Ingin Menginspirasi Banyak Orang - Andri Daulay, Managing Director NLP Leaders Indonesia

\"Dunia akan semakin lebih baik karena orang sukses selalu melihat potensi terbaik dalam diri semua orang disekitar dirinya. Dan mereka selalu memberi yang terbaik pada dunia tentang bagaimana menggapai sukses\". Demikian ungkap penulis Ralph Waldo Emerson, yang telah menghasilkan 1500 literatur. Ungkapan ini melekat pada diri, Andri Daulay, Managing Director NLP Leaders Indonesia.

NLP (Neuro-Linguistic Programming) adalah sebuah metode bagaimana individu dapat melakukan seluruh aktifitasnya secara sempurna dengan mempelajari model human excellence. Saat ini Andri Daulay adalah satu dari hanya segelintir orang di Indonesia yang memiliki International Licensed NLP Trainer dari The Society of NLP USA yang dibimbing langsung oleh Richard Bandler sang co-creator NLP.

Andri, sapaan akrabnya, memang seorang konsultan dan trainer yang mahir mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia dengan memahami kualitas diri. Andri menjelaskan bila tahapan NLP diurai menjadi tiga bagian. “Neuro yang merujuk pada otak atau pikiran. Yaitu bagaimana kita mengorganisir pikiran dan mental kita,” ungkapnya.

Seperti proses neurologis, dari melihat, mendengar, merasakan, menghirup dan perabaan, yang kemudian membentuk pengalaman, belief, meta-model dan lain-lain. Kemudian liguistic berarti bahasa. Bagaimana kita menggunakan bahasa tersebut untuk menciptakan makna dan pengaruh tertentu pada pikiran dan kehidupan manusia. \"Seperti cara kita menggunakan bahasa untuk mempresentasikan, mengorganisasikan pengalaman dan mengkomunikasikannya dengan orang lain,\" ujar dia..

Dan programming yaitu urutan proses mental yang berpengaruh atas perilaku manusia dalam mencapai tujuan tertentu. Artinya, bagaimana kita melakukan modifikasi atas proses mental tersebut. \"Programming merujuk pada strategi dan teknik yang digunakan untuk mengorganisasikan proses internal yang pada akhirnya akan membawa hasil akhir,\" tegasnya.

Karena itu NLP dimulai dengan mempelajari komunikator terbaik dan telah berubah menjadi pelajaran komunikasi antar manusia yang sistematis. “NLP bahkan telah berkembang dengan bertambahnya berbagai sarana dan metode praktis yang dihasilkan dari memodelkan orang-orang yang luar biasa,” jelas penggemar photografi dan olahraga golf ini.

Andri menjelaskan bila sebenarnya metode NLP merupakan sebuah tool dalam mengendalikan diri dan membentuk pola pikir. Dan pada akhirnya dapat membentuk sikap dan kepribadian seseorang dalam menyikapi berbagai hal.

“NLP adalah cara memprogram pikiran dengan kata-kata yang selanjutnya dapat membentuk pola hidup dan perilaku seseorang,” ungkap bapak dua orang putra, Thoriq (11) dan Rizqy (8) ini.

Lulusan Universitas Andalas - Padang Sumatera Barat ini, memang sarat pengalaman. Secara profesional, Andri menggeluti dunia sales marketing, training and development serta manajemen sumberdaya manusia lebih dari 15 tahun, hingga ia memutuskan untuk mendirikan NLP Leaders Indonesia. Saat ini Andri adalah satu-satunya Approved Coach untuk Mind Gym International di Indonesia.

Related posts