Perusahaan Siapkan Teknologi Penyediaan Air Bersih

Mendapatkan akses berkelanjutan terhadap air minum yang bersih tetap menjadi kebutuhan utama bagi banyak rumah tangga di Indonesia, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan. Berdasarkan sebuah laporan pada tahun 2011 mengenai pencapaian Millennium Development Goals Indonesia yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, sekitar 58% rumah tangga di Indonesia tidak memiliki akses terhadap sumber air minum layak yang belum terkontaminasi.

Pemerintah pun sedang berusaha menyediakan hal itu. Namun, berjalan sendirian tentu terasa berat. Oleh sebab itu, pemerintah menggandeng pihak swasta untuk menyediakan air bersih dan sanitasi kepada mereka yang memerlukan. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), PT Herfinta F&P membangun sarana air bersih dan kamar mandi umum di Desa Tanjung Mulia, Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Dalam hal ini PT Herfinta F&P bekerjasama dengan PT Bank Mandiri Tbk.

Sarana air bersih dan kamar mandi umum di Desa Tanjung Mulia ini dilengkapi dengan alat filter (ferro filter) yaitu alat penyaringan air sumur berkapasistas 1.000 liter/jam, dan juga sudah dilakukan pemeriksaan di laboratorium untuk kelayakan air untuk dikonsumsi.

Hal serupa juga tengah dilakukan oleh Singapore International Foundation (SIF) melalui program Water for Life yang ditempatkan di daerah pedesaan Kabupaten Lamongan yang merupakan daerah yang kekurangan air. Melalui pemasangan 150 filter air membran selama tiga tahun ke depan, proyek Water for Life (Lamongan) dari SIF bertujuan untuk mengurangi timbulnya penyakit yang dapat tersebar melalui air dengan menyediakan akses terhadap air bersih. Water For Life (Lamongan) adalah proyek yang diprakarsai dan dikelola oleh SIF, dengan sponsor dari Metro for Children Charity.

Kepala Metro for Children’s Charity, Ms Jacqueline Tan mengatakan, memberikan kembali kepada masyarakat merupakan sesuatu yang sangat penting untuk Metro dan khususnya juga bagi masyarakat Indonesia, terlebih lagi Metro Department Store juga telah hadir di Indonesia.

\\\"Melalui Metro for Children Charity, kami bertujuan untuk membuat perbedaan positif terhadap kemajuan sosial dari masyarakat yang membutuhkan. Kami sangat senang menyeponsori proyek Water for Life yang sangat berarti ini yang dijalankan oleh SIF. Proyek ini akan mampu membantu menyediakan air bersih dan lingkungan hidup yang lebih sehat bagi anak-anak sekolah dan orang dewasa di Lamongan,\\\" kata dia

Sehubungan dengan peluncuran resmi proyek ini, sponsor Metro for Children Charity* juga mengadakan kontes mewarnai di Pondok Pesantren Karang Asem pada tanggal 11 Juni 2013. Karya terbaik dari siswa/siswi lokal akan diperbanyak untuk upaya penggalangan dana publik pada akhir 2013. Pendukung kegiatan amal ini, Pioneer Junior College (PJC), juga akan menyumbangkan sepatu sekolah kepada siswa selama acara.

\\\"Pemerintah Kabupaten Lamongan juga mengucapkan terima kasih kepada SIF, dan Gubernur Jawa Timur, serta Biro Kerjasama Provinsi Jawa Timur yang telah membantu Kabupaten Lamongan dalam menyediakan filter/penjernih air minum yang dapat meningkatkan ketersediaan air minum di Kabupaten Lamongan,\\\" kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Kabupaten Lamongan, Drs Moch. Wahyudi, M.

Related posts