Apresiasi Jasa Para Penjuang - Pasar Modal Beri Bantuan Untuk Pahlawan Nasional

Masih dalam rangka perayaan hari jadi 45 tahun diaktifkannya kembali pasar modal, OJK dan Self-Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) kembali menggelar kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) berupa pemberian santunan kepada keluarga pahlawan nasional, Anak Buah Kapal (ABK) KRI JOL 358 Purnatugas dan prajurit Kopassus yang gugur dalam tugas.

Direktur KPEI sekaligus Ketua Panitia HUT ke-45 Pasar Modal, Antonius Herman Azwar dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan merupakan wujud apresiasi pasar modal atas dedikasi dan pengabdian yang telah diberikan para pahlawan untuk Indonesia. “Diharapkan bantuan ini dapat bermanfaat serta menambah semangat kecintaan kita pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”ujarnya.

Mengusung semangat bahwa ketangguhan bangsa tidak lepas dari perjuangan dari para pejuang
di masa lampau, pasar modal Indonesia mengajak masyarakat untuk kembali memulai tahun yang baru ini dengan semangat perjuangan yang terinspirasi dari para pahlawan.

Antonius menambahkan bahwa sosok John Lie yang namanya disematkan sebagai nama KRI ini, dikenal dengan semangat, bakat, disiplin, tanggung jawab tinggi, dan dikenal gigih dengan terbukti lewat sepak terjang perjuangan pelayarannya sebagai prajurit Angkatan Laut Republik Indonesia.

Keberanian John Lie serta para pahlawan Indonesia ini dapat menjadi inspirasi perjuangan pasar modal di masa kini dan mendorong masyarakat untuk menghargai jasa para pahlawan Indonesia. Apresiasi juga diberikan pasar modal kepada Kopassus yang merupakan bagian dari Komando Utama Tempur TNI Angkatan Darat.

Dana kegiatan CSR dalam rangka HUT ke-45 Pasar Modal Indonesia diperoleh dari alokasi fee transaksi bursa dan fee jasa kustodian sentral pada 9 Agustus dan 29 Desember 2022 sebesar Rp20,2 miliar beserta alokasi dana CSR dari penyelenggaraan HUT Pasar Modal Indonesia pada tahun sebelumnya sebesar Rp12,20 miliar. Selanjutnya, dana tersebut akan digunakan untuk melaksanakan kegiatan CSR di berbagai wilayah Indonesia. Kegiatan tersebut antara lain berupa penanaman pohon, pengadaan perahu sekolah, program anak sehat untuk pencegahan stunting, restorasi daerah pesisir termasuk pengembangan kapasitas masyarakat, konservasi pangan lokal, program pemberdayaan sampah, pengolahan dan kampanye sampah plastik, donor darah, bantuan ambulans, serta perbaikan sekolah rusak.

Berbagai kegiatan CSR tersebut merupakan salah satu bentuk apresiasi atas pencapaian pasar modal, sekaligus sebagai bentuk komitmen pasar modal dalam memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, khususnya terkait bidang lingkungan, kesehatan, pendidikan, sosial, serta ekonomi.
Selanjutnya, SRO juga akan berupaya melaksanakan kegiatan CSR lainnya yang bermanfaat dalam jangka panjang bagi penerima, dan sejalan dengan upaya pemerintah dalam menyukseskan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang menjadi prioritas pembangunan nasional.

 

BERITA TERKAIT

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…

BERITA LAINNYA DI CSR

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…