free hit counter

Program Bedah Rumah

Masyarakat Tidak Lagi Tinggal di Rumah Kumuh

Sabtu, 13/10/2012

NERACA

Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki oleh setiap perusahaan besar, diharapkan dapat disalurkan untuk membantu realisasi program bedah rumah yang dicanangkan pemerintah.

Pemerintah sedang gencar menggandeng perusahaan-perusahaan besar untuk menyalurkan dana CSR dalam program bedah rumah yang dicanangkan pemerintah. program CSR merupakan tanggung jawab sosial, salah satu bentuknya adalah dalam bentuk bantuan pembangunan, baik fisik maupun moril yang disalurkan melalui program bedah rumah untuk masyarakat miskin.

Saat ini ada 4,8 juta masyarakat miskin di Indonesia dengan backlog rumah mencapai 14,8 juta unit rumah. Olehkarenanya, diharapkan tahun ini setidaknya ada 250 ribu rumah yang dibuat layak huni, sedangkan pada 2013 sekitar 500 ribu unit rumah, dan 500 ribu unit lagi di 2014.

Pelaksanaan program ini dimulai dengan pemilihan rumah yang pantas untuk dibangun oleh Badan Kelompok Masyarakat, setelah selesai diajukan ke Kabupaten Kota untuk diteruskan ke Kemenpera dan ke Propinsi. Setelah itu dilakukan verifikasi. Sedangkan, pelaksanaan masyarakat bekerjasama melakukan perbaikan rumah yang sudah tidak layak huni sehingga tidak perlu dana untuk membayar tukang.Next