Berbisnis Jasa Antar Jemput

Sabtu, 29/10/2011

NERACA. Harapan keselamatan dan kenyamanan selama sibuah hati menjalani aktifitasnya bersekolah, tentu dambaan setiap orang tua, termasuk ketika menempuh rutinitas pergi dan pulang sekolah. Tak sedikit orang tua dibanyak kota besar memanfaatkan layanan antar jemput sekolah sebagai solusi praktis.

Fasilitas antar jemput bagi anak sekolah maupun karyawan memang menjadi pilihan alternatif bagi sebagian masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk mengantar atau menjemput putra-putrinya sekolah, begitu pun dengan bagi karyawan yang tidak memiliki kendaraan pribadi atau malas berangkat sendiri. Menggunakan fasilitas anggutan umum bisa jadi sebuah solusi, namun untuk mendapatkan kenyamaan dan keamanan belum tentu Anda raih.

Inilah realitas yang dapat dipetik sebagai peluang bisnis jasa kita. Selain menguntungkan, pengelolaan bisnis antar jemput terbilang mudah. Hanya dibutuhkan perawatan mobil dengan jam kerja cukup dua kali sehari, yakni ketika saat berangkat dan pulang kerja atau sekolah.

Berbisnis jasa layanan antar jemput memang terbuka lebar, termasuk bagi Anda yang sudah memiliki perkerjaan tetap. Bila Anda memiliki kendaraan (mobil), dan tinggal didaerah tertentu, Anda dapat memulainya dengan mengantar beberapa teman atau orang yang cukup Anda kenal untuk sekaligus diantar seiring Anda menuju rute pulang. Tanpa Anda rasakan, rutinitas Anda dalam bekerja, nyatanya justru menghasilkan keuntungan tambahan dengan antar jemput sepanjang rute perjalanan Anda dari rumah ke kantor dan sebaliknya.

Tentu saja bila Anda mengelola usaha antar jemput sendiri, fisik dan rutinitas pekerjaan Anda memang sudah terukur, karena Anda mengemudikan sendiri tanpa menyewa supir, maka ketepatan waktu pergi maupun pulang kerja menjadi faktor penting dalam menjalankan usaha sampingan antar jemput ini.

Langkah awal menggeluti bisnis ini, tentu Anda harus memiliki kendaraan. Untuk sebagai pebisnis, kendala kendaraan dapat diminimalisir dengan cara membeli kendaraan second (bekas) yang laik jalan. Hal lain adalah berkomunikasi dengan baik, kebersihan mobil dan perawatannya, serta wewangian dan musik khas anak. Jika pihak sekolah masih memerlukan armada lagi, kita harus menambah mobil kita dan menawarkan kembali kepada sekolah. Mendapat mobil ini bisa dengan cara kredit atau tunai, tergantung kondisi keuangan kita

Sedangkan untuk mempromosikannya, Anda dapat menggunakan brosur yang disebarkan pada kawan sekerja atau para orangtua murid pada waktu tertentu. Misalnya untuk promosi karyawan, kita dapat menawarkan ke kantor-kantor ataupun perusahaan yang memilki banyak pekerja seperti pabrik, termasuk ketika makan siang, sedangkan bila bidikan pelanggan Anda adalah kalangan Anak sekolah, momen penerimaan rapor dan penerimaan siswa baru di sekolah-sekolah, bisa jadi waktu yang tepat.

Dalam menjalankan bisnis jasa, juga dibutuhkan adanya strategi pemasaran. Namun sebelum menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan, perlu diperhatikan bahwa strategi pemasaran jasa berbeda dengan strategi pemasaran bisnis yang menyediakan produk atau barang.

Bisnis jasa lebih cenderung memberikan pelayanan kepada konsumen dengan berhubungan langsung, oleh karena itu bisnis jasa mengukur keberhasilan strategi pemasaran dengan tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen.

Dari beberapa cara pemasaran jasa yang telah dibahas, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen menjadi pemasaran paling tepat bagi bisnis jasa. Kenyamanan, solusi tepat, pelayanan prima, dan keramahan karyawan menjadi kunci sukses bisnis jasa.

Dalam menawarkan bisnis jasa antar jemput ini, harus kita jelaskan keuntungan yang dapat diberikan. Misalnya jika menggunakan jasa ini dengan sedikit tambahan uang transportasi dari biasanya, mereka tidak perlu terburu-buru mengantar jemput anak sekolah, dan bagi karyawan tidak perlu menunggu angkutan umum dan tersedia tempat duduk yang nyaman.

Kita juga dapat menjalin kerjasama dengan pihak sekolah ataupun perusahaan dengan mengajukan proposal. Agar makin banyaknya pelanggan yang menggunakan jasa kita, jangan hiraukan kebersihan, kenyamanan, dan fasilitas berupa musik bahkan menjalin komunikasi yang baik kepada pengguna jasa kita. Bila perlu berikan harga discount bagi pelanggan lama

Target konsumen jasa antar jemput anak sekolah bisa dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. Misalnya anak-anak tetangga, lalu bisa juga teman-teman sekolah anak Anda. Pastilah para orang tua anak-anak ini antusias dengan penawaran jasa antar jemput Anda. Apalagi mereka sudah mengenal Anda dengan baik, jadi tidak ragu lagi menitipkan anaknya pada Anda.

Dengan memberikan jaminan keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan ketepatan waktu antar jemput bisnis ini memiliki prospek yang baik terutama untuk keluarga yang anak-anaknya bersekolah jauh dari tempat tinggalnya dan bagi para keluarga yang suami istri bekerja dan tidak memiliki kendaraan keluarga untuk antar jemput putra-putrinya sekolah.