Pacu Bisnis Mobil Bekas - Astra Resmi Akuisisi 100% Saham OLX

NERACA

Jakarta – Raup ceruk pasar penjualan mobil bekas yang tengah mengalami tren pertumbuhan, PT Astra International Tbk (ASII) resmi menyelesaikan akusisi PT Tokobagus (OLX Indonesia). Dengan akuisisi ini, Astra memiliki 100% saham OLX melalui melalui anak usahanya PT Astra Digital Mobil sebesar 99,98% dan PT Astra Digital Internasional sebesar 0,02%. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Sebagai pionir platform iklan baris digital di Indonesia, OLX memiliki basis pengguna yang luas dan ekuitas merek yang kuat, menjadikannya pilihan utama konsumen di Indonesia. Akuisisi ini diharapkan akan melengkapi ekosistem digital Grup Astra yang sudah ada dengan platform iklan baris digital dan mendorong inovasi, memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Hasil kajian Google, Temasek, Bain & Company (2022) menunjukkan bahwa nilai ekonomi digital Indonesia pada tahun 2022 tercatat sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara, yakni sebesar US$77 miliar, dan diperkirakan mampu mencapai US$ 130 miliar pada 2025. Selain itu, 40% pangsa pasar ekonomi digital Asia Tenggara berada di Indonesia.

Kata Direktur Astra Internasional (ASII) Gidion Hasan mengatakan, mengakselerasi transformasi digital merupakan salah satu langkah yang ditempuh Astra untuk menjadi perusahaan yang berkelanjutan. “Akusisi ini diharapkan mampu memperkuat ekosistem digital Grup Astra, menawarkan solusi menyeluruh bagi pelanggan serta semakin mendorong kemajuan industri otomotif di Indonesia,” ungkap Gidion.

Chief Executive Officer OLX Grup Lydia Ventura Paterson mengaku senang telah mencapai kesepakatan untuk menjual platform iklan baris digital OLX di Indonesia kepada Astra. Pihaknya  telah berhasil membangun platform iklan baris digital OLX  menjadi salah satu platform terkemuka di Indonesia.

Pihaknya percaya bahwa kehadiran Astra yang kuat dan pemahaman yang mendalam tentang pasar Indonesia menjadikan Astra sangat cocok untuk mengelola dan meningkatkan pengalaman pengguna serta mendorong pertumbuhan bisnis OLX.“Kami yakin bahwa platform iklan baris digital OLX berada di tangan yang tepat, dan Astra akan membawa iklan baris digital OLX ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Lydia.

Selain itu, sebagai bagian dari Grup Astra, OLX akan mulai dengan identitas barunya dan hadir sebagai Trade-In Partner di GIIAS 2023 dengan berkolaborasi bersama Astra Financial. Untuk menyambut antusiasme pengunjung GIIAS 2023, Astra yang mengusung tema ‘Trade-in to The Future’ menawarkan cashback hingga Rp6,6 juta dengan penilaian wajar berdasarkan kondisi kendaraan. Pengunjung GIIAS juga dapat menerima penawaran harga dalam waktu 1 jam.

Sejalan dengan inisiatif pengembangan strategi bisnisnya, Grup Astra berkomitmen untuk memberikan transisi yang mulus dan memastikan kelangsungan layanan bagi pengguna platform iklan baris digital OLX. Sinergi antara bisnis iklan baris digital OLX dan ekosistem digital Grup Astra siap mengantarkan era baru yang dapat memberikan seamless experience, inovasi, dan memenuhi kebutuhan serta harapan pelanggan.

 

BERITA TERKAIT

Ratusan Gerai Tutup - TGUK Telan Pil Pahit Pelemahan Daya Beli

NERACA Jakarta – Menurunnya daya beli masyarakat memberikan dampak berarti terhadap pelaku usaha dan industri ritel, termasuk Food and beverage…

Sesuaikan Dinamika Pasar - Cita Mineral Targetkan Produksi Bauksit 4,7 Juta Ton

NERACA Jakarta – Kejar pertumbuhan bisnisnya, PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) menargetkan produksi bauksit pada tahun 2025 di kisaran 4,7 juta…

Bidik Pertumbuhan Pendapatan - HELI Tambah Armada Baru Senilai Rp10 Miliar

NERACA Jakarta  -Pacu pertumbuhan bisnisnya, PT Jaya Trishindo Tbk (HELI) melalui anak perusahaannya, PT Komala Indonesia menambah armada berupa satu…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Ratusan Gerai Tutup - TGUK Telan Pil Pahit Pelemahan Daya Beli

NERACA Jakarta – Menurunnya daya beli masyarakat memberikan dampak berarti terhadap pelaku usaha dan industri ritel, termasuk Food and beverage…

Sesuaikan Dinamika Pasar - Cita Mineral Targetkan Produksi Bauksit 4,7 Juta Ton

NERACA Jakarta – Kejar pertumbuhan bisnisnya, PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) menargetkan produksi bauksit pada tahun 2025 di kisaran 4,7 juta…

Bidik Pertumbuhan Pendapatan - HELI Tambah Armada Baru Senilai Rp10 Miliar

NERACA Jakarta  -Pacu pertumbuhan bisnisnya, PT Jaya Trishindo Tbk (HELI) melalui anak perusahaannya, PT Komala Indonesia menambah armada berupa satu…

Berita Terpopuler