Profesional Untuk Kepuasan Costumer - CEO PT Reza Karya Utama (RKU): ERI FONDA

Neraca. Experience is the best teacher (pengalaman adalah guru terbaik), begitu melekat pada sosok Eri Fonda, CEO PT Reza Karya Utama (RKU), sebuah perusahaan yang bergerak dibidang rental heavy equipment dan transporter project cargo yang telah berpengalaman hingga 20 tahun.

“Kami mulai dari nol,” ungkap Fonda, akrab ia disapa. Dan kini, Reza Karya Utama telah mampu tumbuh dan berkembang menjadi salah satu transporter pelbagai project cargo terhandal di Indonesia.

Kepiawaiannya mengentaskan persoalan seputar alat berat dan transportasi cargo, memang sarat ditempa pengalaman. “Sejak berusia 18 tahun, saya sudah diperkenalkan ayah seputar alat berat,” ungkap Fonda.

Ia berkisah, sejak dibangku SMAN di Bilangan Jakarta Utara, dirinya sudah mampu menghasilkan uang dari hasil keringatnya sendiri, “Kadang membawa forklift mengangkut barang di Pelabuhan, hingga tengah malam,” ungkapnya tersenyum mengingat. Tak pelak, ketika masuk sekolah di pagi hari, rasa kantuk tak kuasa ia tahan dan beruntung beberapa guru paham dengan aktifitasnya.

Perjalanan hidupnya memang tak lepas dari sang ayah, H Zainuri yang memperkenalkan dunia alat berat sejak masih belia. Seperti yang diingatkan sang ayah, bahwa “Jadilah seorang pemimpin meski dalam lingkup yang kecil,” telah memotivasi dirinya untuk berusaha mampu secara mandiri dan tetap berkiprah andil mendorong pembangunan di seluruh Indonesia melalui rental heavy equipment dan transporter project cargo dibawah bendera Reza Karya Utama.

Ia memandang, pembangunan yang gencar dilakukan bangsa Indonesia, baik konstruksi, infrastruktur, maupun proyek lainnya dipelosok negeri, patut didukung dan didorong terutama oleh kalangan generasi muda. “Berusahalah sesuai bidang dan keahliannya masing-masing. Saya yakin, banyak anak muda yang memiliki jiwa enterprenuer yang mampu memberi kontribusi bagi kemajuan bangsa kita,” ungkapnya.

Kini dengan visi RKU untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa dengan totalitas, dan misinya menyediakan pelayanan satu atap, “one stop services,” untuk seluruh moda transportasi yang dibutuhkan pengguna jasa Reza Karya Utama, ia yakin mampu memberi kontribusi bagi negeri.

“Kami akan aplikasikan seluruh pengalaman dan keahlian dalam menangani semua kebutuhan transportasi, alat berat serta muatan kargo secara aman, cepat dan profesional dengan layanan 24 jam,” ujarnya.

Fonda menilai, bila kemitraan dan kepercayaan adalah sebuah kunci kesuksesan, “Dengan menjalin kemitraan yang terbangun harmonis, Kami mampu memahami dan menanggapi setiap kebutuhan pengguna jasa secara cepat, efektif dan efisien,” ujarnya.

“Kami selalu meluangkan waktu untuk bekerja secara dekat dengan setiap pengguna jasa untuk mendapatkan strategi pengangkutan yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik masing-masing usaha pengguna jasa RKU. Semua dilaksanakan dengan tujuan memberi pelayanan yang terbaik bagi para pengguna jasa RKU,” jelasnya.

Perhatian yang berkesinambungan juga merupakan nilai yang penting bagi RKU, terutama bagi sejumlah staf yang memiliki kapasitas keahlian masing-masing untuk berkontribusi memperkuat kemampuan perusahaan sehingga RKU mampu memenuhi semua kebutuhan pengguna jasa. “Kami selalu memperhatikan kualitas, mutu pelayanan dan kepercayaan pelanggan,” ungkap CEO dengan motto perusahaan, “Kepuasan Anda adalah Reputasi Kami,” ini menerangkan.

“Prospek bisnis rental heavy equipment dan transporter project cargo dimasa mendatang masih sangat cerah,” jelas Fonda, karena itu RKU memahami persaingan diantara usaha sejenis, “Kami siap dengan harga yang kompetitif, dan tetap memberikan pelayanan yang terbaik demi kepuasan pengguna jasa RKU,” ujarnya.

Dalam menuntaskan tanggungjawab pekerjaan yang dipercayakan oleh para pengguna, jelas Fonda, RKU akan mempersiapkan langkah dan strategi pencapaian target pekerjaan dengan perhitungan yang matang, “Kami hampir tidak mengenal trouble yang berarti. Karena sebelum melaksanakan setiap pekerjaan, kami perhitungkan secara cermat tingkat kesulitan dan kemungkinan yang mungkin terjadi dengan solusi dan antisipasi yang sudah kami siapkan,” ujarnya mantab.

Bahkan tak jarang sejumlah costumer bahkan kompetitor memintanya memberi pendapat terhadap persoalan yang terjadi dilapangan. Dalam bisnis ini, kata Fonda, saya selalu menganggap semua pekerjaan yang dilakukan manusia ada jalan keluarnya, begitupun bila ada rekan atau mitra yang meminta saran atau solusi dari sebuah masalah dilapangan.

“Saya tak segan memberi pendapat, karena profesionalisme tak bisa tumbuh secara instan. Profesionalisme akan terus ditempa oleh waktu, karena itu, pengalaman seputar peralatan berat, dan transporter project cargo, adalah guru yang sangat tepat dalam menunjukan hasil kerja kita secara profesional,” ungkapnya.

Suksesnya sebuah pekerjaan memang tidak hanya diukur dari pengalaman dan keahlian yang dimiliki, karena faktor terpenting lainnya adalah menjalin hubungan yang erat dengan banyak pihak. Termasuk otoritas daerah dilokasi project. “Kita harus dapat menjalin hubungan yang baik dengan otoritas daerah, termasuk kontraktor yang berada didaerah,” ungkapnya.

Karena itu, bila sedang mengerjakan sejumlah project disejumlah daerah di Seluruh Indonesia, ia mengajak kontraktor lokal maupun tenaga dari masyarakat setempat untuk andil membantu, “Ini wujud pemberdayaan sumber daya manusia di daerah, sehingga kita dapat mentransformasikan pengetahuannya seputar alat berat dan cara pengangkutannya,” ujarnya.

Related posts