Seiring dengan kehadiran investor baru, Bank Bukopin mengumumkan secara resmi pergantian identitas perusahaan menjadi KB Bukopin. Perseroan menyampaikan perubahan nama dan logo, sebagai salah satu langkah strategis yang dilakukan dalam rangkaian proses transformasi yang dimulai sejak September 2020.
Corporate Secretary KB Bukopin, Meliawati dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (25/2) mengatakan, pengumuman dilakukan untuk memenuhi ketentuan regulator dan menyampaikan secara luas kepada masyarakat akan branding baru KB Bukopin. “Adapun, perubahan di berbagai atribut fisik dan digital dilakukan bertahap. Dengan logo baru, perseroan punya tagline “Bersama, Kita Bintang Finansialnya,”ujarnya.
KB Bukopin yakin dengan langkah transformasi yang dijalani dapat mewujudkan visi menjadi Top 10 bank di Indonesia dan menjadi pemain digital utama bagi bisnis retail dan segmen UMKM. Ditambah dukungan dari pemegang saham pengendali, KB Kookmin Bank yang memiliki reputasi internasional dan terbukti berhasil memperluas ekspansinya di kawasan Asia Tenggara.
President Director KB Bukopin, Rivan A Purwantono meyakinkan bahwa transformasi yang dijalankan adalah proses yang komprehensif di berbagai lini di KB Bukopin. “Pergantian nama dan logo ini bukan sekadar simbol. Ini adalah bentuk keseriusan kita dalam melakukan transformasi untuk menjadi lebih baik lagi dan wujud keyakinan KB Kookmin Bank dengan potensi yang kita miliki,”katanya.
Sejak tahun 2018, KB memutuskan investasi di Bukopin dengan keyakinan akan terdapat kolaborasi yang sangat baik dengan kami. Kini sebagai PSP, dukungan KB Kookmin Bank semakin solid. Kesamaan karakteristik lini bisnis di segmen retail dan UMKM, dan pangsa pasar yang dimiliki oleh KB Kookmin Bank dan KB Bukopin menjadikan kolaborasi yang sempurna dalam menciptakan pertumbuhan kinerja bisnis yang berkelanjutan ke depannya, sehingga dengan penggunaan brand identity KB Bukopin, kami semakin optimis mampu perbaiki kinerja dan melayani nasabah dengan lebih baik lagi,” jelas Rivan.
Kini dalam realisasinya, KB Bukopin sejak beberapa bulan terakhir berhasil meraih nasabah baru dari korporasi Korea yang beroperasi di Indonesia, berkat kuatnya reputasi brand KB. KB Kookmin Bank sebagai salah bank nomor satu dan di bawah naungan grup finansial terbesar di Korea Selatan, telah memiliki basis nasabah yang kuat di berbagai negara, dan hal ini juga akan dikembangkan di Indonesia bersama KB Bukopin. Selain KB Bukopin, KB Kookmin Bank sebelumya telah memperluas jaringan dengan mengakuisisi bank di China, Kamboja dan Myanmar. Sedangkan kantor cabang KB Kookmin Bank di luar Korea sudah terdapat di 15 kota, mulai dari Tokyo, Auckland, hingga New York dan London.
Disampaikan Rivan, KB Kookmin Bank dan KBFG memberikan dukungan yang luar biasa kepada perseroan, termasuk dalam penggunaan brand identity KB. Dengan iklan KB Kookmin Bank yang ditayangkan di media sejak akhir Desember lalu dengan brand ambassadornya, BTS, ikut membantu familiaritas brand KB dan Bukopin secara parallel.
Menurt Rivan, pengumuman brand adalah milestone selanjutnya bagi KB Bukopin dan komitmen dengan brand KB Bukopin, bersama KB Kookmin Bank untuk menjadi bintang finansial Indonesia. Apalagi, dengan bekal serta dukungan karyawan, nasabah, pemegang saham, regulator, media serta stakeholder lainnya, KB Bukopin akan terus memanfaatkan momentum untuk meningkatkan performa untuk menjaga kepercayaan masyarakat.
PT Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka peluang untuk melakukan perpanjangan waktu perdagangan saham, dengan ada tiga skenario waktu perdagangan saham.…
Sepanjang tahun 2025, PT Darya Varia Laboratoria Tbk (DVLA) menargetkan pertumbuhan laba bersih sebesar 5–7% dan pendapatan sebesar 6–8%. Emiten…
Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) menyepakati untuk membagikan dividen tunai untuk tahun buku…
PT Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka peluang untuk melakukan perpanjangan waktu perdagangan saham, dengan ada tiga skenario waktu perdagangan saham.…
Sepanjang tahun 2025, PT Darya Varia Laboratoria Tbk (DVLA) menargetkan pertumbuhan laba bersih sebesar 5–7% dan pendapatan sebesar 6–8%. Emiten…
Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) menyepakati untuk membagikan dividen tunai untuk tahun buku…