Kantar Indonesia Rilis Deretan Iklan Ramadan 2021 yang Paling Disukai

Kantar Indonesia merilis hasil survei yang dilakukan kepada 1.000 konsumen untuk mengidentifikasi iklan ramadan mana yang paling disukai. Lewat program Most Loved Ramadan Ads 2021, kantar Indonesia ingin memahami bagaimana iklan-iklan tersebut terlihat menonjol dan terkoneksi secara dalam dengan konsumen.

Hasil menunjukkan bahwa di Ramadan 2021 ini, iklan dengan pelintiran cerdas dan menarik yang dikombinasikan dengan ide-ide yang berani, imaginatif, dan dekat dengan hati konsumen terlihat menonjol. Maka dari itu, Kantar Indonesia mempersembahkan penghargaan ‘Most Loved’ Indonesian Ramadhan Ad pada webinar pada 13 Juli lalu.

Grab memenangkan penghargaan sebagai iklan Ramadan ‘Most Loved’ dan ‘Most Unique’ di Indonesia. Iklan ‘Indonesia Bisalah’ yang berani dan eksperimentatif memenangkan hati konsumen Indonesia melalui humornya. Hal itu menunjukkan bagaimana Grab dapat memberikan solusi melalui berbagai layanan mereka. Demonstrasi yang berlebihan atas permasalahan pelanggan dan solusi yang ditawarkan terlihat lucu dan unik pada saat yang sama.

Prochiz ‘Spesialkan Momen Lebaran’ memenangkan iklan Ramadan ‘Most Enjoyable’. Iklan ini terpusat pada asisten rumah tangga yang tidak bisa mudik lebaran karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan. Namun lalu keluarga tempatnya bekerja memberikan kejutan, tidak hanya mengajaknya untuk mudik namun juga merayakan Idulfitri bersama-sama dengan keluarganya di kampung.

Tokopedia dengan iklan Ramadan ‘Dekatkan yang Jauh’ mendapatkan ‘Most Buzzworthy’ award untuk iklannya yang mendorong audiens untuk mengirimkan parsel sebagai tanda peduli dan kebaikan.

Bear Brand dengan iklan ‘Niat Murni’ meraih penghargaan untuk ‘Fostering Community Empathy’ oleh juri untuk autentiknya dalam memberikan tema yang teresonansi dengan empati komunitas. Iklan ‘Niat Murni’ juga menghadirkan tema inklusivitas melalui penggambaran bagaimana kita dapat berbagi dengan orang dengan disabilitas.

Gojek ‘Kiriman Bermakna’ memenangkan penghargaan untuk ‘Consistently Breaking the Mold’ oleh juri karena upaya terus menerus untuk memecahkan template iklan Ramadan dari tahun ke tahun. Gojek secara konsisten menunjukkan tema mereka yang unik namun tetap relevan untuk menarik penonton pada bulan Ramadan.

Suresh Subramanian, Managing Director Kantar Indonesia, Insights Division, mengatakan tahun ini, Ramadan menjadi lebih sosial karena orang-orang Indonesia mencari kesenangan dari kelelahan atas pandemi. “Tidak mengherankan jika iklan-iklan dengan tema fantasi dan humor yang dapat mengurangi beban mental mereka merupakan iklan-iklan yang paling disukai konsumen,” katanya, sebagaimana dikutip dalam keterangannya, Jumat (16/7).

Sementara itu, Irene Joshy, Head of Creative of Kantar, Asia Pacific mengatakan beberapa yang terbaik dari iklan di Indonesia ini merefleksikan pergeseran yang kita lihat dalam dunia periklanan global. Keinginan untuk kembali ke budaya, komunitas, dan kesejahteraan diri kita sendiri mempengaruhi sifat tema, pesan, and narasi dari iklan itu sendiri.

Nitin Sharma, Direktur Qualitative dan Cretaive Kantar Indonesia, menyatakan membuat iklan pada tahun ini lebih sulit untuk membuat konten yang lebih menarik dan progresif. Iklan-iklan perlu bekerja keras untuk tetap relevan and berbeda di bawah aturan kreatifitas baru – untuk menjadi simbol atas ketahanan dan kasih sayang, untuk berbicara secara masuk akal (ataupun tidak masuk akal), dan untuk menyajikan konten humanis untuk mendorong pesan dan pengalaman yang lebih personal.

Ummu Hani, Creative Lead Kantar Indonesia, menyebutkan di tengah-tengah pandemi, Ramadan selalu menjadi titik untuk tumbuh bagi marketer. Melalui konten yang berarti dan berbeda, merk dapat selalu relevan dan memberikan nilai untuk konsumennya. Meskipun demikian, tema klise pandemi tidak lagi bekerja dengan baik. Menjadi hal yang penting bagi merk untuk memahami sentimen konsumen untuk membuat cerita yang dapat beresonansi dengan baik.

BERITA TERKAIT

Hadir dengan Warna Ocean Blue, Acer Rilis Swift 3 Infinity 4

  Memadukan desain yang baru dan unik serta teknologi terdepan dengan sertifikasi Intel® Evo™, Acer secara resmi memperkenalkan Swift 3…

Beri Tayangan Berkualitas Untuk Anak - IndiHome Hadirkan Channel Spesial IndiKids

Dalam rangka menyambut hari anak nasional, IndiHome sebagai layanan fixed broadband yang memiliki pelanggan IPTV (Internet Protocol Television) terbesar di…

Kembangkan Musik Dance dan Electronic - Sony Music Luncurkan Sub Label Baru Floor Inc

Menunjukkan eksistensi di industri music, Sony Music Entertainment Indonesia mengumumkan peluncuran 'FloorInc', sub label baru yang didedikasikan untuk mengembangkan musik…

BERITA LAINNYA DI Teknologi

Hadir dengan Warna Ocean Blue, Acer Rilis Swift 3 Infinity 4

  Memadukan desain yang baru dan unik serta teknologi terdepan dengan sertifikasi Intel® Evo™, Acer secara resmi memperkenalkan Swift 3…

Beri Tayangan Berkualitas Untuk Anak - IndiHome Hadirkan Channel Spesial IndiKids

Dalam rangka menyambut hari anak nasional, IndiHome sebagai layanan fixed broadband yang memiliki pelanggan IPTV (Internet Protocol Television) terbesar di…

Kembangkan Musik Dance dan Electronic - Sony Music Luncurkan Sub Label Baru Floor Inc

Menunjukkan eksistensi di industri music, Sony Music Entertainment Indonesia mengumumkan peluncuran 'FloorInc', sub label baru yang didedikasikan untuk mengembangkan musik…