MENDAG ZULKIFLI HASAN BERI SINYAL: - TikTok Boleh Gabung Bersama Tokopedia

Jakarta-Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, TikTok Shop diperbolehkan untuk bergabung bersama PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO). "Ya boleh kerja sama. Kalau kerja sama kan boleh saja," ujarnya media saat ditemui di Hotel The St Regis, Jakarta, Rabu (6/12). Sebelumnya dikabarkan perusahaan asal Tiongkok, ByteDance Ltd, pemilik TikTok telah mencapai kesepakatan untuk berinvestasi di salah satu unit GoTo Group di Indonesia dan bekerja sama dalam layanan belanja online Tokopedia.

NERACA

Zulhas mengatakan pihaknya tidak melarang perusahaan luar untuk bergabung ke perusahaan lokal. Ia mengingat bahwa perusahaan luar harus menaati peraturan yang sudah diatur bersama. "Jadi kita tidak melarang tapi minta mengatur dan menata, siapapun yang memenuhi aturan ketentuan yang sudah kita atur bersama silahkan saja," imbuhnya.

Alih-alih menggabungkan antar kedua perusahaan, Zulhas mengakui dirinya tidak menerima izin baru atas TikTok yang ingin membuka e-commerce baru di Indonesia. "Izin baru? Kalau izin baru nggak ada ngurus izin baru (TikTok) kerja sama kan bisa. Misalnya lokal boleh," ujar Zulhas seperti dikutip Liputan6.com..

Sebelumnya dikabarkan perusahaan asal Tiongkok,ByteDance Ltd, pemilik TikTok dan TikTok Shop telah mencapai kesepakatan untuk berinvestasi di salah satu unit GoTo Group di Indonesia dan bekerja sama dalam layanan belanja online Tokopedia.

Mengutip Yahoo Finance, Rabu (6/12), layanan video asal Tiongkok ini telah setuju secara luas untuk bekerja sama dengan Tokopedia milik GoTo di beberapa wilayah daripada bersaing langsung dengan platform Indonesia. Kerja sama ini bertujuan untuk mengumumkan rincian kerjasama itu secepatnya pada minggu depan, menurut sumber tersebut, dan meminta untuk tidak disebutkan namanya untuk mengungkapkan kesepakatan sebelum diresmikan.

Diketahui saham GoTo menghapus penurunan pagi hari hingga naik setinggi 5% di Jakarta. Meskipun kedua perusahaan telah mencapai kesepakatan informal, rincian akhir dari aliansi tersebut sedang diselesaikan dan dapat berubah sebelum diumumkan, kata sumber tersebut. Perjanjian tersebut juga masih harus menunggu persetujuan peraturan dan masih bisa gagal, menurut mereka.

Investasi di Tokopedia akan menjadi investasi pertama bagi TikTok Shop, cabang layanan video ByteDance yang berkembang pesat dan membuat terobosan dalam belanja online dari Amerika hingga Eropa. 

Kini, kerja sama dengan operator lokal yang cerdas dapat menjadi model bagi TikTok dalam melakukan ekspansi di pasar lain seperti Malaysia, di mana pemerintah telah mengisyaratkan kesediaannya untuk meninjau kembali pengaruh pemain luar negeri seperti TikTok.

Sebelumnya Bloomberg News melaporkan bulan lalu bahwa TikTok dan GoTo sedang mendiskusikan potensi investasi tetapi opsi lainnya adalah usaha patungan. Hal ini mungkin memerlukan pembangunan platform e-commerce baru.

Tujuan utama ByteDance adalah menghidupkan kembali layanan belanja online di arena ritel terbesar di Asia Tenggara. TikTok, satu-satunya platform yang langsung terkena dampak peraturan baru di Jakarta, telah menghentikan belanja online untuk mematuhi pembatasan.

Sekadar informasi, perusahaan asal Tiongkok di bawah ByteDance ini diketahui memiliki 125 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia. TikTok pun kini mencari cara untuk mengubah basis pengguna yang besar ini jadi salah satu sumber pendapatan dari bisnis e-commerce.

Menyoal sedang mengurus perizinan e-commerce di Tanah Air, pihak TikTok belum memberikan komentar. Namun, beberapa waktu lalu TikTok dikabarkan menjalin perbincangan dengan lima e-commerce besar di Indonesia untuk bisa bermitra, demi menghadirkan kembali TikTok Shop di dalam negeri. Sejumlah e-commerce yang disebut telah berbincang TikTok antara lain adalah Tokopedia, Bukalapak, sampai Blibli.

 Indonesia merupakan pasar pertama dan terbesar bagi TikTok Shop. Perusahaan ini memulai layanannya di Indonesia pada tahun 2021 dan kesuksesan instannya di kalangan pembeli muda yang menyukai video mendorongnya untuk berekspansi ke pasar lain termasuk Amerika Serikat.

Bagi GoTo, perusahaan internet terbesar di Indonesia, kesepakatan dengan TikTok bisa berisiko karena akan membantu pesaing ritel online besarnya untuk beroperasi di negara tersebut. Namun hal ini juga akan memberikan GoTo mitra media sosial global yang kuat dalam sebuah perjanjian yang dapat meningkatkan volume belanja, logistik dan pembayaran untuk kedua perusahaan.

Chief Executive Officer Patrick Walujo, yang mengambil alih pada bulan Juni, mencoba membawa GoTo ke profitabilitas berdasarkan penyesuaian pada akhir tahun untuk menunjukkan bahwa perusahaan ride-hailing dan e-commerce ini memiliki potensi jangka panjang. 

Mitra pengelola pemegang saham Northstar Group melanjutkan kampanye pendahulunya untuk mengurangi kerugian dengan memangkas lapangan kerja, memotong promosi, dan memperketat kontrol pengeluaran.

TikTok telah berupaya melibatkan pejabat pemerintah dan perusahaan media sosial lainnya untuk mencari cara memulai kembali operasi e-commerce di negara tersebut. 

Indonesia adalah salah satu negara pertama di Asia Tenggara yang melakukan perlawanan terhadap TikTok. Mengatasi konflik ini akan menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan karena pemerintah di seluruh dunia menilai bagaimana negara terbesar di Asia Tenggara ini bergerak untuk mengekang kehadiran e-commerce raksasa media sosial yang sedang berkembang ini. TikTok mengatakan beberapa bulan sebelumnya bahwa mereka akan menginvestasikan miliaran dolar ke wilayah tersebut.

 Menyusul pembatasan yang diberlakukan di Indonesia, negara tetangga Malaysia mengatakan pihaknya sedang mempelajari kemungkinan meregulasi TikTok dan operasi e-commerce-nya. Pemimpin media sosial ini sudah menghadapi kemungkinan larangan dan pengawasan di negara-negara seperti AS, Eropa, dan India karena masalah keamanan nasional.

Tunduk Aturan Indonesia

Sebelumnya Mendag Zulkifli Hasan menegaskan bahwa TikTok Shop bisa kembali beroperasi di Indonesia asalkan perusahaan tersebut tunduk pada peraturan yang berlaku di Indonesia.

Seperti diketahui, TikTok Shop dikabarkan akan beroperasi kembali di Indonesia dengan berkolaborasi dengan salah satu e-commerce lokal. “Asal sesuai aturan boleh, kita tidak anti asing diatur yang penting ditata, agar bisa mendukung UMKM kita mengembangkan pasarnya bahkan hingga internasional ekspor,” ujar Zulkifli usai acara pengukuhan guru besar di Bidang Ilmu Sosial Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Rabu (29/11).

Dia pun menyoroti pentingnya kolaborasi tersebut untuk mendukung UMKM lokal tanpa merugikan UMKM Indonesia. "Kalau itu terjadi, TikTok Shop harus mampu mendukung UMKM lokal, bukan malah menjadi ancaman bagi UMKM Indonesia. Produk-produk UMKM kita harus masuk ke platform digital yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia dan luar negeri," ujarnya.  

Sebelumnya, aplikasi video pendek TikTok kini tengah dalam proses mendapatkan izin operasional sebagai e-commece dari pemerintah Indonesia. Dengan begitu, nantinya TikTok Shop yang sempat dilarang pada September lalu bisa kembali beroperasi.

TikTok Shop sebelumnya dilarang beroperasi di Indonesia karena dinilai tidak mengantongi izin e-commerce. "Sebelumnya mereka (TikTok) tidak patuh, mereka tidak memiliki izin e-commerce. Kini, TikTok tengah mengurusnya," kata Wakil Mendag Jerry Sambuaga, Rabu (29/11).

Wamendag Jerry mengatakan, TikTok bisa melakukan kemitraan dengan perusahaan lokal asal sesuai dengan regulasi. Pelarangan transaksi di TikTok Shop ini pun disebut-sebut jadi pukulan buat TikTok. Pasalnya platform ini telah mengguyurkan investasi miliaran dolar di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. bari/mohar/fba

BERITA TERKAIT

BERBEDA DENGAN BPJS KESEHATAN - KRIS Memiliki 12 Kriteria Layanan Pasien

Jakarta-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan terdapat beda pelayanan antara kelas rawat inap standar (KRIS) dengan kelas layanan 1,2, dan 3 BPJS Kesehatan.…

Amin Rais : IKN Berpotensi Jadi Proyek Mangkrak

NERACA Jakarta - Ibu Kota Nusantara (IKN) masih ramai menjadi pembicaraan publik. Seminggu terakhir, banyak bermunculan berita kurang mengenakkan tentang…

MESKI BANYAK PIHAK BELUM SETUJU: - BP Tapera Siap Potong Gaji Pekerja Mulai 2027

Jakarta-Meski banyak pihak belum setuju terkait dengan persyaratan dan gaji pekerja, program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) akan tetap dijalankan pada…

BERITA LAINNYA DI Berita Utama

BERBEDA DENGAN BPJS KESEHATAN - KRIS Memiliki 12 Kriteria Layanan Pasien

Jakarta-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan terdapat beda pelayanan antara kelas rawat inap standar (KRIS) dengan kelas layanan 1,2, dan 3 BPJS Kesehatan.…

Amin Rais : IKN Berpotensi Jadi Proyek Mangkrak

NERACA Jakarta - Ibu Kota Nusantara (IKN) masih ramai menjadi pembicaraan publik. Seminggu terakhir, banyak bermunculan berita kurang mengenakkan tentang…

MESKI BANYAK PIHAK BELUM SETUJU: - BP Tapera Siap Potong Gaji Pekerja Mulai 2027

Jakarta-Meski banyak pihak belum setuju terkait dengan persyaratan dan gaji pekerja, program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) akan tetap dijalankan pada…