan…