Laba Citibank Naik 5%

 

 

NERACA

 

Jakarta - Citibank Indonesia (Citibank) menorehkan kinerja yang baik pada Triwulan III-2017. Laba bersih Citibank tercatat sebesar Rp 2 triliun, naik 5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 1,9 triliun. Kenaikan laba bersih ini didukung oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 7,6% menjadi Rp 3,3 triliun sampai dengan akhir triwulan III-2017. Proporsi pendapatan bunga bersih merata dari setiap lini bisnis. Institutional Banking berkontribusi 53% sementara Consumer Banking berkontribusi sebesar 47%. Kinerja yang baik ini menghasilkan rasio Return on Asset (ROA) sebesar 4,65% dan Return on Equity (ROE) sebesar 16,45%.

“Kinerja yang baik ini mencerminkan momentum yang kuat pada bisnis kami baik di Institutional Banking maupun di Consumer Banking. Total aset meningkat sebesar 9,4% menjadi Rp 80,5 triliun dan total Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh sebesar 4,2% menjadi Rp 54,7 triliun. Porsi Giro dan Tabungan sebesar 70% dari keseluruhan DPK per 30 September 2017,” ungkap Chief Executive Officer Citibank, N.A. Indonesia Batara Sianturi di Jakarta, Senin (6/11).

Lebih lanjut Batara menyampaikan, pihaknya terus menjaga kualitas kredit dengan berpedoman pada prinsip kehati-hatian. NPL gross dan net pada akhir September 2017 tercatat sebesar masing-masing 1,92% dan 0,63%, membaik dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya masing-masing sebesar 2,91% dan 1,12%. “Tingkat permodalan kami juga sangat memadai dengan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum sebesar 27,57% per 30 September 2017,” jelasnya.

Dalam lini Institutional Banking, Citibank secara sukses telah meluncurkan kemampuan untuk mendukung Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) bersama dengan 12 bank lainnya sebagai percontohan. Untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada customers, kami juga telah memigrasikan platform internet banking customer komersial kami ke platform integral CitiDirect BE. Pada periode ini kami juga telah meluncurkan kemampuan Chinese Yuan (CNY), yang memungkinkan para customer untuk melakukan penukaran CNY dengan kami.

Dalam lini Consumer Banking, Citibank telah meluncurkan kampanye Citigold “On Your Terms”, sebuah kampanye terbaru yang menawarkan layanan wealth management melalui digital dan solusi finansial yang disesuaikan dengan aspirasi nasabah dalam hal wealth, education dan retirement. Peluncuran program ini dilakukan di Jakarta serta beberapa kota utama di Indonesia seperti Medan dan Bandung.

Sejalan dengan misi Citibank untuk memberikan remarkable mobile banking experience, Citi terus melengkapi aktivitas yang sebelumnya hanya tersedia di cabang, CitiPhone dan Citibank Online, untuk tersedia di Citi Mobile. Salah satu kapabilitas yang dimiliki adalah nasabah dapat melakukan aktivasi rekening dormant melalui Citi Mobile, tanpa harus mengunjungi cabang ataupun menghubungi CitiPhone. Selain itu, nasabah dapat melihat dan mengunduh e-Statement Kartu Kredit dan Ready Credit Citibank hingga 7 tahun ke belakang. Lebih lanjut, Mobile OTP disatukan dengan Citi Mobile Token dimana nasabah dapat melakukan aktivitas dan transaksi di Citi Mobile secara seamless.

Untuk program CSR, Citibank melalui payung kegiatan sosial kemasyarakatannya yaitu Citi Peka (Peduli dan Berkarya) telah mengumumkan pendistribusian donasi sebesar USD 725.000 dari Citi Foundation kepada tiga organisasi nirlaba terpilih yaitu Indonesia Business links, Mercy Corps Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia. Dana yang didistribusikan akan dipergunakan untuk melaksanakan program-program sosial kemasyarakatan periode 2017-2018, berfokus pada edukasi dan literasi finansial, kesempatan ekonomi bagi generasi muda, serta appresiasi dan pemberdayaan terhadap pengusaha dan lembaga keuangan mikro.

 

BERITA TERKAIT

Suku Bunga Perbankan Didesak untuk Turun

  Suku Bunga Perbankan Didesak untuk Turun  NERACA Jakarta - Bank Indonesia (BI) memandang, suku bunga kredit perbankan perlu terus…

Inflasi Terjaga, BI Tahan Suku Bunga

Inflasi Terjaga, BI Tahan Suku Bunga NERACA Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyampaikan, keputusan untuk mempertahankan suku bunga acuan atau…

PosIND dan Bank Muamalat Luncurkan Layanan Tabungan Haji di Kantor Pos

  NERACA Jakarta - PT Pos Indonesia (Persero) (PosIND) bersama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk resmi meluncurkan layanan pembukaan Rekening…

BERITA LAINNYA DI Jasa Keuangan

Suku Bunga Perbankan Didesak untuk Turun

  Suku Bunga Perbankan Didesak untuk Turun  NERACA Jakarta - Bank Indonesia (BI) memandang, suku bunga kredit perbankan perlu terus…

Inflasi Terjaga, BI Tahan Suku Bunga

Inflasi Terjaga, BI Tahan Suku Bunga NERACA Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyampaikan, keputusan untuk mempertahankan suku bunga acuan atau…

PosIND dan Bank Muamalat Luncurkan Layanan Tabungan Haji di Kantor Pos

  NERACA Jakarta - PT Pos Indonesia (Persero) (PosIND) bersama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk resmi meluncurkan layanan pembukaan Rekening…