Cuaca Panas - Berikut Sejumlah Tanda Dehidrasi Yang Perlu Diwaspadai

Memasuki musim kemarau dengan cuaca yang panas bakal membawa dampak terhadap aktivitas masyarakat di luar ruangan dan salah satunya potensi dehidrasi. Pasalnya, cuaca panas selain bisa menyebabkan dehidrasi karena tubuh terus-menerus kehilangan cairan juga fungsi tubuh tidak akan berjalan dengan baik. Dehidrasi dapat ditandai dengan beberapa gejala, seperti bibir kering, sakit kepala, pusing, rasa sangat lelah, hingga mual.

Tak hanya menyebabkan dehidrasi, kekurangan cairan tubuh juga dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lain, seperti masalah pada gigi dan mulut, konstipasi, dan kulit kering. Oleh karena itu, penting untuk selalu mencukupi asupan cairan setiap harinya agar tubuh selalu sehat. Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit (RS) Sardjito, Metalia Puspitasari mengatakan, ada sejumlah tanda dehidrasi yang perlu diperhatikan dan paling sederhana adalah frekuensi dan jumlah urine.

Disampaikannya, kehausan yang timbul dari dehidrasi merupakan sinyal dari tubuh untuk mengatasi kekurangan cairan."Rasa haus itu yang sebaiknya jangan disepelekan, karena kalau misalnya rasa haus itu kemudian tidak diimbangi dengan minum yang cukup, maka akan terjadi ketidakseimbangan di dalam tubuh yang kemudian bisa semakin parah," ujarnya dalam sebuah diskusi di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, tanda-tanda dehidrasi atau kekurangan cairan yang paling sederhana adalah dari jumlah serta frekuensi mengeluarkan urine. Menurutnya, secara umum berkemih dilakukan kurang lebih setengah jam setelah minum."Mungkin secara umum kita bisa pakai patokan jumlah minum 24 jam itu sekitar 30 cc per kilogram berat badan. Jadi misalnya berat badannya sekitar 50 kilo, maka kita bisa pakai patokan sekitar 30 cc dikali 50 kilo, jadi sekitar 1.500 cc per 24 jam gitu," katanya.

Tanda kedua, ujarnya, adalah warna urine. "Kalau kekurangan cairan ya warnanya akan menjadi lebih pekat kuningnya. Sedangkan kalau misalnya dehidrasinya bagus, maka kemudian warnanya bisa bening gitu ya warnanya," kata Metalia.

Apabila dehidrasi mencapai tingkat berat, ujarnya, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan hemodinamika. Contohnya peningkatan denyut nadi dan tensi yang turun. Selain itu, kata dia, dehidrasi dapat menyebabkan air mata tidak dapat keluar. Pada anak-anak, lanjutnya, dehidrasi berat dapat menyebabkan turgor kulit atau elastisitas kulit yang berkurang. Ketika kulit ditarik, kata dia, maka sulit kembali ke bentuk aslinya.

Dia menjelaskan, risiko yang dapat terjadi apabila dehidrasi adalah gangguan pada keseimbangan cairan serta elektrolit dalam tubuh, yang menyebabkan natrium menjadi rendah serta penurunan kesadaran."Ini juga ada risiko kemudian bisa muncul adanya batu ginjal," katanya.

Sementara seperti dikutip dari alodokter, berikut tips agar tubuh selalu terhidrasi saat cuaca panas. Diantaranya, mengonsumsi beragam sayur dan buah yang mengandung air untuk membuat tubuh tetap terhidrasi saat cuaca panas. Berikut adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, seperti semangka, tomat, timun, selada, stroberi, makanan berkuah, seperti sup, mengonsumsi air minum yang cukup.

Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, asupan air minum yang ideal untuk pria dewasa adalah sebanyak 2 liter atau 8 gelas air per hari. Sementara pada wanita dewasa, asupan air minum yang dianjurkan adalah sebanyak 1,8 liter atau sekitar 7 gelas per hari. Untuk memenuhi kebutuhan air minum agar tubuh tetap terhidrasi, salah satu triknya adalah membawa air mineral botol ke mana pun Anda pergi. Anda dapat memilih kemasan botol air mineral yang berukuran kecil atau ramping agar mudah dibawa dan nyaman digenggam. (bani)

 

BERITA TERKAIT

Penuhi Kebutuhan Gizi Keluarga - Nestle MILO Hadirkan Susu Cokelat MILO NutriActiv

Menandai 50 tahun di Indonesia, Nestlé MILO meluncurkan MILO NutriActiv dengan multigrain.  Produk ini hadir dengan dua varian rasa yaitu…

Regulasi Efektif Kurangi Lemak Trans Guna Sehatkan RI

Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk melakukan pengurangan lemak, namun tidak sedikit dengan cara yang instan menimbulkan dampak signifikan terhadap…

Waspadai Gejala DBD

  Penyakit Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti…

BERITA LAINNYA DI Kesehatan

Penuhi Kebutuhan Gizi Keluarga - Nestle MILO Hadirkan Susu Cokelat MILO NutriActiv

Menandai 50 tahun di Indonesia, Nestlé MILO meluncurkan MILO NutriActiv dengan multigrain.  Produk ini hadir dengan dua varian rasa yaitu…

Regulasi Efektif Kurangi Lemak Trans Guna Sehatkan RI

Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk melakukan pengurangan lemak, namun tidak sedikit dengan cara yang instan menimbulkan dampak signifikan terhadap…

Cuaca Panas - Berikut Sejumlah Tanda Dehidrasi Yang Perlu Diwaspadai

Memasuki musim kemarau dengan cuaca yang panas bakal membawa dampak terhadap aktivitas masyarakat di luar ruangan dan salah satunya potensi…