Garda Oto Raih Predikat Merek Pilihan

Kepuasan Pelanggan

Senin, 03/11/2014

NERACA

Jakarta - Garda Oto dari Asuransi Astra menerima dua penghargaan sekaligus dalam dua ajang bergengsi Indonesian Customer Satisfaction Award dan Otomotif Choice Award. Dalam penghargaan pertama, Garda Oto dianugerahi sebagai asuransi mobil yang berhasil memberikan kepuasan kepada pelanggan. Sementara dalam penghargaan kedua, Garda Oto mendapatkan penghargaan produk aftermarket terbaik kategori asuransi mobil.

Santosa,Chief Executive OfficerAsuransi Astra, mengaku gembira usai secara langsung menerima penghargaanIndonesian Customer Satisfaction Award(ICSA). “kedua anugerah ini adalah respons baik dari masyarakat yang harus terus ditingkatkan melalui penyempurnaan layanan yang memudahkan," katanya di Jakarta, pekan lalu.

Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) adalah penghargaan yang diselenggarakan oleh majalah SWA dan diberikan kepada perusahaan yang berhasil memberi kepuasan kepada konsumen. Dalam surveinya, majalah SWA bersama lembaga riset Frontier melibatkan 7500 responden berusia 15-65 tahun dari enam kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Para responden diukur tingkat kepuasannya terhadap merek yang pernah mereka gunakan melalui empat parameter, yaitu kepuasan terhadap kualitas produk/jasa (Quality Satisfaction Score), kepuasan terhadap harga yang mereka bayar (Value Satisfaction Score), keyakinan pelanggan bahwa merek yang mereka gunakan adalah merek terbaik (Perceived Best), dan harapan pelanggan terhadap suatu merek akan kemampuannya dalam memberikan kepuasan di masa mendatang (Expectation Score).

Dari keempat parameter tersebut, Garda Oto mendapat nilai Total Satisfaction Score sebesar 4,195 atau yang terbaik di kategori asuransi mobil. Di tempat lain, Garda Oto dianugerahi Otomotif Choice Award, sebuah penghargaan untuk produk dan jasa aftermarket di industri otomotif yang diberikan oleh Tabloid Otomotif.

Dalam ajang ini, tim riset Kompas Gramedia melakukan survei terhadap 1.012 orang di Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya dengan aspek penilaian meliputi unique selling point, edukasi, kemudahan didapat, testimoni, dan harga.

Adapun survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dan dilangsungkan dalam kurun waktu Agustus hingga September 2014. Keberhasilan Garda Oto dalam kedua penghargaan bergengsi ini tentunya memperlihatkan bahwa Garda Oto diakui kualitasnya oleh industri otomotif dan bisnis sekaligus. [ardi]