Berkomitmen untuk terus berkontribusi kepada masyarakat, khususnya di sekitar wilayah operasional perusahaan, PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) terus aktif menjalankan kegiatan program tanggung jawab sosial atau CSR yang rutin digelar setiap bulannya dengan terintegrasi ke dalam lima Pilar Petrofin Peduli.
Head of Corporate Communication PT Elnusa Petrofin, Putiarsa Wibowo dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengungkapkan bahwa sepanjang kuartal pertama 2023, perseroan telah melaksanakan 206 kegiatan CSR di seluruh unit operasi transportasi, KSO, Depo Vendor Held Stock (VHS) dan Chemical di seluruh Indonesia yang mana tumbuh sebesar 16% dibanding tahun sebelumnya di priode yang sama,”Dalam implementasinya, EPN senantiasa menyesuaikan penyelenggaran CSR dengan isu sosial dan kebutuhan masyarakat yang juga mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) seperti mengedepankan kehidupan yang sehat dan sejahtera, meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar Putiarsa.
Beragam kegiatan CSR yang diberikan meliputi program safety awareness dengan sosialiasi cara penggunaan LPG yang benar, safety riding, dan cara pemadaman api melalui APAR. Selain itu juga dikembangkan program kesehatan melalui Posyandu Home Care sebagai layanan kesehatan door to door dan penggunaan P3K sebagai langkah first Aid.
Untuk menunjang pertumbuhan perekonomian masyarakat, EPN telah mengembangkan 68 UMKM baru maupun metode kemitraan, baik di bidang jasa pengelasan, makanan, hingga kerajinan. Program ini menyasar kepada karang taruna, kelompok masyarakat, koperasi, PKK dan BUMDes yang dikembangkan berdasarkan potensi lokal sekitar.
Diantara yang menjadi unggulan yakni pengembangan tenun songket ikat di Manggarai, NTT, produk UMKM kerajinan produk souvenir di Gunung Sitoli hingga kelompok penghasil produk tas recycle dari sampah plastik di Sibolga. Inisiatif ini menjadi wujud nyata perusahaan dalam mendampingi masyarakat berkembang dan mandiri dalam bekelanjutan berusaha.
Diperkirakan pada akhir kuartal kedua mendatang, kegiatan CSR yang dilakukan akan terus meningkat, termasuk melalui kegiatan berbagi kebersamaan di bulan Ramadhan, Petrofin Berkurban, dan aksi penanaman pohon yang akan melibatkan lebih banyak kontributor dari Unit Operasi di seluruh Indonesia.
Melalui kegiatan CSR yang terus digelar ini diharapkan dapat membentuk hubungan kedekatan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan masyarakat dan turut membantu program pemerintah dalam meningkatkan kompetensi masyarakat dan pengentasan kemiskinan melalui pengembangan UMKM.
Dalam menjalankan bisnisnya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tidak hanya mencari untung semata tetapi terus meningkatkan kontribusinya terhadap pembangunan…
Masih dalam memperingati hari Kartini yang selalu menjadi inspirasi perempuan Indonesia untuk terus berkarya dan terus berdaya dalam berbagai aspek…
Dukung pemberdayaan perempuan, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bersama dengan entitas Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk kesetaraan jender dan pemberdayaan…
Dalam menjalankan bisnisnya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tidak hanya mencari untung semata tetapi terus meningkatkan kontribusinya terhadap pembangunan…
Masih dalam memperingati hari Kartini yang selalu menjadi inspirasi perempuan Indonesia untuk terus berkarya dan terus berdaya dalam berbagai aspek…
Dukung pemberdayaan perempuan, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bersama dengan entitas Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk kesetaraan jender dan pemberdayaan…