PT Garuda Indonesia Tbk - Terbang Tinggi Brand Garuda Bersama Liverpool

NERACA

Jakarta – Persaingan industri penerbangan dalam negeri semakin sengit, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) sebagai maskapai penerbangan milik pemerintah terus berbenah diri. Salah satunya, yang dilakukan adalah penambahan 20 armada pesawat dan meningkatkan pasar penerbangan domestik.

Bahkan guna meningkat pasar penjualan di luar negeri, perseroan menggandeng klub sepak bola Liverpool. Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Emirsyah Satar mengatakan, kerjasama ini dimaksudkan untuk memperkenalkan bran perseroan di Eropa, “Kita ingin brand Garuda di market luar lebih kuat. Sekarang kalau melihat Garuda dilihat harganya. Kalau brand di dalam negeri kan sudah, orang tidak lagi lihat harga,"katanya.

Langkah Garuda tersebut klop dengan minat klub Inggris tersebut untuk mendekati penggemar mereka yang berada di luar Eropa. Seperti yang dilakukan oleh klub-klub Eropa lain yang kian sering berkunjung ke Asia, tur ini diperlukan untuk mendekatkan diri dengan para penggemar di kawasan yang tidak bisa menonton langsung pertandingan di stadion mereka.

Antusiasme penonton Indonesia terhadap klub-klub sepakbola Inggris rupanya menjadi pertimbangan kenapa Garuda memilih Liverpool (Mengapa bukan MU atau Barca dan Madrid? Kalau ini, boleh jadi karena pertimbangan ekonomis). Di samping bisa terbang bersama Liverpool, Garuda juga bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk berinteraksi dengan fans klub sepakbola ini, bukan hanya yang tinggal di Indonesia, tapi juga di Inggris maupun negara-negara lain yang menonton siaran pertandingan di Stadion Anfield.

Bidik Fans Sepak Bola

Artinya, melalui Liverpool, Garuda dapat terkoneksi dengan pasar yang sudah digarap maupun pasar yang ingin dituju. Terbuka peluang bagi Garuda untuk lebih memahami apa yang jadi keinginan dan kebutuhan pasar potensial ini serta menawarkan jasa yang bisa diberikan maskapai. Dengan menggandeng klub sepakbola, sebagai olahraga paling popular sejagat, Garuda berusaha terbang lebih tinggi agar semakin dikenal konsumen global sebagai brand internasional.

Langkah strategis ini membawa manfaat lain bagi Garuda, yakni manajemen dan karyawan perusahaan ini akan termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas jasanya. Menggandeng brand internasional seperti Liverpool untuk partnership selama tiga tahun tanpa kualitas jasa yang terus meningkat akan jadi mahal harganya.

Sementara Direktur Pemasaran Garuda Indonesia, Elisa Lumbantoruan mengatakan, alasan Garuda memilih Liverpool adalah karena murahnya biaya penawaran. "Dari penawaran yang ada, ini yang paling murah biayanya. Namun saya tidak sebut berapa. Liverpool juga frekuensi pertandingannya pun di home base, baik siaran live atau reply, jauh lebih banyak," jelasnya.

Dari kerja sama ini, membuat wajah Garuda akan sering muncul di Anfield, kandang "The Reds”. Iklan Garuda berdurasi enam menit akan tayang di stadion tersebut selama satu putaran Premier League. "Kita dapat slot 6 menit dari total pertandingan 90 menit," ujar Elisa.

Menurut Elisa, ongkos iklan ini bahkan lebih murah dibandingkan ongkos iklan di tv manapun, luar atau dalam negeri. Seperti diketahui Liverpool FC adalah salah satu klub besra sepak bola yang bermain di Liga Premier Inggris atau Barclays Premier League (BPL). Klub ini telah 18 kali menjuarai Liga Inggris dan lima kali juara Liga Champions Eropa.

Nama Garuda Indonesia juga sempat muncul di dinding iklan stadion Wembley di Kota London, Inggris. Saat itu, perseroan dengan slogan Airline of Indonesia muncul saat pertandingan persahabatan antara tim nasional Inggris melawan Belgia jelang kejuaraan Euro 2012 yang digelar di Polandia dan Ukraina.

Sebelumnya, perusahaan asal Indonesia yang telah mensponsori klub sepak bola Inggris adalah PT Bank BNI Tbk (BBNI). Chelsea FC, secara resmi mengikat kontrak sponsor dengan BNI Maret lalu untuk kontrak dengan jangka waktu empat tahun. Menurut situs resmi Chelsea FC, ini adalah kali pertama klub yang berbasis di kota London itu disponsori sebuah bank dari daratan Asia. Selain itu, ada PT Bank Danamon Tbk sebagai sponsor klub Manchester United. (bani)

 

 

 

 

BERITA TERKAIT

Summarecon Crown Gading - Primadona Properti di Utara Timur Jakarta

Summarecon Crown Gading yang merupakan kawasan terbaru Summarecon yang di Utara Timur Jakarta, kini semakin berkembang. Saat ini sedang berlangsung…

Pertumbuhan Logistik Tembus 8% - CKB Logistics Optimalkan Bisnis Lewat Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis…

Mitra Investindo Catat Laba Meningkat 212%

NERACA Jakarta - Perusahaan jasa pelayaran dan logistik PT Mitra Investindo Tbk (MITI) membukukan laba bersih yang meningkat signifikan 212% year…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Pertumbuhan Logistik Tembus 8% - CKB Logistics Optimalkan Bisnis Lewat Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis…

Mitra Investindo Catat Laba Meningkat 212%

NERACA Jakarta - Perusahaan jasa pelayaran dan logistik PT Mitra Investindo Tbk (MITI) membukukan laba bersih yang meningkat signifikan 212% year…

Metropolitan Land Raup Laba Bersih Rp417,6 Miliar

NERACA Jakarta – Emiten properti, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) membukukan laba bersih Rp417,6 miliar pada tahun 2023 atau tumbuh…