Nasabah PNM Ulam Pelita Mencapai Ratusan Orang

Kota Sukabumi

Jumat, 16/08/2013

Sukabumi - Meski terbilang baru berdiri di Kota Sukabumi, namun lembaga keuangan permodalan nasional madani (PNM) Ulam Pelita sudah mempunyai nasabah berjumlah 278 orang. Selain lembaga yang khusus menjembatani permodalan kepada para usaha kecil menengah (UKM), juga ikut andil dalam memberikan pelatihan usaha. “Keberadaan lembaga ini memberikan bantuan permodalan bagi para pelaku UKM di Sukabumi”, kata Manager unit PNM Ulam Pelita cabang Sukabumi, Agus S.R, kemarin.

Dijelaskanya, sejak berdiri tahun 1997, lembaga perbankan ini dulunya memberikan pinjaman modal kepada para bank diantaranya BPR dan lainnya. Namun sekarang langsung memberikan permodalan usaha ke masyarakat khususnya para pelaku UKM. “Alhamdulillah dari target Rp10 miliar terealisasi sekitar Rp11,5 miliar”, kata Agus.

Dikatakan Agus, bunga pinjaman yang diberikan bervariatif, yaitu 0,85% perbulan dan ada juga bunga negosiasi dari nasabah yang bayarnya lancar sebesar 1,2% dengan pijaman diatas Rp50 juta. “Sementara untuk pinjaman di atas Rp100 juta kami berikan bunga 1,5%”, kata Agus.

Dalam memberikan pelayanan terhadap para nasabahnya, tambah Agus, setiap satu tahun sekali para nasabahnya diberi program kerja usaha dan pelatihan kerja usaha. ”Agenda rutin setiap satu tahun tersebut dilakukan, karena PNM Ulam mempunyai lembaga pendidikan yang bukan hanya untuk para nasabah melainkan sering dipakai oleh bank-bank lain yang butuh pelatihan pendidikan”, terang Agus.

Topik Terkait

bpr ulam ukm ulam