Relictum Ecosystem Indonesia Ikut Perkuat Ketahanan Ekonomi dan Aset Budaya

 

NERACA

Jakarta - Digital Asset Academy menyelenggarakan Indonesia Creative Economy Expo (IDCEX) East Java 2022 dan meluncurkan ekosistem Relictum.io sebagai platform terpadu untuk DeFi, NFT, Web 3.0, dan GameFi. Peluncuran dilaksanakan di Bumi Surabaya City Resort disaksikan lebih dari 450 investor aset digital dan siaran langsung disaksikan online oleh keluarga besar Yayasan Cerdas Digital Adil Sejahtera yang memiliki lebih dari 127.000 siswa di seluruh Indonesia.

Peresmian IDCEX East Java 2022 oleh Gubernur Jawa Timur ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Biro Perekonomian Provinsi Jatim Iwan S.Hut, M.M mewakili Gubernur Jawa Timur. Peluncuran Relictum Ecosystem Indonesia diresmikan pula dengan pemukulan gong oleh pakar ekonomi digital Dr. Sulistya Putra, Pendiri Digital Asset Academy (DAC) dan disaksikan perwakilan Gubernur Jawa Timur, Frans Limbong Ketua Umum IDCEX East Java, Lola Haryanti Regional Director DAC Jabar Banten Jateng DIY, Gede Fedry Mahendranata Regional Director DAC Jakarta Sumatra Bali,  dan Prof. Dr. Anna Maria, SH, MH, MBA, Ketua Kadin Fashion Art (Kadifa) yang membina pengrajin tenun dan songket di 34 propinsi.

Sulistya Putra menyatakan peluncuran Relictum Ecosystem Indonesia yang diakses lewat website Relictum.io akan mendukung peningkatan ketahanan ekonomi nasional dan berkontribusi melindungi aset-aset nasional termasuk budaya bangsa dengan teknologi yang handal, aman, transparan, dan jujur.

Lebih lanjut Sulistya Putra menjelaskan Relictum Ecosystem membuat setiap pemilik HP bisa menjadi pengelola Bank Crypto menggunakan satu aplikasi super Relictum Node untuk mengakses berbagai aplikasi terdesentralisasi DeFi (Decentralized Finance), NFT (Non Fungible Token), dan GameFi. “Relictum Ecosystem berbasis Blockchain 5.0 Relictum Pro merupakan infrastruktur terbaik untuk tren Web 3.0, yaitu protokol internet berbasis blockchain. Platform Relictum Ecosystem menyajikan solusi terpadu yang lebih mudah, aman, dan lengkap setara ribuan aplikasi terdesentralisasi lainnya yang terpisah-pisah,” katanya seperti dikutip dalam keterangannya, Selasa (29/3).

Pengembangan Relictum Ecosystem berbasis teknologi Blockchain 5.0 Relictum.io pertama di dunia didukung 10 milyar Genesis Token (GTN) dan 50% atau sebanyak 5 milyar GTN dapat dimiliki oleh para investor aset digital melalui "private sale". Saat ini telah terjual 1,9 milyar GTN. Para pemilik GTN mendapat keuntungan ganda, yaitu dari kenaikan nilai aset digital cryptocurrency GTN dan royalti bagi hasil dua kali sebulan. Pemilik GTN juga bisa mendapat tambahan unit GTN dari Relictum Staking yang bermanfaat menjaga dan meningkatkan ketahanan nilai GTN. GTN juga akan listing di LBANK Exchange yang telah menandatangani kerjasama resmi dengan Relictum. Paket-paket GTN dapat diakses dengan daftar akun website Relictum.io.

Solusi DeFi Relictum Ecosystem terdiri dari Relictum Finance untuk pembayaran bisnis internasional dan pengiriman uang antar negara tanpa bank tradisional menggunakan Stable Coin USDR dengan biaya transaksi nol alias gratis; Relictum Pay yang didukung Visa, Mastercard, dan Simplex untuk menjamin likuiditas dan pertukaran cryptocurrency dan uang fiat; Relictum DEX (Decentralized Exchange) untuk jual beli 500 pasang aset crypto; Relictum Staking untuk deposit crypto, Relictum Swap untuk pertukaran langsung antar crypto, dan Relictum Pool seperti unit link untuk aset crypto.

Relictum Ecosystem juga memiliki wrapped coin untuk "membungkus" Bitcoin, Litecoin, Ethereum dengan Blockchain 5.0 jadi RBTC, RLTC, RETH. Fungsinya untuk membuat transaksi  lebih cepat dan hemat biaya. Relictum Bridge adalah teknologi untuk interkoneksi Blockchain 5.0 Relictum Pro dengan ekosistem Ethereum, Cosmos, Solana, Near, Polkadot, dan berbagai Blockchain lainnya. Strategi ini akan meningkatkan likuiditas dan usabilitas Relictum Ecosystem sehingga meningkatkan harga GTN lebih tinggi di masa depan.

Relictum Storage adalah sistem file terdistribusi yang merupakan  infrastruktur penting Web 3.0. Relictum Chat dan Relictum Game memiliki potensi pasar 3,6 milyar pengguna sedunia. Semua aplikasi Relictum Ecosystem dapat diakses dengan satu crypto wallet Relictum Node yang bisa diunduh gratis di Relictum.io.

Gubernur Jatim menyambut baik dan mendukung penuh IDCEX East Java 2022, demikian sambutan Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jatim Iwan, S.Hut, M.M. Penyelenggaraan IDCEX East Java 2022 oleh Digital Asset Academy sejalan dengan program pemerintah provinsi Jatim untuk pengembangan ekonomi kreatif dan pemberdayaan UMKM di wilayah Jatim. Iwan memaparkan pentingnya sektor ekonomi kreatif yang menyerap 15,21% tenaga kerja dan berkontribusi 31,12% terhadap PDRB Jatim. Di tahun 2021 Koperasi dan UMKM berkontribusi 57,25% untuk PDRB Jatim. Ekspor Jatim di tahun 2021 meningkat 18,15% dan realisasi PMDN Jatim Rp 16,3 trilyun merupakan PMDN terbesar kedua nasional.

Frans Limbong dalam sambutan Ketua Panitia IDCEX East Java 2022 mengucapkan terimakasih pada Gubernur Jawa Timur dan berbagai pihak yang mendukung misi  DAC mengadakan IDCEX East Java 2002, yaitu menyajikan edukasi publik di bidang ekonomi digital untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan transformasi digital bagi para pelaku ekonomi kreatif demi memperkuat ketahanan ekonomi nasional dan ketahanan budaya bangsa.

Prof. Dr. Anna Maria, SH, MH, MBA yang juga pendiri Yayasan Cinta budaya Kain Tradisional Nusantara (CBKN) dalam talkshow tersebut mencanangkan tanggal 7 September sebagai Hari Tenun songket Nasional dan mengusulkan Kepres untuk mengukuhkan kain tenun dan songket sebagai warisan budaya tak benda milik bangsa Indonesia. Kepres ini penting sebagai dasar hukum untuk pengakuan dunia internasuonal pada aset budaya bangsa Indonesia. Perlindungan seni budaya kain tenun dan songket tradisional warisan nusantara juga mulai dirintis Prof. Dr. Anna Maria menggunakan teknologi digital NFT bekerjasama dengan Digital Asset Academy.

BERITA TERKAIT

Arus Balik Lebaran 2024, Pelita Air Capai On Time Performance 95 Persen

NERACA Jakarta – Pelita Air (kode penerbangan IP),maskapai layanan medium (medium service airline), mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on-time…

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace NERACA  Jateng - Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi…

Moody's Pertahankan Peringkat Kredit Indonesia

Moody's Pertahankan Peringkat Kredit Indonesia  NERACA Jakarta - Lembaga pemeringkat Moody's kembali mempertahankan peringkat kredit atau Sovereign Credit Rating Republik…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Arus Balik Lebaran 2024, Pelita Air Capai On Time Performance 95 Persen

NERACA Jakarta – Pelita Air (kode penerbangan IP),maskapai layanan medium (medium service airline), mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on-time…

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace NERACA  Jateng - Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi…

Moody's Pertahankan Peringkat Kredit Indonesia

Moody's Pertahankan Peringkat Kredit Indonesia  NERACA Jakarta - Lembaga pemeringkat Moody's kembali mempertahankan peringkat kredit atau Sovereign Credit Rating Republik…