Kementerian BUMN Perkuat Komunikasi Terdesentralisasi dengan Optimasi AI

NERACA

Bali – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mengakselerasi transformasi komunikasi dengan menggelar "Workshop Komunikasi dan Optimasi AI untuk Komunikasi Media Sosial" di Bali pada 13 Mei 2025. Workshop ini menandai langkah strategis Kementerian BUMN dalam mendorong desentralisasi komunikasi dan memberdayakan seluruh pegawai BUMN sebagai Brand Ambassador terbaik perusahaan.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Fasilitasi Dukungan Strategis Kementerian BUMN Rachman Ferry, menegaskan, "Komunikasi itu pentingnya bukan main. Perubahan pola komunikasi ini bertujuan agar semua BUMN, hingga cabang-cabangnya, aktif dalam komunikasi. BUMN punya potensi besar untuk komunikasi." Ia menambahkan bahwa komunikasi yang paling efektif adalah melalui desentralisasi, memastikan pesan tersampaikan secara merata hingga level terbawah.

Corporate Secretary TASPEN Henra, menuturkan "TASPEN sangat mendukung inisiatif Kementerian BUMN dalam memperkuat komunikasi berbasis teknologi dan pendekatan partisipatif. Kami mengirimkan perwakilan karyawan untuk mengikuti workshop ini sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam membangun kapabilitas komunikasi digital yang adaptif, khususnya dalam pemanfaatan AI untuk memperkuat narasi positif perusahaan di ranah publik. Kami percaya bahwa setiap pegawai dapat menjadi agen komunikasi yang strategis."

Workshop ini dihadiri oleh perwakilan tim komunikasi dan pengelola media sosial dari berbagai BUMN. Para peserta dibekali dengan berbagai materi kunci, antara lain pentingnya karyawan BUMN menunjukkan hal baik dari perusahaan, strategi storytelling yang kuat, hingga teknik pembuatan konten menggunakan kecerdasan buatan (AI)

Kementerian BUMN meyakini bahwa setiap kata yang diunggah karyawan dapat membentuk citra BUMN – baik atau buruk. Oleh karena itu, karyawan bukan hanya penonton atau sekadar divisi Humas, melainkan penggerak utama yang memegang peran penting dalam membangun kepercayaan publik.

Workshop ini sekaligus menjadi wadah untuk memahami bahwa di era "Homeless Media" saat ini, komunikasi adalah kewajiban semua orang di perusahaan, bukan hanya divisi Humas/Komunikasi. Dengan sinergi seluruh elemen, Kementerian BUMN bertekad menciptakan narasi positif yang kuat, transparan, dan terintegrasi dari pusat hingga ke unit terkecil.

Kementerian BUMN berharap seluruh BUMN dapat menerapkan strategi komunikasi yang lebih inovatif, memanfaatkan teknologi AI secara optimal, dan membangun citra positif berkelanjutan demi mendukung peran strategis BUMN sebagai agen pembangunan bangsa.

 

BERITA TERKAIT

Pemerintah Diminta Mengkaji Usulan Legalitas Kasino

Pemerintah Diminta Mengkaji Usulan Melegalkan Kasino NERACA Jakarta - Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mendorong pemerintah mengkaji…

Ekonomi Islam Tidak Boleh Monopoli dan Spekulatif

Ekonomi Islam Tidak Boleh Monopoli dan Spekulatif  NERACA Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan 12 Republik Indonesia (RI) Jusuf…

KAI Siap Bangun Ekosistem Logistik Berbasis Rel

KAI Siap Bangun Ekosistem Logistik Berbasis Rel NERACA Jakarta - Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menyatakan kesiapan membangun ekosistem…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Kementerian BUMN Perkuat Komunikasi Terdesentralisasi dengan Optimasi AI

NERACA Bali – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mengakselerasi transformasi komunikasi dengan menggelar "Workshop Komunikasi dan Optimasi AI…

Pemerintah Diminta Mengkaji Usulan Legalitas Kasino

Pemerintah Diminta Mengkaji Usulan Melegalkan Kasino NERACA Jakarta - Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mendorong pemerintah mengkaji…

Ekonomi Islam Tidak Boleh Monopoli dan Spekulatif

Ekonomi Islam Tidak Boleh Monopoli dan Spekulatif  NERACA Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan 12 Republik Indonesia (RI) Jusuf…