GE Foundation : - Mengembangkan SDM Sejak Usia Dini

Neraca. Langkah Prestasi Junior Indonesia (PJI) dan General Electric Indonesia (GE) dalam memberikan meningkatkan pengembangan SDM sejak usia dini, kembali dibuktikan. Melalui GE Foundation rangkaian kegiatan sosial dibidang pendidikan telah dilakukan.

GE yang menyalurkan dana sebesar US$25.000, yang diperoleh dari GE Global Leadership Meeting (GE GLM) Awards 2012, didonasikan kepada kegiatan-kegiatan yang mengarah pada peningkatan kualitas pendidikan. PJI dan GE Indonesia berharap agar program pendidikan sejak usia dini dapat dimanfaatkan seluar-luasnya dalam mencetak anak-anak bangsa yang berkualitas dengan cara  memperluas jangkauan program serta memberikan kesempatan kepada lebih banyak siswa yang membutuhkan.

Kegiatan pemberian donasi yang terfokus di Jogjakarta ini juga mendapat dukungan positif dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) sebagai salah satu customer GE Transportation, dimana para siswa binaan PJI dapat melakukan kegiatan Job Shadow pada kantor PT KAI.

Pemerintah Kabupaten Sleman dan Prestasi Junior Indonesia menandatangani perjanjian kerjasama dibidang pendidikan dengan mengembangkan program Student Company pada 4 sekolah terpilih di wilayah kewenangan pemerintah Kabupaten Sleman.

Program ini merupakan hal pertama kalinya di implementasikan di Daerah Istimewa Jogjakarta, Kabupaten Sleman khususnya. Empat sekolah yang terpilih tersebut adalah SMKN 2 Depok, SMKN 1 Seyegan, SMKN 1 Godean dan SMAN 1 Sleman.

Pada kesempatan yang sama, Sri Purnomo, Bupati Sleman menjelaskan, “Program Student Company merupakan kerja sama Pemerintah Kabupaten Sleman dengan PJI dan GE Indonesia dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia Yogyakarta. Program ini diharapkan dapat menggugah kesadaran pelajar akan pentingnya kewirausahaan dan profesionalitas. Pengenalan lebih dini sangatlah penting agar dapat mencetak sumber daya manusia yang siap bersaing dalam era globalisasi dan tentunya turut memajukan roda perekonomian Indonesia.”

Program Student Company memberikan kesempatan serta pengalaman kepada siswa untuk terjun langsung kedalam dunia bisnis perusahaan. Dari tiap-tiap sekolah ada 25 orang siswa yang terpilih untuk membentuk simulasi perusahaan dan menyusun struktur selayaknya perusahaan sendiri seperti President Director, Vice President Of Marketing, Vice President Of Finance dan seterusnya. Selain aktivitas perusahaan, para siswa juga akan mendapatkan kegiatan penunjang seperti Job Sadow, Simulasi Bisnis JA TITAN, Leadership Training, Team Building Training dan lainnya.

Program serta kegiatan yang dikembangkan oleh GE Indonesia dan PJI kali ini bertujuan untuk memberikan skill dan spirit sebagai enterpreneur maupun sebagai profesional kepada para pelajar, sehingga diharapkan dengan adanya program serta kegiatan kali ini mereka dapat siap dan mampu menghadapi tantangan ekonomi global di masa depan.

GE Foundation bekerjasama dengan PJI sudah sejak  tahun 2007, Prestasi Junior Indonesia yang merupakan suatu organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan yang memiliki misi untuk menginspirasi dan mempersiapkan generasi muda agar sukses dalam ekonomi global. dengan menyediakn program pendidikan inovatif, PJI berusaha membangun rasa percaya diri dari keahlian para pelajar SMA dan sederajat sebagai enterpreneur ataupun sebagai profesional.

Kemitraan GE Foundation dengan PJI melalui platihan-pelatihan kewiraswastaan telah mendidik 12.500 siswa dari 7 SMAN di Jakarta dan Bogor yang diadopsi GE untuk belajar tentang dunia perekonomian, bisnis dan kewiraswastaan dari para pengajar yang berasl dari relawan GE (GW Volunteers).

Sebanyak 336 karyawan GE telah tergabung dalam GE Volunteers, yang kesemuanya turut terlibat dan berpartisipasi di 247 kelas serta di setiap kegiatan kemitraan. Lewat berbagai kegiatan yang diselenggarakan GE, para Volunteers berbagi kegiatan dengan menjadi sebagai tutor dengan memberikan ilmu dan pengalamannya kepada para pelajar SMA di sekolah-sekolah terpilih.

Adapun program-program kemitraan GE foundation dan Prestasi Junior Indonesia meliputi, Economic for life, Job Shadow, Student Company, dan Leadership Training. Dan sebagai acara puncak acara tahunannya GE dan PJI menggelar program Student Company Fair . Dimana pada puncak acara tersebut sekolah-sekolah para peserta berkompetisi satu sama lain dengan mempresentasikan perusahaan dan bisnis mereka di depan juri sekaligus menjual produk mereka.

Pada program Job Shadow di General Electric Indonesia, merupakan suatu kegiatan yang memfasilitasi pelajar-pelajar SMA yang terpilih untuk berkunjung ke kantor GE Indonesia agar dapat melihat secara langsung gambaran umum sebuah sistem pengelolaan perusahaan yang profesional.

Para pelajar tersebut berkesempatan untuk bertemu langsung dengan para GE Leaders dan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan praktis dengan mengikuti beberapa aktifitas yang di gelar oleh para GE Leaders dalam melakukan fungsinya di GE Indonesia.

Dengan terlibat langsung pada dunia kerja, diharapkan para pelajar akan memperoleh pengetahuan, pengalaman dan motivasi yang berguna sebagai modal dan nilai tambah bagi mereka dalam membangun karirnya sebagai wirausahawan ataupun profesional.

Pada tahun 2009, program ini diikuti oleh 150 pelajar dari 5 SMAN di Jakarta dan 1 SMAN di Bogor, dengan melibatkan 67 relawan GE dan menghabiskan 366 jam waktu relawan. Pada program Job Shadow yang digelar tahun 2011, diikutioleh siswa dari 3 SMAN di Jakarta dan 1 SMAN di Bogor yaitu SMAN 1 Jakarta, SMAN 7 Jakarta, SMAN 35 Jakarta dan SMAN 1 Bogor dan melibatkan sekitar 20 orang relawan GE.

 

 

BERITA TERKAIT

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

BERITA LAINNYA DI CSR

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…