Dorong Kum Ibu Berwirausaha - Putra Sampoerna Foundation

Kewirausahaan masih menjadi isu hangat yang kini banyak dikedepankan oleh banyak pihak dan ditargetkan kepada anak muda. Padahal, selain anak muda, isu kewirausahaan juga penting bagi masyarakat lain, terutama kaum ibu dengan ekonomi rendah.

Ya, kaum ibu perlu didorong untuk berwirausaha, karena kaum ibu memiliki potensi dalam dirinya untuk berpeluang mapan dan mandiri. Dengan melakukan pemberdayaan untuk mengembangkan potensi mereka di bidang kewirausahaan, kaum ibu akan mempunyai potensi yang besar dalam berwirausaha dan tidak terbatas meski sudah memasuki ranah rumah tangga.

Kaum ibu memiliki bakat, loyal, kerja keras, sifat disiplin, dan banyak mempengaruhi lingkungannya. Ini bisa menjadi modal perempuan dalam berwirausaha. Nilai-nilai positif yang tercermin ini terbukti dari banyaknya perempuan yang giat menawarkan berbagai produk sebagai kegiatan sampingan atau yang berkaitan dengan pekerjaan melalui beberapa grup jejaring sosial.

“Jika kita bicara ekonomi rakyat, yang paling banyak berperan adalah kaum ibu. Mereka pada dasarnya merupakan penggerak roda ekonomi sekaligus penopang ekonomi keluarga. Oleh karena itulah kita juga memberdayakan kaum ibu,” kata managing director of the Putera Sampoerna Foundation, Nenny Soemawinata.

Ketika sudah diberdayakan, sambung Nenny, Putera Sampoerna Foundation memiliki Mekar Entrepreneur Network. Suatu unit usaha yang dikhususkan untuk wirausaha, dimana pelaku usaha baru akan dipertemukan dengan Angel Investor selaku pemilik modal dengan pelaku usaha yang telah matang dengan konsep bisnis yang dimiliki.

Para angel investor dapat memberdayakan gagasan bisnis yang inovatif dan menguntungkan. Sekaligus menumbuhkan dan menguatkan kewirausahaan. Para investor akan mendampingi para wirausahawan, dengan memberikan pengetahuan dan bimbingan yang tepat serta modal untuk merealisasikan ide bisnis para wirausahawan.

“Kini kita sedang membuat suatu system Stock Exchange Concept atau pasar bursa untuk koperasi kalangan bawah,” imbuhnya.

Tercatat, Mekar Entrepreneur Network yang merupakan unit usaha dari Putera Sampoerna Foundation (PSF) ini, pada tahun 2011 saja telah berhasil membuat 25 kesepakatan antara pelaku usaha dan investor yang teregistrasi dalam web mekar di www.mekar.biz

Mengingat 56,7% Product Domestic Bruto (PDB) ditopang sektor Usaha Kecil Menengah (UKM), pada tahun 2012 lalu Mekar terus meningkatakan kesepakatan dengan mempertemukan pelaku usaha baru dan calon investornya hingga 50 deal bisnis yang dapat terjalin.Hingga kini, Mekar Entrepreneur Network telah menjaring 2000 entrepreneur dan 258 Angel Investors yang terdaftar dalam web Mekar dengan total investment capital sekitar Rp9 miliar.

Related posts