Penjualan Mobil Ditargetkan 1,25 Juta Unit - Tahun Ini

Tahun ini, diperkirakan penjualan kendaraan (mobil) akan terus meningkat. Bahkan kabarnya di seluruh dunia angkanya diperkirakan menembus angka 85 juta unit.

NERACA

Tahun lalu (2013), mungkin surganya buat para perusahaan otomotif. Pasalnya, penjualan kendaraan khususnya kendaraan roda empat melampaui target yang dicanangkan sebelumnya, yakni sebesar 1.229.903 unit atau naik dari tahun sebelumnya (2012) yang hanya mencatatkan penjualan sebesar 1,1 juta unit.

Melihat cerahnya penjualan mobil di tahun lalu, tahun ini Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi penjualan mobil akan mencapai 1,25 juta unit. Angka ini, dinilai Gaikindo sangat realistis.

"Pencapaian tahun 2013 merupakan rekor tertinggi yang pernah dicapai, dan kami rasa tahun 2014 akan dapat mengejar pencapaian industri otomotif Indonesia di 2013 kemarin yang mencatat kenaikan nilai transaksi sebesar hampir 10%," ujar Ketua Umum Gaikindo Sudirman MR.

Target yang dicanangkan itu, bukan tanpa perhitungan. Karena telah mempertimbangkan beberapa faktor strategis yang berpengaruh terhadap penualan otomotif, seperti harga minyak dunia, upah buruh, tarif dasar listrik, dan gas untuk industri.

Sementara itu, produksi industri otomotif hingga akhir 2013 mampu mencapai 1.208.165 unit. Dengan kata lain naik sekitar 13% dibandingkan produksi di tahun sebelumnya yang mencatat 1.065.557 unit.Berdasarkan data yang ada memang sangat ideal jika Gaikindo mencanangkan target tersebut. Bahkan buka hal mustahil ambisi Gaikindo yang ingin menjadikan Indonesia menjadi barometer industri otomotif Asia Tenggara bakal terwujud.

IIMS 2014

Nah, salah satu senjata Gaikindo adalah penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS). Demi menarik minat pasar di tahun 2014 ini, Gaikindo berencana kembali menggelar pameran otomotif IIMS beberapa bulan mendatang.

Meskipun sempat tersiar berita IIMS nanti akan pindah lokasi, tetapi panitia menyatakan tetap akan menggunakan JI Expo Kemayoran sebagai arena pamerannya. Sementara itu, Gaikindo sendiri telah menyatakan kesiapannya untuk menggelar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini rencananya akan dihelat pada 18-28 September mendatang. Diprediksi gelaran IIMS nanti akan sedikit lebih besar dari tahun 2013 lalu. Karena, kabarnya Gaikindo akan menambah luas lahan sebesar 10% dari luas lahan yang dijadikan arena pameran tahun lalu.

Kalau berjalan sesuai rencana, sebanyak 38 merek anggota Gaikindo yang terdiri atas 29 passanger cars dan 9 commercial vehicles akan kembali berpartisipasi dalam Indonesia International Motor Show tahun ini.

BERITA TERKAIT

Ekspor Januari Tumbuh 17,75% - IPCC Menuai Berkah Kemudahan Ekspor Mobil

NERACA Jakarta – Geliat ekspor industri otomotif memberikan dampak terhadap bisnis bongkar muat milik PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC).…

Ditopang Penjualan Residensial - BSDE Targetkan Marketing Sales Rp 6,2 Triliun

NERACA Jakarta – Tahun ini, PT Bumi Serpong Damai  Tbk (BSDE) memasang target marketing sales senilai Rp6,2  triliun.”Kami optimistis target…

Mayora Incar Penjualan Ekspor Tumbuh 20%

NERACA Jakarta – Sepanjang tahun ini, PT Mayora Indah Tbk (MYOR) menargetkan penjualan ekspor dapat tumbuh 15%-20% pada 2019, dengan…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Diberi Kemudahan Perpajakan, Ekspor CBU Diperkirakan Terus Naik

Kementerian Perindustrian terus memacu industri otomotif di Indonesia gencar melakukan ekspor guna turut memperbaiki neraca perdagangan nasional. Langkah ini sesuai…

Honda Bocorkan Interior Purwarupa Mobil Listrik Terbaru

Menjelang peluncuran prototipe mobil listrik di ajang Geneva Motor Show pada 5 Maret 2019, Honda merilis sebuah foto yang memperlihatkan…

Suzuki All New Ertiga Diperkaya Sejumlah Fitur Baru

All New Ertiga yang diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 lalu, akan terlihat lebih menarik setelah PT Suzuki…