CIMB Niaga Berikan Beasiswa Bagi Kemajuan Pendidikan

Neraca.Bukan hanya aktif dalam perbankan dan keuangan saja, CIMB Niaga juga aktif dalam pemberian beasiswa terhadap para pelajar dan mahasiswa yang memiliki kecerdasan tetapi kurang mampu dalam segi financial. Saat ini saja, beasiswa sudah meliputi sekolah menengah, strata1, strata2 dan strata3. Hal ini adalah wujud nyata kepedulian dan tanggung jawab CIMB Niaga untuk masyarakat yang membutuhkan.

Sebenarnya otak dan pemikiran bangsa Indonesia tidak kalah dengan pelajar dari berbagai Negara lain. Bahkan bangsa Indonesia memiliki karakter yang memiliki semangat yang tinggi, sehingga mampu mencapai sesuatu yang ingin digapainya. Akan tetapi, harus dipenuhi dengan ilmu pengetahuan yang lurus, yaitu pendidikan. “Dan ini menjadi bagian dari misi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” menurut Harsya Suryo, Corporate Sekretaris CIMB Niaga.

Pendidikan adalah modal utama untuk membangun bangsa dan Negara dalam segala bidang. Apalagi saat ini, perkembangan jaman semakin cepat dan semua berkaitan dengan tingkat penguasaan ilmu pengetahuan. Jadi siapa yang memiliki ilmu pengetahuan maka merekalah yang akan menjadi pemimpin bagi yang lainnya. Setidaknya, bangsa kita telah banyak belajar dari pengalaman, sehingga dapat meningkatkan tingkat pendidikannya dan dapat dinikmati oleh seluruh bangsa. “Harapan kami, agar program-program beasiswa dari CIMB Niaga, dapat membantu anak-anak yang kurang beruntung agar tetap melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi,” jelas Denny.

Berbagai program pendidikan seperti ini telah banyak dilakukan dan dikerjakan oleh CIMB Niaga. CIMB Niaga telah mengerjakan program-program ini semenjak 2009 lalu. Tentunya, hal ini berkaitan dengan program CSR dari CIMB Niaga kepada masyarakat. “Pada tahun 2011, kami telah mengucurkan anggaran sebesar Rp. 1,5 miliar untuk 30 pelajar berprestasi,” ungkap Denny.

Untuk pemberian program beasiswa, dari CIMB Niaga ini, diberikan sesuai dengan tingkatannya, yaitu dari sekolah menengah, Starata1, strata2, strata3. Selain itu, program ”Beasiswa Unggulan CIMB Niaga” pada periode 2011-2015 merupakan salah satu program beasiswa andalan CIMB Niaga. Selanjutnya, bersama kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada 2011, CIMB Niaga kembali memberikan beasiswa kepada 30 pelajar berprestasi akademis maupun non akademis gemilang di seluruh Indonesia. Beasiswa itu bertujuan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat S1 diberbagai universitas negeri di Indonesia.

Selain itu, beasiswa bukan hanya diberikan kepada para sarjana, tetapi CIMB Niaga bekerjasama dengan Putra Sampoerna Foundation juga memberikan beasiswa kepada para pelajar yang berjumlah 25 pelajar sekolah di Bali. Beasiswa itu disalurkan melalui program beasiswa Sampoerna Academy. Tentunya dengan pemberian beasiswa tersebut, sangat membantu para pelajar dalam menanggung pembayaran uang sekolah. Para pelajar akan lebih semangat dalam menimba ilmu di sekolah untuk mendapatkan dan mempertahankan serta meningkatkan prestasinya di sekolah.

Selain pemberian beasiswa kepada para pelajar dan masyarakat, CIMB Niaga juga mengembangkan program beasiswa kepada 91 nasabah Usaha Mikro Kecil dan menengah, yang dikenal juga Mkro Laju CIMB Niaga di daerah Jakarta, Bogor, angering, Depok, Serang dan Bekasi. Jadi bukan hanya memberikan pembiayaan mikro tapi kepada nasabah diberikan kegiatan pengembangan pengetahuan dan keterampilan. Seperti workshop sampai program pendampingan. “Mudah-mudahan program seperti ini terus berlangsung setiap tahunnya untuk menciptakan kader pelaku UMKM yang berkualitas,” jela Denny.

Bila dilihat dalam catatan CIMB Niaga semenjak 2006, kegiatan pemberian bantuan beasiswa kepada anak-anak yang kurang mampu hingga tahun 2011 ini telah mencapai 370 penerima beasiswa. Dari jumlah tersebut terdiri dari tingkat sekolah menengah, S1, S2, dalam dan luar negeri serta S3, termasuk kepada para nasabah Mikro Laju CIMB Niaga. Kegiatan yang terus berlanjut dari tahun ke tahun dan telah menghasilkan berbagai lulusan yang terbaik diantara yang lainnya, adalah karena komitmen dan konsistensi CIMB Niaga dalam melaksanakan program-programnya. Kegiatan yang sangat membantu pendidikan masyarakat yang kurang mampu adalah semangat yang positif sehingga dapat menghasilkan manusia-manusia terbaik kedepannya. (shiddiq)

Related posts