Menjaga Pertumbuhan Bisnis, Hino Optimalkan Layanan Purna Jual

Tidak hanya dikenal jagonya truk dan bus karena sukses menjadi leader market, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) juga terus meningkatkan pelayanan after sales sebagai strategi menjaga pertumbuhan bisnis. Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Hino menunjukkan eksistensinya di even tahunan ini dengan mengedepankan pelayanan aftersales demi menjaga kepercayaan dan menjawab kebutuhan konsumen. Hal ini sangat beralasan karena truk dan bus memiliki peran vital dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu Hino terus memberikan kendaraan terbaik. Serta terus mengembangkan teknologi untuk kendaraan dapat lebih berkontribusi bagi kehidupan.

Masato Uchida, Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan, Hino akan terus berkontribusi bagi masyarakat dengan menjaga sektor – sektor yang penting tetap berjalan, sehingga tatanan sosial di masyarakat terus berputar. "Untuk itu kami memahami servis kendaraan dan ketersediaan suku cadang di dealer sangat penting untuk memastikan kelancaran operasional truk dan bus Hino,"ujarnya di Jakarta, kemarin.

Sementara bagi ketersediaan suku cadang. Hino memiliki jaringan distribusi suku cadang yang luas tersebar di seluruh Indonesia berkat dukungan part depo dan part shop. Untuk pusat suku cadang berada di Jatake, Tangerang dan 5-part depo yang tersebar untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia berada di Medan, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan dan yang terbaru di Makasar. 

Hino juga memiliki lebih dari 3.404-part shop yang siap menjamin ketersediaan suku cadang bagi kendaraan bisnis konsumen setia Hino. Selain itu, pelanggan juga dapat memanfaatkan fasilitas mobile service di dealer – dealer yang memilikinya sehingga tidak perlu repot keluar rumah. Cukup telepon maka Hino Mobile Service yang dilengkapi dengan peralatan canggih dan mekanik terlatih akan datang ke lokasi pelanggan. 

Masih dalam meningkatkan layanan kepada pelanggan, PT Hino Motors Sales Indonesia juga membuka bengkel perbaikan bodi dan cat kendaraan Hino, di Workshop Centre HMSI Jatake Tangerang. Bengkel yang berada di area Hino Total Support Centre Jl. Gatot Subroto, KM 8.5 Jatake-Tangerang ini dilengkapi peralatan canggih sesuai standar Hino. Kini perbaikan bodi dan cat kendaraan, mulai dari ringan, sedang dan berat dapat dilakukan disini. “Para pelanggan Hino yang saat ini membutuhkan perbaikan bodi dan cat kendaraan sudah dapat melakukannya di bengkel ini untuk memperbaiki kerusakan bodi, dari yang ringan sampai berat. Ini salah satu bentuk Total Support kami untuk terus berupaya memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan layanan one stop service,”kata  Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI.

Selain itu, Hino memperlengkap pelayanan dengan membuka bengkel perbaikan bodi dan cat dengan fasilitas yang lengkap seperti Spray booth, Mixing room untuk menghasilkan cat yang sesuai dengan kondisi kendaraan sehingga memberikan warna yang maksimal, Bay body repair, Warehouse part yang didesign khusus dengan air flow dan pengaturan suhu yang terjaga, sehingga cat tetap aman selama penyimpanan dan bay pemeriksaan akhir. Didukung dengan tenaga yang berpengalaman serta profesional, proses pengerjaan menggunakan metode Washer Welder untuk repair body atau kabin penyok. Selain itu metode pengecatan menggunakan system oven dan infrared heater untuk spot painting.

Hino Body Repair and Painting facility memiliki hasil yang maksimal, karena area mengecat dipastikan steril dimana ruangan yang tertutup rapat dengan airflow yang didesign khusus sehingga mencegah kontaminasi debu saat pengecatan dan menghasilkan pengecatan kendaraan yang berkualitas.  dan tentunya bergaransi, karena salah satu keunggulannya adalah menggunakan bahan cat yang sama dengan yang digunakan dipabrik.

Untuk waktu pengerjaan, kerusakan ringan tanpa mengecat dapat diperbaiki dalam satu hari kerja. Sementara jika kerusakan ringan ada proses painting dapat diperbaiki dalam 2 sampai 3 hari selesai. Sementara untuk kerusakan sedang dan berat tergantung seberapa luas area kerusakan, tentunya ini untuk menjaga kualitas hasil yang sempurna. Bengkel ini juga menerima kendaraan yang memiliki asuransi, karena sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan asuransi.

Hino Workshop Jatake memiliki 14 bay termasuk 2 bay express maintenance. Didirikan diatas lahan seluas 1.920 meter persegi. Bengkel ini sekarang menjadi one stop solution service bagi kendaraan pelanggan Hino. Karena di workshop ini turut juga mengerjakan component overhaul seperti engine, transmisi, differential, steering, dan turbocharger. Dimana lead time disini, pekerjaan lebih efisien mencapai 40% bahkan jika memakai komponen link part yang tersedia bisa sampai 80% lebih efisien. Di workshop ini kami juga memiliki Line Brake Tester untuk memastikan performa sistem rem bekerja dengan baik dan aman.

Disampaikan Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer Director HMSI, Hino Workshop dengan body repair and painting facilities ini merupakan bengkel perbaikan dan pengecatan kendaraan dengan standar Hino pertama di Indonesia, dengan kelengkapan peralatan dan teknologi terbaru berstandar. Serta didukung dengan jaminan suku cadang asli dan material cat berkualitas yang siap melayani perbaikan untuk meningkatkan operasional bisnis konsumen.

 

Hino Support Corner


Dalam mendukung layanan purnajualnya, Hino menghadirkan total support yang mempermudah bisnis konsumen. Seperti booth Hino Connect Pada Total Support Corner, pengunjung dapat melihat dan mencoba layanan Hino Connect yang dihadirkan dalam touch panel. Hino Connect merupakan layanan telematic untuk efisiensi bisnis konsumen. Karena kendaraan terpantau, serta dapat menentukan area operasional dan analisa rute armada sehingga manajemen operasional dapat lebih baik.

Hino Connect juga memilki fitur driver management karena pengemudi termonitor dalam berkendara, membuat kendaraan aman dan operasional lancar, serta yang terpenting mencegah resiko kecelakaan. Fitur Hino Connect lainnya adalah vehicle management yang memungkinkan untuk pengaturan kendaraan serta pengingat servis, hal ini membuat kendaraan terus terjaga dan terawat yang meningkatkan harga jual kembali. Hino Connect hadir dengan interface yang mudah digunakan, dengan tampilan yang lebih simple. Hino Connect memiliki update fitur Live Traffic on Map yang sangat membantu dalam perjalanan.

Kemudian sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kepada pemerintah dalam penanganan Covid-19, Hino meluncurkan Flexicab untukmembantu para tenaga kesehatan dan pemerintah meratakan distribusi vaksin Covid -19. Basis produksinya mengandalkan Hino Dutro 11 SDBL. Tampilannya didesain khusus layaknya ambulans yang fungsinya sebagai mobil vaksin keliling. Hino Flexicab, mobil vaksin keliling dilengkapi dengan peralatan vaksinasi, yang siap menjangkau daerah daerah yang ada di Indonesia. Pada kendaraan tersebut berjenis microbus yang sudah dirakit secara utuh, baik sasis, mesin dan bodi. Inovasi ini memotong waktu tunggu pelanggan di karoseri. Dengan begitu, mobil segera bisa dimanfaatkan.

Selain itu, Hino bus juga menghadirkan Hino Bus R260. Kendaraan ini sangat cocok untuk mendukung bisnis transportasi di Indonesia seperti pariwisata atau angkutan antar kota dan provinsi. Hino Bus R260 ini punya bodi Avante H7 AB memiliki lapisan double glass yang diproduksi oleh karoseri Tentrem asal Malang, Jawa Timur. Tampilannya jadi lebih mewah, kekar dan terkesan tajam.

Bodi spesialnya juga diracik dari bahan aluminum. Hasilnya, bus ini diklaim lebiih ringan hingga 500 Kg. Efek sampingnya, tentu laju bus jauh lebih sigap dan berpotensi meningkatkan efisiensi bahan bakar. Makanya, RS60 juga memiliki keunggulan dari sisi electrical load safety. Selain itu, body aluminum juga sangat pas dengan program pemerintah yang menargetkan Zero Over Dimension and Over Loading (ODOL).

Aluminum tahan terhadap korosi sehingga lebih awet dan irit. Pun tampilan kerennya bisa bertahan untuk jangka waktu yang panjang. Dari sisi safety, Avante H7 AB punya pusat gravitasi rendah atau Lowest Center of Gravity. Penilaian ini sesuai dengan hasil pengujian Proven Roll Over Test UN ECE R66 yang digunakan untuk mengevaluasi efek pada keseimbangan kendaraan saat tabrakan atau gerakan melengkung tiba-tiba.

Kabin R260 dibikin mewah dengan model tempat duduk kombinasi untuk keluarga atau penumpang VVIP. Kemudian ada Air Purifier Cabin System yang menjaga kualitas udara dan mengurangi penyebaran virus atau bakteri.

Hino turut melengkapi armada bus mereka dengan teknologi terbaru yang disebut oil gallery. Ini merupakan lubang pelumasan yang berfungsi mendinginkan mesin sehingga oli tidak cepat habis atau overheat. Sebab, 50% panas yang dihasilkan dari piston akan ditransfer ke minyak pelumas. Makanya, R260 diklaim memiliki mesin yang lebih stabil dan adem, dan sangat aman melintasi jalur tol yang panjang seperti Trans Jawa atau Trans Sumatra.

BERITA TERKAIT

GIIAS 2021, Dorong Penjualan Suzuki

NERACA Tangerang - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut berpartisipasi pada ajang otomotif tahunan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS). Dengan…

Capaian Positif Mitsubishi Motors di Ajang GIIAS 2021

NERACA Jakarta – Partisipasi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS)…

Pertamina Dukung Kendaraan Listrik

NERACA Jakarta - Sebagai perusahaan yang melayani dan menyalurkan kebutuhan energi masyarakat, Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

GIIAS 2021, Dorong Penjualan Suzuki

NERACA Tangerang - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut berpartisipasi pada ajang otomotif tahunan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS). Dengan…

Capaian Positif Mitsubishi Motors di Ajang GIIAS 2021

NERACA Jakarta – Partisipasi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS)…

Pertamina Dukung Kendaraan Listrik

NERACA Jakarta - Sebagai perusahaan yang melayani dan menyalurkan kebutuhan energi masyarakat, Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading…