Dukung daya saing pelaku industri usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), maka menggunakan produk brand lokal menjadi pilihan yang tepat. Apalagi hasil produksi pelaku UMKM tidak kalah bagusnya dengan produk dari luar dan bahkan cukup kompetitif. Oleh karena itu, hari belanja brand lokal (HBBL) menjadi momentum tepat mendorong kebangkitan pelaku industri UMKM untuk penetrasi pasar lebih luas.
Kegiatan inipun mendapatkan respon positif dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengatakan, dirinya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat mendukung brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi. “Kampanye Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) ini sudah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pionir dalam ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia,”ungkapnya di Jakarta, Kamis (15/4).
Disampaikan Sandiaga, para pelaku kreatif bisa menggunakan peluang ini untuk mempromosikan bisnisnya lebih luas lagi. Oleh sebab itu, maksimalkan kesempatan ini untuk mempromosikan produk brand lokal pada masyarakat luas, produk brand lokal tidak kalah istimewanya dengan produk luar negeri.
Keikutsertaan brand lokal dalam HBBL 2021 bukan hanya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai produk lokal, namun juga membuka membuka peluang lainnya bagi brand lokal untuk meningkatkan perkembangan bisnis. Rencananya, HBBL 2021 akan kembali digelar pada tanggal 5 Mei 2021. Inisiatif yang dicetuskan oleh Hypefast bersama dengan berbagai brand lokal tanah air mendapatkan dukungan Kementerian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).
Direktur Hypefast, Tinton Ardian menuturkan, hypefast sebagai perusahaan yang fokus dalam memberikan investasi kepada brand lokal, melihat HBBL tahun lalu sebagai bukti bahwa potensi brand lokal begitu besar. “Selama ini kami telah melakukan investasi ke 15 brand dan merencanakan untuk menambah hingga menjadi 50 brand di tahun 2021 ini,”ungkapnya.
Ditambahkannya, dengan investasi mulai Rp 10-100 miliar di tiap brand. Ini adalah komitmen dan vote of confidence perseroan untuk brand lokal tanah air. Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan Hypefast terhadap program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam upaya membantu meningkatkan pertumbuhan para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif. Dengan kondisi perekonomian saat ini produk dari brand lokal harus lebih diutamakan karena dengan meningkatkan pendapatan brand lokal membantu meningkatkan perekonomian Indonesia.
Sementara CEO of Pinjam Modal, Herman Handoko mengatakan, Pinjam Modal sesuai dengan visi nya hadir untuk UMKM di Indonesia. Di masa pandemi ini brand lokal yang dipasarkan oleh UMKM menjadi salah satu rantai terpenting untuk menjaga stabilitas ekonomi. “Kami memberikan literasi kepada UMKM untuk survive terutama di masa pandemi ini, mulai dari memberikan edukasi dan informasi kepada masing-masing UMKM, bagaimana memasarkan produk secara online, serta memanfaatkan teknologi untuk mendukung operasional usaha mereka. Tentunya juga sebagai fintech P2P Lending, kami memberikan kemudahan bagi UMKM untuk mendapatkan akses pendanaan produktif,”tandasnya.
Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) merupakan sebuah kampanye bersama brand lokal tanah air yang bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat Indonesia terhadap brand dan produk lokal Indonesia. Kampanye ini dibarengi oleh berbagai penawaran menarik dan promosi dari brand lokal yang berpartisipasi sehingga diharapkan memberikan dampak langsung dalam peningkatan penjualan.
Keberhasilan HBBL 2020 yang sukses diikuti oleh 1.152 brand lokal, menjadi motivasi untuk terus melanjutkan kampanye ini di tahun 2021, bahkan dengan kemeriahan yang lebih dari tahun sebelumnya, sehingga diiringi dengan impact yang lebih besar juga terhadap ekonomi dalam negeri. Berbagai brand lokal ternama ikut memeriahkan HBBL 2020 diantaranya Brodo, Monomom, Ria Miranda, Torch, Wearstatuquo, Cotton Ink, Sparse, Motiviga, Soleram, Sabine and Heem, Nona. HBBL 2021 ini menargetkan total 2000 brand lokal yang akan bergabung pada tahun ini.
Dorong pertumbuhan bisnis, PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk. (ACES) atau AZKO terus ekspansi membuka gerai baru. Tahun ini, perseroan menargetkan pembukaan 25-30…
Di paruh pertama 2025, PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) berhasil memperoleh kontrak jasa pengeboran laut dari PT Pertamina Hulu…
Emiten tambang batu bara, PT Black Diamond Resources Tbk. (COAL) mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 16,04% secara tahunan (YoY) dari Rp109,02 miliar pada…
Dorong pertumbuhan bisnis, PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk. (ACES) atau AZKO terus ekspansi membuka gerai baru. Tahun ini, perseroan menargetkan pembukaan 25-30…
Di paruh pertama 2025, PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) berhasil memperoleh kontrak jasa pengeboran laut dari PT Pertamina Hulu…
Emiten tambang batu bara, PT Black Diamond Resources Tbk. (COAL) mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 16,04% secara tahunan (YoY) dari Rp109,02 miliar pada…