CIMB Niaga Sebar Ilmu Literasi Keuangan

Jayapura, Papua

Kamis, 09/10/2014

NERACA

Jayapura - Untuk mendukung program Pemerintah dalam pemerataan pendidikan di Tanah Air, PT Bank CIMB Niaga Tbk melaksanakan kegiatan corporate social responsibilty bertajuk Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB) di Jayapura, Papua, Selasa (7/10). Di ibukota provinsi paling timur Indonesia ini, CIMB Niaga melakukan edukasi di bidang perbankan kepada sekitar 150 siswa-siswi sekolah dasar (SD) Inpres Tasangkapura.

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga, Lidya Wulan Tumbelaka mengatakan, kegiatan corporate social responsibilty (CSR) CIMB Niaga di bidang pendidikan juga difokuskan untuk menyasar masyarakat di wilayah timur Tanah Air. Dipilihnya Papua sebagai lokasi AMDB, adalah bentuk pemerataan kegiatan CSR CIMB Niaga. Sebelumnya pada awal Maret 2014, aktivitas serupa dilaksanakan di provinsi paling barat - Nanggroe Aceh Darussalam - dan dilanjutkan dengan penyelenggaraan di daerah-daerah lainnya.

Wulan menjelaskan, kegiatan AMDB di Papua juga dalam rangka memperingati 59 Tahun CIMB Niaga yang jatuh pada 26 September lalu. Di wilayah ini, CIMB Niaga juga menyerahkan bantuan dana untuk gereja dan masjid yang berlokasi di sekitar kantor cabang CIMB Niaga. Masih dalam rangkaian HUT, sebelumnya telah dilakukan pemberian 5.900 paket perlengkapan sekolah dan bekal makanan bagi pelajar SD berprestasi di sekitar kantor cabang CIMB Niaga, serta wisata edukasi 100 anak dhuafa ke Trans Studio Bandung, Jawa Barat.

Sejak diluncurkan pada 2011 hingga akhir 2013, AMDB telah berhasil menjangkau lebih dari 11.200 siswa di 67 SD dan 11 kota di Indonesia. Adapun untuk tahun ini, CIMB Niaga masih akan melaksanakannya di Surabaya, Malang dan Jakarta. "Kami berharap semakin banyak masyarakat Indonesia yang sadar dan memahami dengan baik keberadaan dan fungsi perbankan, sehingga dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Wulan, kemarin.

Menurut dia, sebagai program yang dirancang untuk mendukung gerakan nasional literasi keuangan (financial literacy), AMDB diisi dengan sejumlah aktivitas yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan anak-anak menabung sejak dini dan berbagi dengan sesama. Aktivitas dimaksud adalah Kit for Kids, video games ‘run banking run’, dan mini banking role play.

"Kami sungguh gembira dapat bertatap muka secara langsung dengan anak-anak Papua. Semoga AMDB ini dapat membantu meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya menabung sejak dini, sebagai bekal di masa depan. Juga untuk memupuk jiwa persatuan dan kesatuan bangsa, karena kegiatan serupa dilakukan teman-teman mereka di daerah lain," jelas Wulan.

Beragam permainan

Kit for Kids, lanjut Wulan, adalah aksi penanaman pohon dengan media kaleng, sebagai simbol pentingnya menabung atau berinvestasi. Sedangkan untuk menumbuhkan semangat berbagi dengan sesama, dilakukan aksi penggalangan dana kepada para siswa melalui rekening khusus program AMDB: 064.01.64927.00.9. Dana yang terkumpul selanjutnya disalurkan kepada yayasan-yayasan yang peduli dan mempunyai komitmen pada peningkatan kualitas pendidikan Indonesia.

Selain Kit for Kids, ada juga permainan video games ‘run banking run’. Dalam permainan ini, anak-anak harus mendapatkan koin sebanyak-banyaknya. Tak hanya itu, setiap bertemu dengan kantor cabang CIMB Niaga, mereka wajib menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan ilmu perbankan.

Adapun kegiatan terbaru dalam AMDB adalah mini banking role play, dimana anak-anak diarahkan untuk berperan sebagai petugas bank seperti teller, customer service, maupun guest relationship officer. “Tujuannya, supaya anak-anak mulai mengenal salah satu bidang pekerjaan yang akan mereka geluti kelak, yakni perbankan,” tuturnya.

Kegiatan AMDB di SD Inpres Tasangkapura, dirangkai juga dengan edukasi tentang hidup sehat, yakni kebiasaan mencuci tangan. Untuk yang satu ini, CIMB Niaga memberikan bantuan fasilitas sanitasi berupa penyediaan tabung air dan pembuatan sejumlah wastafel di lingkungan sekolah.

“Bagi para orang tua yang hadir, kami juga menyelenggarakan seminar dengan tema ‘Peranan Orang Tua dalam Menumbuhkan Kreativitas Anak’. Semoga bermanfaat,” tutup Wulan. [rin]