Memulai Bisnis Souvenir Pernikahan

Sabtu, 08/03/2014

Saat ini memang sebagian besar kalangan yang sangat mengutamakan hadirnya souvenir di pernikahan, walaupun banyak pula yang menganggapnya merupakan hal remeh dan hanya sekedar pelengkap saja. Mereka pun tidak mempedulikan apakah ada souvenir atau tidak, karena yang terpenting adalah pernikahannya.

Padahal sebenarnya, souvenir itu memiliki satu peran penting sebagai pencipta kesan kepada para tamu undangan terhadap resepsi pernikahan. Karena yang namanya pernikahan itu diharapkan langgeng selamanya. Jadi tak salah bukan jika kita memberi kenang-kenangan yang berkesan kepada para tamu undangan.

Apalagi saat ini, banyak tamu undangan yang mendapat souvenir pernikahan yang terkesan asal-asalan tidak merasa puas dan cenderung memberi kesan negatif terhadap pernikahan yang didatanginya tersebut.

Nah, karena banyaknya pesta pernikahan dari tahun ke tahun, ini tentu bisa menjadi peluang usaha bagi kita untuk memulai bisnis souvenir pernikahan. Ya, bisnis yang tergolong sederhana itu memang tidak salah jika dilirik sebagi lahan bisnis yang menjanjikan.

Selain itu, kita juga tidak dituntut untuk memiliki keterampilan khusus berbisnis ini. Karena jika kita tak mampu membuat souvenir yang menarik, kita bisa mendapatkannya di berbagai pasar penyedia souvenir pernikahan. Anda dapat membeli secara grosir barang-barang yang akan digunakan dalam bisnis souvenir pernikahan untuk kemudian dikemas dengan cantik dan menarik agar memberi kesan yang indah pada penerimanya.

Ya, untuk memulai usaha souvenir pernikahan, kita dapat mulai denganmelakukan dulu survei kecil-kecilan ke beberapa pasar, pilih dan pilah yang dan berbeda dari biasanya. Setelah itu, cari selisih harga yang bisa memberikan keuntungan untuk kita tentunya.

Selain itu, survei juga bisa dilakukan di beberapa industri kecil yang khusus memproduksi souvenir pernikahan. Tetapi sayangnya souvenir pernikahan tidak tersebar di beberapa daerah, sehingga akan sulit untuk menemukannya. Cara simple nya ya dengan mendatangi pedagang souvenir di pasar-pasar penyedia souvenir.

Sementara itu, cara promosi yang bisa dilakukan dan biasanya terbukti efektif dalam menjual souvenir pernikahan adalah melakukan kerjasama dengan usaha lain yang ada kaitannya dengan pernikahan. Seperti studio photo yang biasa menangani acara pernikahan, kerjasama dengan salon-salon kecantikan dan rias pengantin dan juga dengan katering yang biasa menangani konsumsi dalam acara pernikahan.

Tetapi, jika Anda ingin memulai bisnis souvenir pernikahan kecil-kecilan, Anda sebetulnya bisa membuat sendiri souvenir pernikahan yang unik, personal, ekonomis dan berkesan dengan sederhana tanpa memerlukan waktu pembuatan yang lama. Nah, Di bawah ini terdapat beberapa ide jenis souvenir pernikahan yang dapat Anda buat sendiri karena proses pengerjaan yang mudah dan tidak memakan waktu.

Seperti permen cokelat warna-warni, gantungan kunci dan handuk aneka bentuk. Dimana kesemua itu dapat dibuat dengan hanya mendatangi pabriknya saja. Anda hanya butuh kreasi dalam mengemasnya semenarik mungkin. Selamat mencoba.