TiPhone dan AMB Gandeng Bank BRI

Genjot Bisnis Pulsa

Senin, 10/10/2011

Jakarta - Perusahaan bergerak di bidang distribusi dan ritel pulsa nasional PT TiPhone Mobile Indonesia (TMI/Ti Phone) menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) untuk meningkatkan kapasitas dan transaksi bisnisnya.

Hal tersebut tertuang dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Bank BRI dengan pihak TiPhone di Jakarta, Jumat (7/10). Dalam MoU itu, Bank BRI diwakili oleh General Manager Funding and Services Division Bank BRI Widodo Januarso, sedangkan TMI diwakili oleh Direktur Utama Garuda Sugardo, serta Direktur AMB Tonie Tan.

Dikatakan oleh Direktur Konsumer BRI Toni Soetirto yang turut hadir dalam acara tersebut, dalam perjanjian ini Bank BRI akan menyediakan kemudahan pembayaran transaksi voucher pulsa elektronik bagi armada retailer TMI. “Bentuk kerja sama ini diawali dengan perjanjian antara Bank BRI dengan PT Akses Makmur Bersama (AMB) selaku sister company TMI yang bergerak di bidang distribusi dan penjualan voucher multi pulsa prabayar,” papar Toni.

Saat ini, AMB memiliki lebih dari 40.000 member. Dari jumlah itu, yang aktif transaksi tiap hari mencapai 20% (30 sampai 50 transaksi per hari), dengan jumlah transaksi mencapai 500.000 transaksi setiap bulan. “Masyarakat yang telah bergabung dalam armada bisnis AMB dapat melaksanakan transaksi top–up deposit pulsa dengan memanfaatkan fasilitas perbankan dari BRI. Pemanfaatan channel BRI tersebut meliputi penggunaan fasilitas Mobile Cash BRI (MoCash BRI) sebagai media transaksi deposit pulsa oleh retailer yang bisa diakses selama 24 jam 7 hari seminggu.

Pada bagian lain, Dirut TMI Garuda Sugardo mengatakan, TMI menyambut baik kerjasama dengan BRI ini. Sebab selain meningkatkan keuntungan kepada kedua belah pihak, kerja sama ini juga mendukung program pemerintah dalam mengembangkan dan memberdayakan usaha kecil kepada seluruh lapisan masyarakat sampai ke pedesaan.

Melalui kerja sama ini diharapkan terdapat kenaikan transaksi penjualan pulsa dan makin banyaknya member yang bertransaksi karena kemudahan yang diberikan BRI melalui fasilitas MoCash BRI serta dukungan jaringan BRI yang tersebar hingga pelosok tanah air. “Selain fasilitas MoCash, BRI juga menyediakan layanan cash management untuk memantau seluruh transaksi nasabah perusahaan dan layanan e-Banking lainnya (ATM, Internet Banking, KIOSK dan SMS banking) sehingga BRI optimistis kerja sama ini akan mendukung ekspansi usaha TMI dan AMB,” tambah Widodo Januarso.

Tak hanya itu, menurut Tonie Tan, AMB dan BRI juga akan melakukan sosialisasi dalam bentuk roadshow business opportunity mengenai pengembangan usaha kecil kepada mitra kerja AMB sehingga bermanfaat untuk masyarakat.

BRI merupakan bank terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan kerja lebih dari 7.300 unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia, dan berhasil menyandang predikat sebagai bank penghimpun laba terbesar 5 tahun berturut-turut. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan skala bisnis bagi seluruh pihak, serta mendukung upaya pemerintah dalam hal menyejahterahkan dan memberikan peluang usaha kepada masyarakat kecil.