Google Luncurkan Chrome Web Store - Terus Dekati Pasar Indonesia

NERACA

Raksasa mesin pencari, Google, secara perlahan terus mendekati pasar Indonesia. Setelah meluncurkan program bisnis Go Online untuk usaha kecil dan menengah serta rencana untuk membuka kantor di Indonesia, kini Google meluncurkan Chrome Web Store Indonesia.

Internet telah berevolusi selama 10 tahun terakhir ini. Mulai dari kumpulan halaman internet yang statis hingga berubah menjadi platform jejaring sosial yang interaktif, menggabungkan dokumen, berbagi foto, bermain game dan masih banyak lagi.

Hadirnya berbagai aplikasi internet, seperti layanan Gmail atau permainan seperti Battle Stations telah mengubah internet menjadi lebih menyenangkan, bermanfaat, dan menghibur. Namun, masih sering dijumpai kesulitan untuk menemukan aplikasi terbaik yang ada di internet. Sebabnya adalah karena selama ini belum ada satu tempat khusus di mana pengguna internet dapat mencari dan menemukan aplikasi-aplikasi yang mereka inginkan.

Berkenaan dengan hal tersebut, Google meluncurkan Chrome Web Store di Indonesia. Chrome Web Store merupakan sebuah pasar terbuka yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam mencari, menemukan, dan membeli aplikasi-aplikasi terbaik yang dapat ditemukan di internet, serta memberikan sarana bagi para pengembang aplikasi untuk menampilkan aplikasi-aplikasi internet karya mereka.

“Aplikasi Web membuat internet lebih menyenangkan, berguna dan menghibur. Namun, menemukan aplikasi terbaik di web - seperti permainan virtual football - bisa menjadi suatu tantangan karena tidak pernah ada tempat khusus untuk mencari dan menelusuri aplikasi tersebut. Sekarang Chrome Web Store memberikan pengguna tempat yang mudah untuk menemukan dan membeli aplikasi. Tujuan kami adalah untuk membuat Chrome Web Store tersedia untuk pengguna dan pengembang di seluruh dunia,” kata Senior Communication Associate Google Asia Tenggara Sana Rahman.

Google sangat bangga bahwa Chrome Web Store yang baru ini menyertakan beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia, yang juga dibuat oleh para pengembang Indonesia. Di antaranya, aplikasi Kompas Editors Choice yang dapat membantu penggunanya untuk selalu mengikuti berita terbaru dan terpenting. KapanLagi yang selalu memberikan gosip terkini selebriti, dan aplikasi Nova yang memberikan tips mutakhir mengenai wanita Indonesia modern.

“Tujuan kami adalah untuk menciptakan sebuah ekosistem terbuka di mana pengembang dapat dengan mudah membangun dan mendistribusikan aplikasi mereka ke lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia yang sudah menggunakan Chrome. Kami akan terus mendukung pengembang lokal dan terus membuat Chrome Web Store yang lebih baik dari waktu ke waktu,” kata Sana.

Tak hanya itu, ada juga aplikasi permainan terbaru dari Touchten yang diberi nama TouchJam. Aplikasi ini menampilkan beberapa lagu dari penyanyi Agnes Monica. Para penikmat musik juga akan terhibur oleh streaming musik secara online melalui aplikasi radio Prambors.

Aplikasi menarik lainnya adalah MuslimLife, yaitu aplikasi digital bagi umat muslim untuk keperluan ibadah. Ada pula aplikasi MindTalk yang menghubungkan para pengguna internet yang memiliki minat yang sama, dan aplikasi Bibli untuk para pengguna internet yang gemar berbelanja ataupun hanya sekadar mencari hadiah untuk kerabat mereka.

Tentu saja, di Chrome Web Store juga ada permainan terkenal seperti Angry Birds dan Battle Stations, serta aplikasi terkenal lainnya seperti Evernote, aplikasi untuk mengedit foto seperti Pixir, dan fitur Googles Docs pun dapat ditemukan di sini.

Melalui Chrome Web Store ini juga dapat ditemukan berbagai macam Extentions dan Themes, yang membantu para pengguna internet meng-customize penggunaan internet mereka. Extentions merupakan fitur dan fungsi yang dapat diatur sesuai dengan keperluan, yang dapat ditambahkan ke Chrome. Berbeda dengan aplikasi, jenis Extentions seperti PrayOnTime – yang memberikan petunjuk shalat lima waktu sesuai dengan lokasi di mana para penggunanya berada – akan selalu tersedia di situs manapun yang sedang dikunjungi. Sedangkan Themes adalah fitur yang mengubah tampilan latar belakang guna memberikan sentuhan pribadi pada browser Chrome para penggunanya.

Chrome Web Store, aplikasi, dan Extentions ditampilkan dalam kumpulan gambar yang selalu diperbarui setiap pengguna mengunjungi Chrome Web Store, sehingga mereka pun dapat dengan cepat melihat dan mencoba aplikasi terbaru yang ada. Aplikasi dan Extentions sangat mudah dalam instalasinya (klik video untuk petunjuk instalasi), cukup arahkan kursor ke salah satu gambar dan klik “Add to Chrome”. Para pengguna juga akan menemukan ratusan pilihan Themes yang tampilannya sangat menarik perhatian.

Bagi para pengembang aplikasi di Indonesia, diluncurkannya Chrome Web Store dapat diartikan sebagai akses mudah dalam menciptakan dan menyebarluaskan aplikasi hasil karya mereka ke lebih dari 200 juta pengguna Chrome di seluruh dunia.

Para pengguna Chrome kini dapat dengan mudah menemukan dan menambahkan aplikasi, Extentions, dan juga Themes baru di browser internet yang mereka gunakan, dari berbagai macam kategori yang ada. Dengan seiring bertambahnya para pengembang aplikasi yang bergabung denga Chrome Web Store, akan semakin banyak aplikasi-aplikasi dari para pengembang lokal, pencipta konten dan juga perusahaan di dalam negeri.

Untuk mencoba aplikasi-aplikasi terbaru ini serta ribuan aplikasi lainnya yang terdapat di Chrome Web Store, download Google Chrome dan kunjungi Chrome Web Store.

Related posts