JobsDB Sediakan Laman Pendaftaran CPNS

NERACA

Jakarta - Melalui portal JobsDB, para peminat yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS) bisa mendaftar hanya dengan memasukkan NIK KTP elektronik diikuti data-data pribadi, seperti jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat, riwayat pendidikan, serta riwayat pekerjaan. Paling akhir, pelamar akan diminta membuat password. Hal tersebut seperti diungkapkan Managing Director jobsDB Indonesia Ariadi Anaya dalam keterangannya yang diterima Neraca, kemarin (16/9).

Sedangkan untuk mencoba sistem CAT (Computer Assisted Test) yang dapat diakses di situs id.jobsDB.com/KAMPUS, sambung Ariadi, para peminat hanya perlu memasukkan NIK serta password yang telah dibuat. Selanjutnya akan muncul halaman dengan soal-soal pilihan ganda. Pada halaman ini juga ditampilkan jumlah soal keseluruhan, soal yang sudah dan yang belum dijawab, serta total waktu dan sisa waktu. Melalui simulasi online ini, para peminat bisa membiasakan diri dengan bentuk soal serta situasi menyelesaikan materi test melalui komputer.

Menurut dia, sistem CAT akan menjamin seleksi CPNS yang lebih kompetitif, obyektif, transparan, serta bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Sistem ini memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Semua soal ditampilkan di layar komputer dan harus dijawab secara online. Karena itu pelamar perlu menyesuaikan diri agar tidak terkejut dan membuang waktu pada saat tes yang sesungguhnya.

JobsDB sebagai portal penyedia informasi lowongan kerja terpercaya di Asia mendapatkan mandat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk membantu para pelamar mempersiapkan diri menghadapi Seleksi CPNS dengan sistem CAT. “Kami juga menyediakan segala informasi mengenai pendaftaran CPNS 2014 dan tes simulasi CPNS,” ungkap Ariadi.

JobsDB adalah salah satu pemimpin pasar untuk portal lowongan kerja online di kawasan Asia. Melalui spesialisasi dan pengalaman selama lima belas tahun, serta fokus pada teknologi, jobsDB mampu memberikan para pencari kerja kesempatan-kesempatan kerja yang sesuai dengan impian mereka, serta di saat yang bersamaan memberikan kepuasan kepada pemberi kerja untuk mendapatkan karyawan yang ideal.

Kemajuan teknologi dan perkembangannya saat ini memberikan kemudahan bagi penguna internet dalam mendapatkan informasi yang lebih cepat dan aktual. Indonesia memiliki potensi yang sangat besar sebagai salah satu negara dengan jumlah penguna internet terbesar di dunia. Menurut penelitian Andi Boediman dari Ideosource, dari 200 juta penduduk Indonesia, pada tahun 2012 terdapat 30 juta pengguna internet di Indonesia yang setiap harinya berkecimpung pada dunia online internet.

Sesuai perkembangan zaman dan teknologi, jobsDB.com yang merupakan situs rekrutmen online terbesar, terbaik, dan terpercaya berkontribusi dengan menghadirkan tampilan terbaru dari aplikasi jobsDB Mobile di Google Play. Para pencari kerja dapat mengunggah aplikasi jobsDB di Google Play dari ponsel smartphone maupun dari komputer. Melalui Aplikasi jobsDB ini para pencari kerja akan lebih mudah untuk menemukan pekerjaan yang diinginkan.

Ribuan PNS

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar mengatakan untuk tahun ini pemerintah membuka formasi baru Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 100 ribu orang. “Formasi sebanyak itu tersebar di berbagai departemen, provinsi dan kabupaten/kota di Tanah Air,” kata Azwar Abubakar.

Ia mengatakan formasi yang dibutuhkan sesuai kebutuhan yang ada dari departemen, provinsi maupun kabupaten/kota. Menyinggung mengenai masalah tenaga auditor, ia mengatakan, dari kebutuhan 20 ribu sampai saat ini baru ada 6.000 orang. Dikatakan mengenai kebutuhan tenaga medis dan dokter untuk tahun lalu telah dibuka sebanyak 5.000 orang dan tahun ini dibutuhkan lagi sebanyak 1000 orang khusus untuk tenaga perawat. Sementara itu mengenai formasi tenaga dokter dibuka formasi baru sebanyak 3.000 orang tetapi khusus nantinya ditempatkan ke daerah-daerah terpencil.

Menteri mengatakan seiring dibukanya formasi baru CPNS juga akan terus melakukan perbaikan kinerja tenaga PNS yang ada agar bisa maksimal memberikan kepalayanan kepada masyarakat. “Dari sekian banyak kabupaten/kota yang ada untuk kinerjanya yang mendapat nilai B itu hanya empat daerah, sedangkan untuk provinsi hanya enam. Hal seperti ini perlu mendapat perhatian, dalam peningkatan kinerja,” katanya.

BERITA TERKAIT

Salurkan CSR, Bank DKI Sediakan Fasilitas Hidroponik di Rusun

  NERACA   Jakarta - Sebagai bentuk kepedulian dalam bidang lingkungan, Bank DKI salurkan CSR dalam bentuk penyediaan fasilitas Hidroponik…

Bank HSBC Sediakan Layanan Wealth Management

  NERACA   Jakarta - PT Bank HSBC Indonesia menyediakan layanan Wealth Management dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan keuangan masyarakat di…

Merangkul CPNS Generasi Millenial

Oleh: Henny Galla Pradana, SH.,MM., Staf di Sekretariat Kabinet *) Beberapa pekan terakhir ini Pemerintah Pusat tengah sibuk mempersiapkan penerimaan…

BERITA LAINNYA DI BERITA KOMODITAS

Indonesia-Tanzania Tingkatkan Relasi Perdagangan

NERACA Jakarta – Dubes RI untuk Tanzania Ratlan Pardede melakukan pertemuan dengan Presiden Zanzibar Ali Mohamed Shein pada Jumat (24/11)…

Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok Terus Dijaga

NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan berupaya menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok (Bapok) menghadapi Hari Besar Keagamaam Nasional…

Dunia Usaha - HIMKI Tentang Wacana Dibukanya Kran Ekspor Log dan Bahan Baku Rotan

NERACA Jakarta - Ketua Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Soenoto mengatakan sampai saat ini masih ada pihak-pihak yang…