Setiap orang telah mendengar peringatan "bekerja lebih cerdas, tidak lebih keras," dan itu sebenarnya nasihat bijak. Etika kerja yang baik sangat penting, tetapi tidak peduli siapa Anda, Anda hanya memiliki 24 jam dalam sehari. Para pemimpin bisnis yang paling efektif telah belajar menggunakan setiap jam kerja mereka seefektif mungkin, yang sering berarti mencari cara yang lebih efisien untuk melakukan pekerjaan.
Ketika datang untuk menjalankan bisnis, melakukan hal-hal "lebih pintar" sama pentingnya. Agar tetap unggul dalam persaingan, Anda perlu melakukan lebih tinggi produktivitas, dan itu juga berarti Anda dapat melayani lebih banyak pelanggan dengan sumber daya yang lebih sedikit. Menemukan cara terbaik untuk melakukan sesuatu membutuhkan pemikiran kreatif.
Untuk memiliki bisnis yang “Smart" aias pintar dan mampu bersaing secara kreativitas, bias anda lakukan dengan 3 cara berikut:
1. Cerdas Tentang Pembangunan
Anda harus memperhatikan tempat Anda membangun bisnis. Bukan hanya memikirkan kepentingan kemajuan bisnis saja, namun bisnis Anda juga harus berpikiran smart. Dampak yang didapatkan masyarakat sekitar lingkungan Anda berbisnis juga harus dipikirkan.
Jadi, bukan hanya memajukan bisnis Anda, tetapi perkembangan lingkungan sekitar juga turut Anda pikirkan.
2. Turut Sertakan Teknologi yang Cerdas
Terkadang menjadi pintar berarti mengadopsi solusi teknologi. Kemajuan teknologi saat ini sudah tidak diragukan lagi. Hal itu dapat menjadi peluang bisnis Anda agar semakin maju dan tidak ketinggalan zaman tentunya. Misalnya, ketika UPS mencari cara untuk menjadi lebih efisien, ia menggunakan analisis canggih untuk menentukan rute pengemudi yang lebih pendek - penurunan kecil dalam jarak tempuh yang akhirnya menghasilkan 85 juta mil lebih sedikit yang didorong per tahun.
3. Tetapkan Tujuan SMART
SMART adalah akronim dari specific, measurable, attainable, relevant, and time-based. Jika tujuan tidak tercapai secara realistis, maka itu lebih seperti fantasi - jadi jaga aspirasi Anda di dalam akal. Sasaran yang relevan adalah sasaran yang akan mendorong bisnis Anda ke depan, dan apa pun tujuan Anda, Anda harus menetapkan garis waktu untuk mencapainya. Pemimpin yang cerdas menetapkan tujuan tidak hanya untuk bisnis mereka tetapi juga bagi karyawan mereka untuk bekerja ke arah yang lebih maju.
Dalam bisnis, solusi yang lebih cerdas dapat berarti banyak hal. Ini bisa menjadi cara yang lebih efisien untuk menghasilkan produk, cara yang lebih baik untuk mengelola hubungan pelanggan, atau cara yang lebih cepat untuk melayani konsumen. Akan sulit untuk melepaskan diri dari proses-proses yang telah menjadi rutinitas, tetapi berfokus pada praktik-praktik cerdas datang dengan manfaat yang signifikan, dan mungkin itu adalah hal yang melontarkan bisnis Anda ke tingkat yang lebih kedepan.
NERACA Jakarta - PT Delifru Utama Indonesia ditunjuk sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mesin kopi asal Italia, La…
NERACA Jakarta - Produsen air mineral kemasan asal Bandung, Sierra meraih penghargaan di ajang Top Innovation Choice Awards 2025…
NERACA Jakarta - Saat ini, inovasi bukan lagi menjadi pilihan namun sudah menjadi kunci utama di tengah dinamika pasar.…
NERACA Jakarta - PT Delifru Utama Indonesia ditunjuk sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mesin kopi asal Italia, La…
NERACA Jakarta - Produsen air mineral kemasan asal Bandung, Sierra meraih penghargaan di ajang Top Innovation Choice Awards 2025…
NERACA Jakarta - Saat ini, inovasi bukan lagi menjadi pilihan namun sudah menjadi kunci utama di tengah dinamika pasar.…