Walikota Andalkan Pertamina sebagai Penggerak Ekonomi

NERACA

Jakarta - Kontribusi Pertamina tidak hanya berupa bantuan sosial untuk Kota Balikpapan, tetapi Pertamina Grup yang terdiri atas bisnis hulu hingga hilir berupaya untuk tetap menggerakan roda perekonomian Kota Balikpapan dengan tetap optimal beroperasi agar dapat menyalurkan energi untuk kebutuhan masyarakat terutama Bahan Bakar Minyak dan LPG. Dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 di area kerja dan rumah dinas perusahaan , operasional Pertamina tetap dapat berjalan dengan lancar. 

Sejak 20 April, Pertamina RU V melakukan langkah antisipatif untuk menjaga keseimbangan produksi serta kapasitas kilang dengan melakukan perbaikan dan pemeliharaan kilang agar tetap handal. 

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi memuji bahwa satu-satunya peluang pekerjaan di tengah pandemik Covid-19 di kota Balikpapan hanya ada di Pertamina bagian pemerliharan kilang dan perluasan kilang (RDMP).

“Saya mohon betul agar itu diberikan kesempatan pertama bagi mereka-mereka  yang ada di Balikapan, Kaltim dan Kaltim. Karena itu saja yang punya peluang kerja baik di pemeliharaan kilang maupun RDMP,” ujar Rizal.

Apalagi yang dilakukan Pertamina secara perusahaan maupun secara grup, lanjut Rizal bahwa Pertamina berkepentingan baik dengan lingkungan sekitar maupun berkepentingan dengan tenaga kerjanya. Karena ini merupakan asset yang harus dijaga bersama-sama.

“Kan terima disini tenaga kerjanya tidak perlu menyediakan perusahaan  tidak perlu mengadakan transportasi karena hanya orang sekitar sini saja. Jadi sangat berkepentingan Pertamina juga untuk menjaga dan memelihara kilang,” tandas Rizal.

Menambahkan pernyataan dari Walikota, lebih kurang 700 tenaga kerja lokal Balikpapan direkrut untuk mendukung proyek pemeliharaan kilang. “Alih-alih merumahkan pegawai di tengah krisis ekonomi akibat covid-19, Pertamina RU V justru menambah tambahan tenaga kerja. Pastinya kami telah membekali para pekerja untuk mentaati prosedur protokol pencegahan covid-19,” jelas Roberth MV Dumatubun, Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan. 

Tidak hanya dari segi penyerapan tenaga kerja, Pertamina juga membantu meningkatkan produktivitas Usaha Kecil Menengah (UKM) yang merupakan mitra binaan Pertamina. “Total omset yang dicapai dari mitra binaan Pertamina hingga awal Mei hampir menembus 500 juta dan akan terus meningkat,” tutur Roberth.

Alhasil,  roda ekonomi UKM Balikpapan juga terbantu berkat program mitra binaan Pertamina. Pertamina belanja barang-barang bantuan tersebut mengutamakan dari UKM tersebut, hingga ratusan juta rupiah.

Pencapaian tersebut didapatkan dari pengoptimalisasian mitra binaan untuk barang-barang bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat terdampak, sekaligus Pertamina membantu promosi mitra tersebut baik untuk konsumsi internal dan eksternal terutama mitra binaan yang bergerak pada penjualan kebutuhan pangan.

Pertamina Grup yang terdiri atas Pertamina RU V Balikpapan, Marketing Operation Region VI Kalimantan, Pertamina EP Asset 5, Pertamina Hulu Mahakam, Pertamina Hulu Kalimantan Timur, Pertamina Lubricants turut andil dalam melawan wabah Covid-19 mendukung pemerintah daerah Kota Balikpapan.

Pertamina Grup di Kota Balikpapan memberikan secara simbolis bantuan penanggulangan covid-19 kepada Walikota Balikpapan, senilai total Rp 2.000.000.000,- dalam berbagai bentuk bantuan. Sebagian bantuan tersebut telah disalurkan sejak tanggal 3 Maret lalu dan sebagian lainnya masih akan disalurkan hingga beberapa minggu kedepan. 

Atas dasar itulah masyarakat menyambut positif dan langsung dirasakan terhaap masyarakat yang berada di ring satu baik dalam bentuk sembako, penyemprotan, masker maupun tempat cuci tangan portable.

Bantuan yang diberikan untuk wilayah Kota Balikpapan sendiri sudah mencapai 2926 paket sembako, 36 wastafel, dan 1.155 Alat Pelindung Diri. Selain itu, bantuan lainnya berupa penyemprotan desinfektan untuk puluhan titik fasilitas umum, alat penyemrotan dan cairan desinfektan, healthy kit (masker, multivitamin, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan), dan beberapa barang untuk penjaga imun dan stamina tubuh. 

Semua bantuan yang telah disalurkan sebisa mungkin disesuaikan dengan kebutuhan setempat, seperti kebutuhan untuk tenaga medis yaitu surgical mask, APD, dan minuman penguat stamina seperti susu dan madu. Sedangkan , untuk warga-warga di beberapa kelurahan disediakan wastafel portabel dan bantuan healthy kit. 

Tentunya, bantuan yang diberikan telah melalui koordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, aparat kepolisian, dan instansi terkait lainnya sehingga penyaluran lebih tepat sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Pertamina juga berterima kasih atas peran aktif dari pihak kecamatan, kelurahan, hingga ke pengurus RT setempat yang telah membantu penyaluran bantuan-bantuan kepada warga yang benar-benar terdampak akibat covid-19.

 

 

BERITA TERKAIT

Memasuki Era New Normal, Aktivitas Ekspor Kerapu Tetap Berjalan

NERACA Jakarta - Sebanyak 16,72 ton ikan kerapu hasil budidaya dari Kepulauan Natuna-Provinsi Kepulauan Riau atau setara dengan USD 100.326…

Pemerintah Pacu Investasi Sektor Padat Karya

Jakarta - Pemerintah fokus mendorong realisasi penanaman modal sektor industri di tanah air, baik itu datangnya dari investor asing maupun…

KKP Segera Bangun Percontohan Tambak Udang Berkelanjutan

NERACA Bandar Lampung - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah merancang percontohan kawasan budidaya udang di Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan…

BERITA LAINNYA DI Industri

Memasuki Era New Normal, Aktivitas Ekspor Kerapu Tetap Berjalan

NERACA Jakarta - Sebanyak 16,72 ton ikan kerapu hasil budidaya dari Kepulauan Natuna-Provinsi Kepulauan Riau atau setara dengan USD 100.326…

Pemerintah Pacu Investasi Sektor Padat Karya

Jakarta - Pemerintah fokus mendorong realisasi penanaman modal sektor industri di tanah air, baik itu datangnya dari investor asing maupun…

KKP Segera Bangun Percontohan Tambak Udang Berkelanjutan

NERACA Bandar Lampung - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah merancang percontohan kawasan budidaya udang di Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan…