Ini Dia Cara Merawat Rantai Roda Sepeda Motor

Jakarta – Rantai sepeda motor merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor tipe bebek maupun tipe sport. Rantai roda berperan sebagai daya dari hasil kinerja mesin ke roda belakang sehingga menghasilkan energi gerak pada sepeda motor. 

NERACA

Fungsi rantai motor adalah sebagai media untuk meneruskan putaran mesin dari counter shaft transmisi ke bagian roda belakang. Dimana rantai tersebut akan bekerja dengan memanfaatkan gir atau spocket. Dengan begitu roda belakang pun akan bisa berputar dengan semestinya dan mempermudah dalam berkendara.

Melihat pentingnya rantai pada sepeda motor maka Tim Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno mengungkapkan, “pengguna sepeda motor sangat perlu diperhatikan kualitas rantai sepeda motor kesayangannya agar selalu prima. Perawatan atau pengecekan pengecekan roda yang disarankan dilakukan setiap periode 4.000 km.”

Endro Sutarno memaparkan, beberapa cara merawat rantai roda agar sepeda motor agar dapat menghasilkan kinerja yang maksimal dan memberikan kenyamanan saat dikendarai.

Pertama, kenali bagian rantai. Sebelum mengetahui cara perawatan, terlebih dahulu bagian-bagian yang terdapat pada rantai roda. Rantai pada sepeda motor terhubung dengan drive sprocket (gear mesin) dan driven sprocket (gear pada roda). Rantai itu sendiri terdiri dari roller link saling terhubung yang disatukan dengan master link sebagai penyambung dua sisi rantai.

Selain itu perhatikan pemilihan jenis rantai yang digunakan, terdapat perbeda ukuran rantai motor bebek dan sport. Perbedaan terdiri dari ukuran panjang rantai dan juga ukuran lebar dari roller link.

“Mengetahui bagian-bagian dari salah satu langkah awal untuk mengetahui pemberian pelumas pada rantai sekaligus pengncekan kualitas rantai. Pengguna sepeda motor perlu memastikan roller link dapat berputar 180 derajat,” ujar Endro Sutarno.

 Kedua, lanjut Endro Sutarno jarak main bebas. Jarak main bebas rantai roda dapat dikatakan hal penting dalam memastikan batas kekenduran dari rantai roda untuk mendapatkan tenaga yang optimal dari sepeda motor. Para pengguna sepeda motor dapat melihat batas jarak utama bebas yang tertera para stiker yang berada di cover rantai. 

Dalam mengukur kekencangan rantai roda, para pengguna sepeda motor harus memastian sepeda motor berada pada posisi standar tengah dan posisi gigi netral, kemudian putar roda untuk menemukan kekenduran rantai yang paling kecil. Terakhir, gunakan penggaris mengukur tingkat kekenduran pada bagian kekenduran yang paling kecil atau di tengah-tengah antar dua sproket.

“Jika kekenduran melebihi batas jarak main bebas yang terdapat pada stiker, sebaiknya dilakukan setel kekencangan atau dapat dibawa ke bengkel resmi terdekat,” terang Endro Sutarno.

 Ketiga, tambah Endro Sutarno, gunakan pelumas. Sebelum memberikan pelumas pada rantai motor, para bikers perlu melakukan perbaikan rantai dengan menggunakan cairan pembersih (detergen) dan sikat kecil, selanjutnya dapat dilakukan bagian pengeringan dengan menggunakan kain kering di seluruh rantai rantai. Dalam melakukan proses menghindari, menghindari menggunakan cairan pembersih yang mudah terbakar. 

Setelah proses pembersihan rantai, beri pelumas dengan menggunakan pelumas rantai roda. Berikan oli atau pelumas pada roller rink dan link plate. “Selain menggunakan pelumas rantai, pengguna sepeda motor dapat menggunakan Oli gear SAE 80 – 90 baru sehingga rantai rantai dapat terjaga dengan baik,” ujar Endro Sutarno.

Menurut Endro Sutarno, pada prisipnya rantai sepeda motor yang bekerja dengan gesekankan dengan bagian lainnya akan mengalami keausan, sehingga butuh perawatan yang rutin. “Merawat rantai sepeda motor merupakan salah satu hal penting sebagai perpanjangan umur rantai dan menghindari kemungkinan lepas dari gear set," pungkas Endro Sutarno.

 

BERITA TERKAIT

Di Indonesia, Wuling Telah Produksi 3.000.000 Unit Mobil Listrik dan 40.000 Unit EV

NERACA Cikarang – PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) telah memproduksi 3.000.000 unit electric vehicle (EV) secara global, di mana sebanyak 40.000 unit…

MMKSI Optimis Hadapi Tantangan Pasar Otomotif Indonesia

NERACA Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada tahun fiskal 2024 berhasil mencatat penjualan 71.451 unit…

Yamaha Mio M3 Tampil dengan Warna Baru

NERACA Jakarta – Skutik Mio yang legendaris karena menjadi salah satu model skutik yang membuat tren penggunaan skutik semakin populer…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Di Indonesia, Wuling Telah Produksi 3.000.000 Unit Mobil Listrik dan 40.000 Unit EV

NERACA Cikarang – PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) telah memproduksi 3.000.000 unit electric vehicle (EV) secara global, di mana sebanyak 40.000 unit…

MMKSI Optimis Hadapi Tantangan Pasar Otomotif Indonesia

NERACA Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada tahun fiskal 2024 berhasil mencatat penjualan 71.451 unit…

Yamaha Mio M3 Tampil dengan Warna Baru

NERACA Jakarta – Skutik Mio yang legendaris karena menjadi salah satu model skutik yang membuat tren penggunaan skutik semakin populer…