Citi Peka Kucurkan Dana CSR US$ 900.000 ke LSM - Fokuskan Pendidikan Keuangan dan Usaha Mikro di Indonesia

NERACA

Citi Indonesia melalui Citi Peka mengucurkan dana senilai US$ 900.000 kepada lima lembaga swadaya masyarakat (LSM). Kerjasama di bidangCorporate Social Responsibility(CSR) ini merupakan inisiatif Citibank dalam memperluas jangkauan kegiatan pengembangan kemasyarakatan di Indonesia.

Lima LSM yang menjadi mitra Citi Indonesia sebelumnya telah fokus melakukan kegiatan yang bergerak di bidang kewirausahaan serta pendidikan keuangan.KelimaLSM tersebutadalah Yayasan Mitra Mandiri Indonesia, UKMC – FEUI, Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW), Yayasan Ladang Media, dan Plan Indonesia.

“Citi Indonesia terus fokus dalam menjalankan komitmennya untuk berperan aktif dalam pertumbuhan ekonomi dan pengembangan sumber daya manusia Indonesia. Penandatangan kerja sama dengan kelima LSM ini merupakan salah satu langkah penting dalam upaya Citi Indonesia untuk mewujudkan komitmen tersebut,” ungkap Citi Country OfficerTigor M. Siahaan.

Citi Peka (PEduli dan berKArya) merupakan unit di Citibank Indonesia yang bertujuan untuk mengelola kegiatan CSR di Indonesia. Dalam mengelola program kemasyarakatannya, Citi Peka memiliki kemandirian dan memperoleh dukungan dana langsung dari Citi Foundation New York. Adapun program kemasyarakatan yang diusung oleh Citi Peka tahun ini adalah: 1) pendidikan pemuda dan kesejahteraan, 2) kapabilitas keuangan dan kepemilikan aset, 3) keuangan mikro, dan 4) pengembangan usaha.

“Pelaku usaha mikro merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, namun pelaku usaha mikro masih membutuhkan dampingan dan arahan. Tahun ini merupakan tahun ke-9 Citi Indonesia hadir untuk memberikan pendampingan dan pengarahan yang dapat diserap dan dapat secara langsung mendorong kemajuan usaha-usaha mikro tersebut,” ungkapSisdjiatmo K. Widhaningrat, kepala UKM Center – FEUI.

Sejak tahun 2004, Citi Peka telah menerima anggaran lebih dari USD7.055.620 (sekitar Rp85,5 miliar) untuk membantu 15 kegiatan yang diperkirakan telah menjangkau lebih dari750.000masyarakat di berbagai daerah seperti Aceh, Riau, Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan berbagai daerah lainnya. Dana sebesar US$900.000 (sekitar Rp10,9 miliar) yang akan dikucurkan untuk pelaksanaan program kemasyarakatan sepanjang tahun 2014 mengalami peningkatan dibandingkan dana yang dikucurkan pada tahun 2013 (US$860.000).

Dalam mengelola program kemasyarakatan, Citi Peka juga mendorong partisipasi aktif karyawan Citibank yang dikenal dengan ‘Citi Volunteers’dalam berbagai kegiatannya. PartisipasiCiti Volunteersdalam kegiatan-kegiatan Citi Peka didata dengan cermat dan akan mendapat pengakuan dari manajemen Citi Indonesia.

“Program pendidikan keuangan dini yang kami jalankan bersama Citi Indonesia dan Teater Koma sudah memasuki tahun ke-7. Kesuksesan Agen Penny selama 7 tahun ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras dan ketekunan Citi Volunteers serta dukungan dari Citi Indonesia melalui Citi Peka,”kata Executive Directordari Yayasan Mitra Mandiri Indonesia, Gino Latief Sn.

Endang Sri Rahayu, chair of board Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) menambahkan, “Kami sangat menyambut baik komitmen Citi dalam memberikan pendidikan keuangan terutama bagi wanita, dan antusias sekali melihat banyaknya keluarga yang terbantu karena adanya program pendidikan keuangan yang sangat aplikatif.”

“LSM yang bekerja sama dengan Citi merupakan LSM yang aktif dalam menjalankan program kemasyarakatan dengan fokus dan keahlian yang berbeda,” ungkap Corporate Affairs Director Citi IndonesiaAgung Laksamana, menambahkan. Menurut dia, dengan kerjasama tahun ini, akan ada lebih banyak lagi masyarakat yang terbantu dan menerima manfaat langsung dari program-program ini.

Pada saat yang bersamaan, Citi Indonesia juga menginformasikan program sosial yang berjalan sehubungan dengan bencana banjir dan gunung meletus yang sedang melanda negara kita. Bekerja sama dengan Yayasan HOPE Indonesia, Citi akan menyediakan dukungan bagi korban bencana banjir di Manado melalui program penyediaan air bersih dan kegiatan kebersihan bagi warga. Citi Indonesia juga akan membangun sarana kegiatan anak dan keluarga berupa perpustakaan kecil dan kegiatan sehubungan dengan pendidikan yang berlokasi di tempat pengungsian bencana gunung meletus Sinabung. Citi Indonesia dan Yayasan Hope Indonesia juga akan memberikan bantuan dan sarana kesehatan bagi pengungsi yang terdapat di beberapa area terkena bencana banjir di Jakarta.

Related posts