Penghargaan dunia terhadap batik Indonesia sangat membanggakan. Namun yang terpenting bagaimana kita melestarikan dan memetik keuntungan dari warisan budaya bangsa.
NERACA
Membangun kesadaran bersama terhadap budaya batik yang melekat sebagai identitas bangsa Indonesia memang tidak mudah, namun tidak mustahil dilakukan. Cara mudah memperkenalkan batik sebagai salah satu identitas bangsa adalah dengan mengenakan batik di pelbagai acara atau kesempatan.
Dalam sebuah perhelatan internasional, mengenakan pakaian batik akan mengidentikkan anda sebagai warga bangsa Indonesia. Pengenalan batik dapat pula dilakukan melalui para desainer Indonesia yang menggunakan batik sebagai bahan utamanya. Baik dalam pameran tekstil internasional, gerai batik dari Indonesia di mancanegara, ekspor batik dengan pengiriman tenaga ahli batik untuk memberikan pelajaran dan pengajaran tentang batik di luar negeri, penerbitan buku berbahasa Inggris tentang batik, pengenalan adanya industri dan wisata batik di Indonesia.
Batik sesungguhnya adalah modal untuk memperkenalkan sejarah dan filosofi batik kepada masyarakat. Edukasi budaya dari nilai filosofi batik dapat dilakukan dengan membawa batik ke sekolah baik dalam bentuk pelajaran intrakurikuler ataupun ekstrakurikuler.
Dengan upaya tersebut generasi muda khususnya pelajar menjadi mengenal batik secara lebih mendalam. Sehingga di masa depan batik tetap berjaya. Pameran batik yang digelar perlu lebih menekankan kepada pengenalan nilai sejarah batik, tidak hanya pengenalan sekilas tentang kain batik saja tanpa ada tindak lanjut yang lebih mendalam.
Sebuah sekolah mode tertua di Italia, bahkan tertarik memperkenalkan batik Solo Indonesia dengan memasukkan desain mode berbahan kain batik ke dalam kurikulum pelajarannya. Seperti diutarakan Direktur Artistik Koefia, Bianca Lami, yang mengenal batik hanya melalui internet.
“Saya tahu dari internet bahwa Solo merupakan ibukota batik. Di sini banyak industri batik, bahkan saya dengar ada kampung dengan nama batik. Saya ingin melihatnya secara langsung,” katanya.
Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan mengajarkan desain fesyen batik kepada siswanya selama tiga tahun. Hal ini dikarenakan pihaknya melihat batik sebagai warisan budaya dunia yang diakui Unesco dari Indonesia dan bisa menjadi tren fesyen baru nantinya. “Kami ingin mengembangkan fashion heritage. Ini sekaligus untuk menggabungkan budaya Solo dengan budaya Eropa. Saya kira hasilnya akan sangat bagus,” ungkapnya dalam sebuah website. Batik pun merambah sebagai bisnis pengetahuan.
Corak dan Desain
Untuk mengantisipasi perkembangan permintaan pasar, UMKM batik perlu menyiapkan pengembangan desain, kualitas, serta kedekatan secara emosional dengan selera pasar. Penghargaan atas gagasan dan karya desain harus ditingkatkan untuk memberi motivasi dan minat warga masyarakat dalam berinovasi untuk industri batik ini.
Pengamatan trend pasar yang cepat berubah perlu dilakukan sebagai bahan untuk menciptakan desain yang digemari pasar. Perlengkapan desain seperti software batik berbasis frakta juga perlu dioptimalkan untuk meningkatkan produktivitas desain batik.
Pengakuan batik ini akan mendorong pengajuan kekayaan budaya Indonesia lain kepada Unesco maupun lembaga lainnya. Masih banyak kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilindungi karena rawan untuk diklaim oleh pihak luar. Indonesia banyak memiliki warisan budaya yang patut dihargai.
Di Indonesia, tradisi membatik telah diturunkan dari generasi ke generasi. Dengan adanya pelbagai arti simbolis dalam wujud teknik, corak, proses pembuatan yang panjang, pemakaian secara khusus dalam berbagai upacara adat, hingga berada di area kekuasaan, seperti Keraton Solo dan Keraton Jogja, batik telah menjadi identitas yang memiliki makna dari kehidupan budaya bangsa Indonesia.
Pengembangan dan modifikasi batik dalam pelbagai bentuk dalam keperluan masyarakat juga telah banyak membantu memperkenalkan batik sebagai salah satu identitas bangsa. Batik tidak lagi hanya dipakai dalam bentuk busana, tetapi segala macam keperluan kehidupan untuk semua kalangan. Dengan demikian, batik sebagai identitas bangsa diharapkan tidak luntur begitu saja.
Dengan corak batik yang saat ini beragam, cantik, fresh, dan memenuhi selera kaum muda, generasi muda yang merupakan salah satu ujung tombak pelestarian batik dapat berbangga hati dengan batik. Bahkan batik juga sudah banyak yang digunakan sebagai atribut dalam kegiatan olahraga, seperti balap motor, balap mobil, basket, dan lain-lain yang sesuai dengan selera kaum muda. Apa pun bentuk pengembangan dan modifikasi yang dilakukan terhadap batik, kita patut berbangga hati dan terus mendukung. Dengan adanya kreativitas seperti itulah batik dapat lestari.
Yang lebih menarik, semakin tahun motif dan produk batik berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk terjun di bisnis perbatikan, perhatikan bila usaha batik sekarang tidak hanya memproduksi batik kain jarik saja, tetapi berkembang menjadi produk batik kaos, batik lukis, bahkan mengadakan kursus membatik serta membuka konsultasi untuk mahasiswa jurusan desain dan seni.
Atau bila tertarik untuk menjalankan usaha galeri batik, sasaran pasar yang bisa dibidik sangatlah luas. Misalnya saja seperti para wisatawan lokal maupun internasional yang ingin berbelanja kerajinan batik sebagai buah tangan, atau bisa juga membidik para wisatawan maupun masyarakat sekitar yang ingin mempelajari seni batik lebih jauh, contohnya dengan menawarkan jasa pelatihan membatik secara singkat.
Beberapa tahun terakhir banyak sekali perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk memakai baju batik meskipun hanya sehari dalam seminggu. Begitu juga kantor-kantor pemerintahan. Dengan Model baju batik modern yang beredar saat ini lebih digemari untuk dipakai anak-anak muda. Yang dulunya malu untuk memakai baju batik karena baju batik dianggap hanya untuk orang tua, justru saat ini dengan memakai baju batik diangggap mengikuti tren mode baju terkini.
Selain itu dengan memakai baju batik otomatis ikut melestarikan warisan budaya bangsa yang telah diakui dunia. Pelbagai desain baju batik terbaru pun bermunculan, seperti baju batik tulis madura, baju batik pekalongan, bolero batik, desain baju batik, desain batik modern, baju batik sarimbit, batik wallpaper desktop, baju batik solo modern, model baju kerja batik, gamis batik modern, batik sarimbit modern, kemeja batik pria, baju batik bandung, model gaun batik, model batik muslim, dan desain baju batik terbaru.
NERACA Jakarta - Penggunaan e-commerce di Indonesia terus mengalami lonjakan seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin mengandalkan…
NERACA Jakarta - PT Delifru Utama Indonesia ditunjuk sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mesin kopi asal Italia, La…
NERACA Jakarta - Produsen air mineral kemasan asal Bandung, Sierra meraih penghargaan di ajang Top Innovation Choice Awards 2025…
NERACA Jakarta - Penggunaan e-commerce di Indonesia terus mengalami lonjakan seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin mengandalkan…
NERACA Jakarta - PT Delifru Utama Indonesia ditunjuk sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mesin kopi asal Italia, La…
NERACA Jakarta - Produsen air mineral kemasan asal Bandung, Sierra meraih penghargaan di ajang Top Innovation Choice Awards 2025…