Komoditas kakao atau cokelat tak lagi hanya bisa dinikmati sebagai camilan. Kini, cokelat sudah kian populer dan dikonsumsi sebagai minuman dingin maupun panas. Beberapa tahun berjalan, kemitraan minuman cokelat masih tetap segar, peminatnya pun kian banyak. Tentu saja ini karena usaha minuman coklat masin menjanjikan untung yang manis.
Melihat besarnya peluang berbisnis minuman cokelat, Indobiznet Multi Sejahtera pun menggarap bisnis minuman berwarna gelap ini pada 2015 dengan membuka Chocobagus. Pada 2016 lalu, mereka menawarkan kemitraan gerainya. Saat ini, sudah ada enam mitra yang membuka Chocobagus. Gerai mitra itu tersebar di Bandung, Tangerang, Lombok, Tegal dan Samarinda.
Harto, pemilik Indobiznet Multi Sejahtera mengatakan, kelebihan produknya terletak pada pemakaian bahan baku yang lebih murah, fasilitas paket yang lengkap. Mitra akan mendapat model booth lipat yang praktis. Pusat tak mengutip biaya royalti.
Ada 10 varian rasa yang ditawarkan. Antara lain, Choco Classic, Choco Oreo, Chocoberry, Royal Choco, Vanilla Latte, Banana Milk, Bubble Gum, Green Tea dan Strawberry. Namun, varian ini tetap akan berkembang. Harganya Rp 6.000 per cup.
Ada tiga paket kemitraan Chocobagus. Pertama, Paket Minimalis dengan harga Rp 6 juta. Fasilitasnya antara lain, booth kayu portable/knock down, 100 cup ukuran 16 oz , 5 kilogram (kg) bubuk minuman, cool box jumbo dan seragam Chocobagus.
Kedua, Paket Meditreriani dijual seharga Rp 8,5 juta. Fasilitasnya sama, hanya model ukuran booth dan jumlah bahan baku lebih banyak atau 8 kg bubuk minuman serta dua buah seragam Chocobagus. Mitra juga mendapat cup sealer merk Aeton.
Ketiga, Paket Maksimalis. Pada paket ini, yang membedakan dengan paket kedua adalah jumlah bahan baku yang diperoleh mitra, yakni sebanyak 10 kg, dua seragam dan dua cool box.
Perkiraannya, mitra bisa balik modal dalam satu hingga tiga bulan. “Dengan asumsi penjualan mitra sebanyak 50 cup per hari, sehingga bisa meraup omzet Rp 9 juta per bulan," kata Harto.
Namun, pencapaian balik modal ini juga begantung pada paket kemitraan yang dipilih. "Yang jelas, kami memiliki komitmen untuk membantu mitra agar cepat tercapai balik modalnya” tambah Harton. Hingga akhir tahun, Indobiznet menargetkan ada 100 mitra baru yang bergabung.
Bukan hanya ChocoBagus, Coklat Magic Dari Malang, Fahrul Ubed pun menawarkan hal yang sama. Fahrul merintisnya sejak 2015 dan resmi menawarkan kemitraan awal Januari 2016.
Gerai Coklat Magic sudah ada tujuh. Lima diantaranya adalah gerai mitra. Setahun berlalu, Coklat Magic kini sudah memiliki 410 gerai. Milik Fahrul ada 10 gerai, sisanya dimiliki mitra yang menjangkau seluruh kota besar di Indonesia.
Fahrul tetap menawarkan empat paket kemitraan. Namun, nilai investasinya berubah. Kini harga empat paket tersebut ; Paket Super Hemat Rp 3,5 juta, Paket Reguler Rp 7,5 juta, Paket Silver Rp 10 juta dan Paket Gold Rp 15 juta. “Perbedaan fasilitas paket terletak pada bahan dasar gerobak, bentuk dan ukurannya, kelengkapan peralatan usaha dan jumlah bahan bakunya,” terang Fahrul.
Paket Super Hemat tanpa gerobak mendapatkan bahan baku berupa bubuk cokelat (ice/ hot) sebanyak 250 sachet dan banner. Paket Reguler mendapatkan gerobak portable dengan bahan kokoh dan 350 sachet bubuk cokelat.
Sedangkan, Paket Silver mendapat gerobak permanen dari kayu dan bubuk cokelat 450 sachet. Dan yang terakhir, Paket Gold mendapatkan bahan baku 500 sachet serta gerobak permanen dengan desain outdoor minimalis. “Mitra bebas biaya royalti, hanya perlu membeli bahan baku ke pusat. Kami juga tidak membatasi harga jual, mitra bisa sesuaikan dengan kondisi gerainya," jelas Fahrul. Rata-rata harga jualnya Rp 6.000–Rp 7.000 per cup.
Penjualan mitra bisa mencapai 1.000–1.500 cup per bulan. Alhasil, perolehan omzet berkisar Rp 6 juta–Rp 10,5 juta per bulan.
Ditanya soal kendala, Fahrul tidak menyebut rinci kendala yang dialami. Yang pasti, ia dan tim tetap berupaya menghadapinya. Buktinya, omzet Coklat Magic meningkat hingga 200% dibandingkan tahun lalu.
NERACA Jakarta - Tiga Kreasi, Creative Agency dalam bidang hiburan dan acara kreatif membuat gebrakan baru dengan menyandingkan antara…
NERACA Jakarta - Program PropertyGuru Indonesia Property Awards telah meluncurkan edisinya yang ke-11, menandai dimulainya dekade baru dalam merayakan…
NERACA Jakarta - Dengan ketidakpastian ekonomi global yang semakin meningkat dan nilai tukar rupiah yang terus berfluktuasi, investor retail…
NERACA Jakarta - Tiga Kreasi, Creative Agency dalam bidang hiburan dan acara kreatif membuat gebrakan baru dengan menyandingkan antara…
NERACA Jakarta - Program PropertyGuru Indonesia Property Awards telah meluncurkan edisinya yang ke-11, menandai dimulainya dekade baru dalam merayakan…
NERACA Jakarta - Dengan ketidakpastian ekonomi global yang semakin meningkat dan nilai tukar rupiah yang terus berfluktuasi, investor retail…