Monarch Art-otomotive Fest Bangkitkan Industri Ekraf

NERACA

Jakarta – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo menyambut baik diselenggarakannya Monarch Art-omotive Fest (MAF) yang akan berlangsung pada 9 hingga 11 Juni 2023 di Ciputra World Surabaya.

Angela mengatakan, penyelenggaraan MAF sejalan dengan program pemerintah dalam upaya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Monarch Art-omotive Fest merupakan event yang mempertemukan antara seni dan otomotif (modifikasi mobil) yang didukung dengan berbagai kegiatan kreatif lainnya seperti kuliner, bazaar, parade, dan lainnya. 

"Ini adalah kegiatan pariwisata yang berbasis komunitas. Tidak hanya kontes modifikasi mobil, tapi juga didukung kegiatan berbasis ekonomi kreatif lainnya yang akan menjadikan event ini menarik untuk dikunjungi," kata Angela. 

Sebagai event yang didukung dengan basis komunitas yang besar, khususnya otomotif, Wamenparekraf Angela meminta agar Monarch Art-omotive Fest dapat menggandeng event-event otomotif internasional seperti MotoGP dan MXGP untuk bekerja sama. 

"Ada event-event besar (otomotif) tapi side event-nya kurang, jadi memang kalau ada komunitas yang bisa dukung akan lebih bagus, bisa saling berkolaborasi," kata Angela. 

Lebih lanjut, pemerintah telah menetapkan target capaian di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2023, Yakni nilai devisa yang diproyeksi dapat mencapai USD 2,07 miliar - 5,95 miliar. Adapun kontribusi produk domestik bruto (PDB) pariwisata sebesar 4,10 persen, nilai ekspor produk ekraf sebesar USD 26,46 miliar, dan target nilai tambah ekraf diproyeksikan sebesar Rp1.279 triliun. 

Sementara itu, untuk target kunjungan wisatawan mancanegara antara 3,4 juta-7,4 juta orang, kunjungan wisatawan nusantara antara 1,2 miliar-1,4 miliar pergerakan, peningkatan rangking dalam Travel and Tourism Development Index (TTDI) antara 29-34, serta target tenaga kerja pariwisata sebesar 21,93 juta orang dan tenaga kerja ekonomi kreatif sebesar 22,59 juta orang. 

Dalam upaya mencapai target tersebut, Kemenparekraf/Baparekraf akan berupaya maksimal melalui program kerja strategis di seluruh unit kerja dengan total pagu anggaran sebesar Rp3.381.345.168.000. 

Sehingga dalam hal ini Angela memastikan memastikan target serta arah kebijakan pengembangan parekraf tersebut sejalan dengan kerangka pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif nasional yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Kemenparekraf/Baparekraf Tahun 2020-2024. 

"Yakni bertujuan menguatkan kontribusi pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap ketahanan ekonomi nasional yang diupayakan melalui pengembangan program yang berbasis kepada quality tourism experience, pariwisata berbasis ekonomi kreatif, dan nilai tambah ekonomi kreatif," kata Angela. 

Lebiih lanjut terdapat sembilan arah kebijakan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2023 yang berorientasi pada pembangunan industri pariwisata berkualitas, berkelanjutan, dan berbasis digital.

"Arah kebijakan ini diharapkan dapat mendorong pencapaian target kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat dan penciptaan lapangan kerja yang seluas-luasnya," kata Angela.  

Sembilan arah kebijakan tersebut adalah tindak lanjut dari G20 Bali Guidelines 2022, Bali Roadmap WCCE 2022, serta Keketuaan ASEAN 2023. Kemenparekraf juga akan memperkuat industri pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, serta pembangunan 5 Destinasi Super Prioritas dan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas. 

"Keempat adalah Bangga Berwisata di Indonesia dan kelima pengembangan nilai tambah ekonomi kreatif dan Hak Kekayaan Intelektual," kata Angela. 

Gabriel Kairupan selaku Chairman CV. Trimatra sebagai penyelenggara Monarch Art-omotive Fest, menjelaskan, “untuk kontes modifikasi mobil pihaknya menargetkan 70 mobil modifikasi yang sebelumnya akan melalui proses kurasi.” 

Namun Gabriel memastikan kontes modifikasi mobil bukan menjadi satu-satunya daya tarik kegiatan. Tapi juga ada berbagai kegiatan menarik lainnya mulai dari 3on3 Basketball, Flight Simulator, Acoustics and Chill DJ, dan lainnya. 

Selain itu juga ada Pujasera Nusantara yang menghadirkan ragam kuliner, cooking demo dan juga talkshow. Juga fashion bazaar yang mengusung tema fesyen berkelanjutan. 

"Kami menargetkan 6.000 pengunjung setiap harinya. Diharapkan penyelenggaraan MAF dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat khususnya kepada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," jelas Gabriel.

 

BERITA TERKAIT

Pesta Adat Suku Dayak - "Lom Plai 2024" Dongkrak Sektor Wisata Kaltim

Kekayaan adat-istiadat dan budaya nusantara, sudah tidak bisa diragukan lagi. Beragam suku bangsa dengan berbagai keunikan dan ciri khasnya adat…

Pertamina " ENI Kerja Sama kelola Hulu Migas

NERACA Jakarta – Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmojo melakukan kunjungan kerja ke Belanda pada Jumat, 19 April 2024 bersama dengan…

Sidang Kedua Anggota DEN: Ketahanan Energi Jadi Fokus Utama

NERACA Jakarta – Dalam Sidang Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) yang kedua pada tahun 2024, Menteri Energi dan Sumber Daya…

BERITA LAINNYA DI Industri

Pesta Adat Suku Dayak - "Lom Plai 2024" Dongkrak Sektor Wisata Kaltim

Kekayaan adat-istiadat dan budaya nusantara, sudah tidak bisa diragukan lagi. Beragam suku bangsa dengan berbagai keunikan dan ciri khasnya adat…

Pertamina " ENI Kerja Sama kelola Hulu Migas

NERACA Jakarta – Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmojo melakukan kunjungan kerja ke Belanda pada Jumat, 19 April 2024 bersama dengan…

Sidang Kedua Anggota DEN: Ketahanan Energi Jadi Fokus Utama

NERACA Jakarta – Dalam Sidang Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) yang kedua pada tahun 2024, Menteri Energi dan Sumber Daya…