Tahun Baru 2015, Trafik Operator Naik - Layanan Data

NERACA

Jakarta – Pada tahun baru 2015, beberapa operator telah mengalami kenaikan trafik layanan data, SMS dan suara cukup signifikan. Seperti contoh Telkomsel, pada tahun baru 2015 mengalami kenaikan yang terjadi di layanan data yaitu sebesar 20%, sedangkan layanan SMS dan suara cenderung stagnan, yaitu naik 1% dan turun sebesar 4%. Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya atau 2013, peningkatan layanan data terjadi amat signifikan, yaitu melonjak hingga lebih dari 124%, dimana hal ini menunjukkan tingginya pertumbuhan penggunaan mobile data di masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, bah pihaknya merasa bersyukur lonjakan trafik komunikasi di periode natal dan tahun baru ini dapat dilayani dengan baik oleh jaringan Telkomsel di seluruh Indonesia. “Sehingga pelanggan tetap dapat menikmati kualitas terbaik dalam berkomunikasi meskipun dalam kondisi liburan,” ungkap Ririek dalam keterangan resmi yang diterima Neraca, akhir pekan lalu.

Dijelaskan Ririek, pada layanan data tercatat kenaikan sebesar 20% menjadi 1,046 TeraByte, dibandingkan hari normal di tahun 2014. Sedangkan apabila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2013, kenaikan mencapai 124%. Sementara pada layanan SMS mencatat kenaikan sebesar 1% menjadi 977 juta SMS, dibandingkan hari normal di tahun 2014. Sedangkan layanan suara mencatat penurunan sebesar 4% menjadi 1.3 milliar menit, dibandingkan hari normal di tahun 2014.

Selain siaga untuk mengamankan jaringan di masa pergantian tahun, pada kesempatan yang sama Telkomsel juga terus memantau perkembangan evakuasi Air Asia QZ8501. Telkomsel mendukung pemerintah dalam proses evakuasi Air Asia QZ8501 yang saat ini tengah dilakukan oleh pihak Basarnas (Badan SAR Nasional) yang berpusat di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah dan Surabaya, Jawa Timur. Dukungan terhadap upaya pencarian/evakuasi pesawat dan korban diantaranya dilakukan dalam bentuk penguatan jaringan di lokasi-lokasi utama, serta posko layanan internet & telepon gratis, sehingga diharapkan dapat mempermudah kerja dan koordinasi semua pihak yang terlibat dalam proses evakuasi.

Untuk menghadapi lonjakan trafik di masa Natal dan Tahun Baru, Telkomsel sebelumnya telah melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia, dimana hal ini juga telah disampaikan kepada Menkominfo Rudiantara saat melakukan inspeksi ke Network Operation Centre (NOC) di Kantor Pusat Telkomsel saat malam pergantian Tahun Baru 2014/2015.

Dalam kesempatan tersebut jajaran direksi Telkomsel juga menyatakan bahwa tim Telkomsel terus melakukan pemantauan trafik telekomunikasi, sepanjang 24 jam secara terpusat sehingga segala permasalahan yang muncul dapat segera diatasi guna menjamin kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi.

Sedangkan untuk operator XL, selama pergantian tahun baru, dilaporkan jaringan mereka tetap aman dan lancar. Data trafik XL menunjukkan pada hari normal 2014, trafik layanan suara mencapai 500 juta menit, SMS (600 juta), dan data (480 Terabytes). Sedangkan dalam perayaan Tahun Baru 2015, layanan SMS masih menjadi favorit bagi pelanggan selain penggunaan layanan data. Hal ini, terlihat trafik layanan SMS pada 31 Desember 2014 naik sebesar 21,7 persen menjadi 730 juta SMS, kemudian layanan layanan data naik 10,4 persen (530 Terabyte). Sementara itu, layanan suara percakapan cenderung mengalami penurunan dua persen (490 juta menit).

Pola yang sama juga ditunjukkan para periode yang sama pada pergantian tahun 2013 ke 2014. Trafik suara pada hari terakhir 2014 mencapai 555 juta menit, SMS (890 juta), dan data (265 Terabyte). XL mengatakan, kenaikan tertinggi layanan SMS terjadi di wilayah Central (Bandung, Semarang, Yogya) sebesar 11,8 persen dan wilayah West (Medan, Pekanbaru, Padang, Lampung) yang mencapai sekitar 8,6 persen.

Peningkatan layanan data juga dialami PT Indosat, Tbk. Trafik data meningkat sebesar 33,72 persen dibandingkan hari biasa, trafik SMS juga mengalami kenaikan sebesar 8,25 persen. Berbeda dengan Telkomsel, layanan suara Indosat justru mengalami peningkatan 9,3 persen. Indosat mengklaim berhasil mengatasi kenaikan trafik layanannya. "Kami telah melakukan antisipasi dengan meningkatkan kapasitas dan optimalisasi jaringan di wilayah dengan trafik padat," ujar Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanto.

Dia melanjutkan, antisipasi dilakukan dengan menaikkan kapasitas data menjadi 1.075 terabita per hari. Layanan SMS ditingkatkan menjadi 1,285 miliar. Sedangkan kapasitas suara menjadi 2.349 juta menit per hari.

Related posts