Sony A1, Kamera Super Cepat dan Super Lengkap

NERACA

Jakarta - Tak hanya pada teknologi smartphone, teknologi kamera masa kini terus mengalami inovasi besar-besaran. Kamera dengan resolusi tinggi dan kinerja yang sama tingginya masih sulit ditemukan sampai saat ini. Biasanya, kamera dengan resolusi tinggi tidak bisa mengimbangi kecepatannya. Namun hal itu berbeda setelah diluncurkannya Sony A1.

Kecepatan Luar Biasa

Sensor full frame Sony ini dilengkapi dengan arsitektur stacked sensor dan ditunjang dengan dual processor menjadi kunci kecepatan kerja kamera ini. Aliran data dalam jumlah banyak bisa berjalan cepat dan lancar.

Kamera beresolusi 50 MP ini mampu merekam video dengan resolusi 8K 10 bit. Ini pertama kalinya ada di kamera Sony, serta 4K 120p langsung ke kartu memori baik SD card maupun CF Express Type A.

Meski resolusinya besar, Sony tipe ini memiliki kecepatan foto berturut-turut yang luar biasa cepat pula. Kamera ini dapat mencapai maksimum 30fps dengan auto fokus. Kecepatan autofokus akan menyesuaikan, tergantung dari kecepatan motor fokus lensa yang digunakan.

Dilengkapi lensa 50mm f/1.2 GM, Anda akan mendapatkan hit rate yang cukup bagus untuk 10-20 frame per detik. Sedangkan saat mode lensa motor fokus dan bukaan yang tidak terlalu besar seperti Sony FE 35mm f/1.8, hit rate Sony A1 bisa mencapai 20-30 frame per detik.

Inovasi menakjubkan lain dari smartphone adalah mekanisme shutter yang memungkinkan flash sync speed mencapai 1/400 detik. Kecepatan tersebut melebihi kamera pada umumnya yang hanya mencapai 1/200 detik dan 1/200 detik dengan electronic shutter (dengan flash Sony).

Kamera Sangat Responsif

Saat dilakukan pengujian, kamera memberikan respon yang sangat tinggi. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 1.2 detik pada proses menyalakan sampai kamera siap memotret. Setelahnya, pengoperasian kamera terasa cepat baik navigasi menu, mengganti setting via tombol dan layar sentuh.

Kualitas gambar Sony A1 saat dipasang dengan lensa Sony 50mm f/1.2 GM memberikan hasil memuaskan dan tajam auto fokus, mampu mengunci mata dengan baik secara kilat. Resolusi besar 50MP yang luar biasa siap untuk cropping dan cetak foto berukuran panjang satu meter atau lebih.

Pemotretan Objek Gerak

Membidik objek yang bergerak bukan masalah bagi smartphone Sony yang satu ini. Untuk mendapatkan momen puncak dengan kinerja 20-30fps, kamera ini dapat menghasilkan potret mulus. Flash sync speed pada kamera ini yang mencapai 1/400 detik memberikan sedikit bantuan untuk fotografer yang memotret di outdoor dengan flash.

Selain itu, flash sync untuk electronic shutter HP Sony yang ini terbilang luar biasa yaitu mencapai 1/200 detik (biasanya di kamera lain 1/15 detik). Akan tetapi untuk mendukung kecepatan ini, harus digunakan flash pihak ketiga yang mendukung. Tetap saja, kecepatan ini sangat membantu fotografer profesional.

Photojournalist Profesional

Hal lain yang membuat Sony A1 dikategorikan sebagai kamera untuk photojournalist profesional adalah fitur konektivitasnya yang lengkap.

Kamera ini memiliki teknologi koneksi Wifi 2.4-5 Ghz terbaru 2x2 Mimo, dilengkapi dengan dual antena untuk resepsi yang lebih baik. Port koneksi yang disediakan adalah USB 3.2, Ethernet 1000Base-T, dan FTP via smartphone.

Sensor dan prosesor adalah otak dari setiap kamera. Sementara itu fitur dan fungsi lain adalah tambahan yang dapat membantu. Sony A1 bisa dikatakan sebagai persilangan super kamera-kamera yang luar biasa. Kamera yang didukung oleh prosesor Bionz XR ganda ini memberikan  Anda kualitas dan kecepatan gambar luar biasa.

 

Mohar/Rin

BERITA TERKAIT

Mudahkan Pelanggan Kelola Layanan - Telkom Luncurkan Versi Terkini myIndiHome

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, inovasi dan kemudahan layanan dalam menggunakan produk terus dihadirkan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk…

Aplikasi Trevo Hadirkan Prokes Ketat di Sektor Transportasi

  NERACA Jakarta – Pandemi covid belum usai. Masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid. Sektor…

Tawarkan Perlindungan Ekstra - Sharp Rilis Produk Car Air Purifier Terbaru

Penyebaran virus corona atau Covid-19 membawa tren permintaan air purifier meningkat tajam karena dinilai mampu menekan penyebaran virus. Hal inipun…

BERITA LAINNYA DI Teknologi

Mudahkan Pelanggan Kelola Layanan - Telkom Luncurkan Versi Terkini myIndiHome

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, inovasi dan kemudahan layanan dalam menggunakan produk terus dihadirkan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk…

Aplikasi Trevo Hadirkan Prokes Ketat di Sektor Transportasi

  NERACA Jakarta – Pandemi covid belum usai. Masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid. Sektor…

Sony A1, Kamera Super Cepat dan Super Lengkap

NERACA Jakarta - Tak hanya pada teknologi smartphone, teknologi kamera masa kini terus mengalami inovasi besar-besaran. Kamera dengan resolusi tinggi…