Tingkatkan Produksi dan Persiapkan Ekspor

NERACA

Bekasi – Pangsa pasar pendingin udara (air conditioner/AC) produksi Indonesia yang masih kecil  di pasar global merupakan peluang sekaligus tantangan untuk dapat mendorong perluasan   pasar ekspor dan meningkatkan pangsa ekspor AC Indonesia. Namun, Indonesia juga menghadapi persaingan dari negara eksportir AC lainnya, khususnya di wilayah ASEAN antara lain Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Daikin telah mendistribusikan dan menjual AC di Indonesia sejak 1970 dan pada 2022, mendirikan DIID untuk mengoperasikan pabrik AC Daikin pertama di Kabupaten Bekasi.

"Selamat atas pembukaan pabrik baru DIID dan diharap ini dapat menjadi momentum  peningkatan investasi. Dengan demikian, Daikin turut berkontribusi  pada  masamendatang  dalam  mendorong perluasan  pasar  ekspor  bagi  produk-produk  Indonesia  sekaligus  menjadi  penggerak  roda  ekonomi Indonesia," ujar Dyah Roro Esti Widya Putri. 

Roro berharap DIID dapat turut memberikan kontribusi terhadap ekspor AC dari Indonesia. Sesuai target, DIID juga diharapkan memulai ekspor pada 2027 mendatang ke Filipina. DIID  telah mulai berproduksi sejak November 2024 dengan mempunyai kapasitas produksi 1,5 juta setahun. 

Kapasitas ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi Daikin di Asia yang tidak  hanya memenuhi kebutuhan pasar domestik yang sebelumnya dipasok dari impor, tapi juga kedepannya untuk memenuhi pasar ekspor.  

Roro juga menekankan agar DIID terus meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Lebih lanjut, pemerintah akan terus mengupayakan pembukaan akses pasar melalui  kesepakatan dagang sebagai jalan tol bagi ekspor Indonesia ke negara mitra dagang. Hal ini baik melalui Free Trade Agreement (FTA), Preferential Trade Agreement (PTA), maupun Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).  Pemerintah juga terus melakukan  berbagai upaya strategis dalam menjawab tantangan dan meningkatkan daya saing produk ekspor Indonesia.

"Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berkolaborasi melakukan peningkatan daya saing dan penjenamaan(branding) produk ekspor Indonesia, melalui program misi dagang, pameran internasional, penjajakan kesepakatan bisnis (business matching).Tidak ketinggalan, peningkatan kapasitas eksportir, baik dari sisi desain, mutu, maupun kepatuhan terhadap standar ekspor," imbuh Roro.

Sejak awal 2025, Kemendag juga rutin menyelenggarakan kegiatan pitching dan business  matching dengan perwakilan perdagangan Indonesia di seluruh dunia untuk membantu mempertemukan eksportir dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan para calon pembeli  di  luar  negeri.

Secara kumulatif, Januari--awal Mei 2025, Kemendag telah menggelar 246 business matching dengan total transaksi mencapai  USD57,61  juta.

Roro juga menandatangani prasasti peresmian pabrik serta mengunjungi pabrik untuk meninjau proses produksi, area pelatihan pegawai yang disebut dojo, dan ruang pamer.

Chairman of The Board and CEO  Daikin Industries Ltd  Masanori Togawa menyampaikan, DIID juga sudah mengantongi tiga sertifikat ISO, yaitu 9001, 14001, dan  45001.  Selain  itu,  DIID  juga mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Hal ini akan menjamin keamanan dan legalitas produk-produknya.

"Selain mendirikan pabrik, Daikin juga berinvestasi sosial. Artinya tidak hanya ekonomi, tapi  juga  ke manusia. Kami menggandeng  komunitas, lembaga pendidikan, dan pemerintah  untuk melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan(corporate social responsibility/CSR)," imbuh Masanori.

Berdasarkan data yang diolah Kemendag, untuk produk AC (HS   8415), ekspor Indonesia pada  Januari – Maret  2025 mencapai USD157 juta atau naik sebesar  118,9  persen dari periode  yang sama tahun sebelumnya sebesar  USD  71,7  juta.

Indonesia merupakan eksportir ke-28 dunia dengan pangsa pasar 0,29 persen dengan nilai ekspor mencapai USD 197,6 juta pada 2024. Ekspor  AC Indonesia juga mengalami  pertumbuhan positif sebesar 85,5 persen pada 2023--2024. Negara tujuan utama ekspor AC  Indonesia adalah Amerika Serikat (pangsa 68,27 persen), Vietnam (20,68 persen), Korea Selatan (6,38 persen), Malaysia (5,51 persen), dan Taiwan (2,73 persen).

Peluang bagi produk dalam negeri untuk bisa menguasai pasar domestik juga terbuka lebar dengan demand yang besar. Produk penyejuk udara (AC) misalnya, menunjukkan tren permintaan yang positif hingga mencapai 5 juta unit/tahun pada tahun 2023.

Meski demikian, neraca perdagangan industri elektronika masih menunjukkan angka negatif. Artinya, impornya masih mendominasi. Produk household, termasuk di dalamnya AC, berkontribusi sebesar USD1,8 Miliar atau sekitar 6 persen dari total impor elektronik.

 

BERITA TERKAIT

Kemenkop Rumuskan Strategi Mitigasi Risiko Kopdes Merah Putih

NERACA Jakarta - Kementerian Koperasi (Kemenkop) menegaskan telah merumuskan berbagai strategi mitigasi risiko dari beberapa tantangan dalam pembentukan Koperasi Desa/…

Dorong Tumbuhnya Wirausaha Berbasis IPTEK

NERACA Padang - Wakil Menteri Usaha Mikro Kecil dan Menengah ,Helvi Moraza mendorong tumbuhnya wirausaha muda mandiri yang mengedepankan Ilmu…

Produktivitas Pasar Domestik Terus Perkuat

NERACA Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menggencarkan promosi produk perikanan di dalam negeri sebagai upaya memperkuat produktivitas…

BERITA LAINNYA DI Perdagangan

Kemenkop Rumuskan Strategi Mitigasi Risiko Kopdes Merah Putih

NERACA Jakarta - Kementerian Koperasi (Kemenkop) menegaskan telah merumuskan berbagai strategi mitigasi risiko dari beberapa tantangan dalam pembentukan Koperasi Desa/…

Dorong Tumbuhnya Wirausaha Berbasis IPTEK

NERACA Padang - Wakil Menteri Usaha Mikro Kecil dan Menengah ,Helvi Moraza mendorong tumbuhnya wirausaha muda mandiri yang mengedepankan Ilmu…

Tingkatkan Produksi dan Persiapkan Ekspor

NERACA Bekasi – Pangsa pasar pendingin udara (air conditioner/AC) produksi Indonesia yang masih kecil  di pasar global merupakan peluang sekaligus…