Setahun menikah, kini perabotan rumah tangga Rudi (28) mulai terlihat terisi, mulai dari lemari es, mesin cuci dan TV layar datar 32 in di rumah mungilnya di Depok, Jawa Barat. Meski bukan dibeli secara cash, namun ada kebanggaan tersendiri memulai berumah tangga bisa membeli kebutuhan hidup dengan jerih payah sendiri dan tidak bergantung pada mertua ataupun orang tua,”Saya beranikan diri ngajukan kredit beli perabotan karena untuk kebutuhan dan juga hiburan seperti televisi,”ujarnya yang berprofesi sebagai ojek online ini.
Dibalik keberaniannya memenuhi kebutuhan alat rumah tangga, tidak lepas dari peran PT FIF Group sebagai perusahaan pembiayaan yang memberikan kesempatan dan membuka akses masyarakat, seperti dirinya terhadap pembiayaan. Tidak hanya di kenal sebagai bisnis pembiayaan kendaraan roda dua merek Honda baik baru dan bekas, grup dari PT Astra Internasional Tbk ini juga merambah pembiayaan eletronik.
Rudi bercerita, pengenalan dirinya menggunakan produk pembiayaan elektronik FIF Group adalah tawaran dari pihak marketing FIF Group lantaran dirinya sudah pernah mengajukan pembiayaan motor dan lunas tanpa ada ketelatan sebelum jatuh tempo. “Tadinya sih saya pikir FIF Group hanya spesialias kredit motor, tapi setelah banyak informasi yang diberikan langsung tertarik ambil kredit elektronik buat dirumah,”jelas.
Kini dia merasa, FIF Group sudah menjadi mitra dalam hidupnya dalam memberikan solusi keuangan. Pasalnya, banyak program pembiayaan yang ditawarkan menjawab kebutuhan konsumen. Bahkan butuh modal usaha atau bisnis hingga pembiayaan umroh dan haji tersedia di produk pembiayaan Amitra. Disamping itu, perseroan yang merupakan bagian dari PT Astra Internasional Tbk cukup terkenal dan terpercaya. Sementara proses pengajuanyang cepat menjadi nilai tambah dan alasan bagi Rudi menggunakan produk pembiayaan FIF Group.
Hal senada juga disampaikan Amir (40), menjadi pelanggan setia FIF Group membawanya pada kehidupan yang lebih baik. Dimana kredit motor miliknya hingga motor ketiga buat anaknya semua pakai produk FIF Group. Bahkan geliat bisnisnya di rumah makan tidak lepas dari dukungan pembiayaan Danastra milik FIF Group sehingga dari usahanya berhasil membawa putranya mengenyam pendididikan tinggi. “Jatuh bangun dalam bisnis itu biasa, namun memilih mitra bisnis di sektor jasa keuangan yang mengerti dan memberikan solusi itu penting,”jelasnya.
Pandemi Covid-19 dua tahun lalu menjadi pil pahit, bapak tiga anak ini pada bisnis rumah makannya sehingga harus merumahkan sebagian karyawannya. Selain merosotnya penjualan juga belum terbayarnya utang atau pinjaman modal dari FIF Group menjadi bebannya. “Untung saja, kebijakan relaksasi berupa penundaan kredit yang dikeluarkan perseroan membuat bisnis rumah makan saya bisa bernafas lega hingga akhirnya bisa bertahan sampai saat ini,”ungkapnya.
Di usianya ke-33, eksistensi FIF Group dalam menjalakan bisnisnya selalu menghadirkan solusi keuangan dengan produk pembiayaan atau kredit yang cukup kompetitf dari bunga hingga layanan yang efisien, praktifs dan cepat. Bahkan saking agresif pertumbuhan bisnis perseroan dan juga terjaganya kinerja keuangan membawa hasil prestasi yang positif. Teranyar, PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang juga bagian dari Astra Financial meraih penghargaan sebagai The Best Performance Multifinance kategori Multifinance Aset ≥ Rp10 Triliun dalam ajang Bisnis Indonesia Financial Awards (BIFA) 2022.
Mampu Bertahan
Chief Executive Officer (CEO) FIFGroup, Margono Tanuwijaya mengatakan, menjadi kebanggaan bagi perseroan karena dinilai sebagai perusahaan yang mampu bertahan dan beradaptasi di tengah gelombang dinamika ekonomi akibat berbagai situasi yang tidak kondusif selama dua tahun lebih ini. Kedepan dalam memenuhi target pembiayaan tahun ini sebesar Rp 3 triliun perbulan, perseran terus memperluas penetrasi pasar, inovasi dan sinergi dengan menghadirkan pelayanan pembiayaan melalui pameran virtual dan juga berkolaborasi dengan aplikasi Moxa dana FIFADA dalam setiap pengajuan kredit sepeda motor Honda secara digital.
Untuk pembiayaan multiguna menjawab berbagai kebutuhan masyarakat, mulai dari alat elektronik, perabot rumah tangga, furniture, gadget, produk lifestyle, dan kebutuhan lainnya, perseroan tidak pernah absen menghadirkan Spektra Fair. “Spektra Fair terus hadir bagi masyarakat Indonesia sebagai solusi finansial pilihan yang memberikan kemudahan akses dan juga keuntungan melalui berbagai program menarik yang ditawarkan,”kata Margono.
Spektra Fair menawarkan kesempatan potongan angsuran yang menguntungkan sebesar Rp400 ribu bagi customer. Tidak hanya itu, cashback AstraPay sebesar Rp10 ribu juga bisa didapatkan pada transaksi yang dilakukan di Spektra Fair. Tidak perlu susah payah, cukup tunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan uang muka 0% customer sudah bisa mengakses seluruh keuntungan tersebut.
Pada tahun ini, Spektra Fair di sejumlah titik di Indonesia, yaitu Ambon, Balikpapan, Bandung, Kopo, Baturaja, Binjai, Blitar, Dumai, Gowa, Jakarta, Kediri, dan Kendari. Selain itu jugaKepanjen, Ketapang, Lembang, Lubuk Linggau, Madiun, Makassar, Mamuju, Marelan, Maros, Mempawah, Muara Enim, dan Nganjuk.
Titik lainnya yang juga menjadi destinasi Spektra Fair, yaitu Ngawi, Padang, Palopo, Pare Pare, Ponorogo, Pontianak, Siantan, Prabumulih, Rengat, Samarinda, Sanggau, Sidoarjo, Krian, Singkawang, Sintang, Sorong, dan Taman Palem. Empat kota lainnya yang juga dikunjungi oleh Spektra Fair adalah Tangerang, Tembung, Tuban, dan Tulungagung.
Kata Margono, dampak pandemi Covid-19 membawa perubahan besar perilaku masyarakat dalam beraktivitas dengan menggunakan produk digital. Sehingga memacu lonjakan permintaan masyarakat terhadap produk elektronik maupun gadget. Hal inipula yang dirasakan FIF Group melalui lini bisnis Spektra mengalami kenaikan.”Permintaan customer terus bertumbuh, penyaluran pembiayaan yang dilakukan oleh FIFGroup terus meningkat dengan rata-rata pertumbuhan sebesar lebih dari 25% setiap bulannya, Spektra Fair hadir menjadi pameran virtual yang memudahkan masyarakat memiliki produk yang diinginkan,” tutur Margono.
Selanjutnya untuk pembiayaan kendaraan masih menjadi kontribusi utama perseroan. Berdasarkan hasil GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Jakarta, FIF Group melalui layanan pembiayaan FIFAstra telah berhasil mencatatkan penyaluran pembiayaan kepada lebih dari 320 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) selama GIIAS Jakarta berlangsung dengan total nilai penyaluran pembiayaan sebesar Rp6,96 miliar hingga closing tanggal 20 Agustus 2022, di mana angka tersebut naik 65,32% dibanding pencapain GIIAS Jakarta 2021 yang hanya mencapai Rp4,21 miliar. Angka tersebut diperkirakan terus meningkat sampai dengan penutupan perhelatan GIIAS Jakarta pada tanggal 21 Agustus 2022.
Pertumbuhan juga dapat dilihat dari pencapaian penyaluran pembiayaan FIFGroup kepada 320 SPK pada GIIAS Jakarta 2022 per closing (penutupan) tanggal 20 Agusuts 2022, di mana angka tersebut naik 48,15% dibanding perhelatan GIIAS Jakarta 2021 yang hanya mencapai 216 SPK. FIFGroup juga berhasil mendapatkan pencapaian rata-rata sebesar 119,0% setiap harinya sejak pembukaan booth GIIAS pada tanggal 11 Agustus 2022.“Hadirnya FIFGroup dalam penyelenggaraan GIIAS Jakarta 2022 ikut mendorong industri otomotif khususnya sepeda motor untuk dapat terus meningkat dan menjadikan FIFGroup sebagai partner finansial yang dipilih oleh sejumlah pengunjung dalam mewujudkan impiannya,” tutur New Motorcycle (NMC) Financing Marketing Regional I Division Head FIFGroup, Benny Setiawan.
Digitalisasi Pelayanan
Menghadirkan inovasi dengan digitalisasi penyediaan pelayanan menjadi kebutuhan. Oleh karena itu, digitalisasi yang terus dikembangkan mengikut customer experience mulai dari sales, order, akuisisi kredit, disbursement/repayment, account management dan retention. Ya, adanya pandemi semakin mempercepat hal ini di mana perilaku pembelian customer pun berubah dan terlihat dari meningkatnya transaksi digital secara signifikan selama pandemi.
Pertumbuhan transaksi digital ini telah menarik perusahaan teknologi untuk masuk ke penyediaan layanan keuangan bagi customer-nya dan tentunya ini melahirkan landscape persaingan baru bagi perusahaan pembiayaan. Namun di sisi lain, semakin familiar customer dengan digital juga melahirkan peluang pertumbuhan bagi perusahaan termasuk FIF Group melalui inovasi baik dalam menjangkau customer secara lebih luas, biaya operasional yang lebih efisien, kolaborasi dengan partner dalam menawarkan akses, produk dan layanan yang lebih lengkap kepada customer.
FIF Group terus melakukan akselerasi digitalisasi yang tidak hanya berfokus pada proses internal, namun juga pada produk dan layanan yang langsung dapat dirasakan customer dan partner bisnisnya, sehingga prosesnya bisa lebih cepat, lebih mudah dan handal. Untuk menjawab tantangan di era digital dan pasca-Covid, FIF Group telah menyediakan pelayanan digital dan contactless service yang bertujuan untuk membentuk Omni Channel Experience. Terdapat beragam layanan komunikasi yang dapat diakses customer tanpa harus keluar rumah, yakni melalui aplikasi FIF GroupMobile Customer (FMC) dan chatting dengan Virtual Customer Service Fiona yang dapat diakses dari aplikasi multichannel seperti Facebook, Whatsapp, & Website FIFGroup (https://fifgroup.co.id). FIFGroup juga berkolaborasi dengan AstraPay, sehingga customer dapat melakukan proses pembayaran angsuran secara online dan lebih mudah.
Selain itu, sejak 2020 pembayaran cicilan dari seluruh produk jasa keuangan FIFGroup sudah dapat menggunakan AstraPay, sehingga semua customer sudah bisa menikmati transaksi cashless terutama selama masa pandemi. Sedangkan bagi customer yang belum terbiasa menggunakan layanan digital, FIFGROUP memiliki Contact Center HaloFIF yang dapat mengakomodir kebutuhan informasi dan penyampaian keluhan melalui telepon ke 1500-343(FIF) dan email ke halofif@fifgroup.astra.co.id.
Dalam rangka memenuhi protokol membatasi durasi layanan di kantor cabang selama masa pandemi, kantor cabang FIFGroup dilengkapi dengan ISS System yang mengatur customer journey management untuk dapat memecah antrian yang sudah melakukan reservasi dan non-reservasi. Sistem ini mampu mengatur antrian menjadi lebih terarah sesuai kebutuhan customer baik yang dapat dilakukan secara self service maupun bertemu dengan petugas sehingga layanan menjadi lebih cepat dan mengurangi antrian menumpuk di kantor cabang. Layanan self service yang disediakan seperti cetak informasi kontrak dan pembayaran angsuran.
ISS menyediakan layanan pengambilan nomor antrian contactless dari handphone customer dengan cara scan QRcode. Salah satu fitur ISS yang diintegrasikan dengan FIFGroup Mobile Customer adalah layanan reservasi antrian pengambilan BPKB dan perpanjangan STNK dari rumah sehingga dapat mempersingkat waktu tunggu dan waktu layanan customer selama di kantor cabang FIFGroup.
Isu mengenai rencana penggabungan usaha atau merger Grab dengan GoTo atau akuisisi GoTo oleh Grab terus mendapat penolakan dari para…
Fakta persidangan hasil pemeriksaan Zarof Ricar sebagai saksi mahkota dalam perkara suap vonis bebas Gregorius Ronald Tanur di Pengadilan Tipikor,…
Rumor mengenai potensi merger antara dua raksasa transportasi online, Grab Holdings Ltd. dan GoTo Gojek Tokopedia, kembali mencuat. Sejumlah sumber…
Isu mengenai rencana penggabungan usaha atau merger Grab dengan GoTo atau akuisisi GoTo oleh Grab terus mendapat penolakan dari para…
Fakta persidangan hasil pemeriksaan Zarof Ricar sebagai saksi mahkota dalam perkara suap vonis bebas Gregorius Ronald Tanur di Pengadilan Tipikor,…
Rumor mengenai potensi merger antara dua raksasa transportasi online, Grab Holdings Ltd. dan GoTo Gojek Tokopedia, kembali mencuat. Sejumlah sumber…