Prudential Gelar Idola Cha-Ching

Salurkan Kreativitas Anak

Selasa, 29/10/2013

NERACA

Jakarta - Untuk menyalurkan ekspresi kreativitas anak anak dan remaja, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menggelar Idola Cha-Ching sejak September 2013.

Corporate Marketing and Communications Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo mengatakan, kompetisi video ini merupakan salah satu bentuk komitmen Prudential untuk terlibat dalam mengembangkan pengetahuan pengelolaan keuangan anak anak di Indonesia.

Nini menjelaskan, Pengembangan kreativitas harus dilakukan sejak dini agar dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak. Terdapat berbagai cara untuk melakukan hal tersebut, salah satunya adalah dengan kegiatan yang membuat anak berkreasi, seperti menari, melukis dan bernyanyi.

“Idola Cha-Ching diharapkan menjadi medium kreatif bagi anak-anak untuk mengembangkan kreativitas sekaligus mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai empat konsep pengelolaan keuangan dasar, yaitu menghasilkan (earn), menabung (save), membelanjakan (spend) dan menyumbang (donate),” kata Nini dalam siaran persnya, di Jakarta, Senin (28/10).

lebih lanjut, Nini menjelaskan, pengetahuan literasi keuangan yang diajarkan sejak dini akan bermanfaat dan membantu perencanaan keuangan. “Bukan hanya bagi anak-anak di saat mereka dewasa nantinya, tetapi juga bagi keluarganya dan lingkungannya,” jelas Nini.

Pembelajaran literasi keuangan yang dilakukan secara menarik melalui program hiburan terbukti meningkatkan pemahaman anak-anak. Berdasarkan hasil riset yang dilaksanakan Cartoon Network – saluran televisi anak-anak Asia, anak-anak yang telah menonton program Cha-Ching Money Smart Kids semakin memahami empat konsep pengelolaan keuangan dasar tersebut

“Prudential Indonesia percaya dengan semakin tingginya tingkat persaingan baik di sekolah maupun di dunia kerja, menuntut anak–anak Indonesia untuk semakin terampil dalam hal–hal mendasar seperti pengelolaan keuangan, “ tambah Nini.

Nini melanjutkan, Idola Cha-Ching merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Prudential yang tergabung dalam satu inisiatif besar yaitu “Sejuta Hati Untuk Sejuta Mimpi”. Program ini bertujuan untuk dapat menyentuh dan memberikan manfaat bagi satu juta orang Indonesia pada akhir tahun 2014, melalui berbagai program yang berfokus pada pendidikan dan anak-anak, serta kesiagaan serta penanggulangan bencana.

Kompetisi video Idola Cha-Ching digelar mulai pertengahan September hingga akhir November mendatang. Kompetisi yang memperebutkan hadiah uang puluhan juta rupiah ini, dapat diikuti oleh anak-anak dan remaja berusia 5 hingga 18 tahun. Video yang telah masuk akan dinilai berdasarkan aksi pertunjukan, ekspresi, kreativitas dan kualitas video.

Program Cha Ching sendiri merupakan pembelajaran literasi keuangan interaktif melalui karakter animasi, musik dan film. Dengan mengikuti kompetisi video tersebut, diharapkan kreativitas anak-anak semakin berkembang dan di saat yang sama mereka dapat belajar mengenai pengelolaan keuangan dasar. [sylke]