NERACA
Jakarta –Meskipun kebanyakan pelaku pasar properti memprediksikan bila tahun ini masih berlanjutnya perlambatan pasar properti, namun untuk pasar ritel masih akan tetap tumbuh walaupun lambat. Disebutkan, terbatasnya pasokan ritel atau pusat perbelanjaan di Jakarta akan membuat tingkat hunian ritel pada 2016 akan baik.
Selain itu, harga sewanya juga diperkirakan akan mengalami pertumbuhan.”Pasokan ritel yang terbatas membuat tidak adanya tekanan terhadap kekosongan penyewa, tren ini kami menduga akan berlanjut pada tahun ini, meski pertumbuhannya pelan namun pasti," ujar Head Ritel Jones Lang Lasalle (JLL), James Austen.
Dirinya juga mengungkapkan, tahun ini pusat perbelanjaan atau mal akan mengalami tantangan seperti makro ekonomi dan pelemahan nilai tukar rupiah. Pasalnya, diberlakukannya moratorium pembangunan mal di Jakarta sejak 2011 menyebabkan pasokan baru terbatas pada beberapa triwulan terakhir. Dimana tingkat hunian yang tinggi lebih dipengaruhi oleh permintaan di mal-mal berkelas di Jakarta. Seperti data yang dilansir oleh JLL, tingkat okupansi mencapai 92% dengan pasokan yang tersedia sekira saat ini mencapai 2.72 juta meter persegi. Di mana rata-rata harga sewanya untuk base rent sebesar 495.957 per meter persegi per bulan, dan gross rent sebesar 602.667 per meter persegi per bulan.
Masih tingginya tinggkat hunian di mall, tentunya menjadi pasar yang cukup menjanjikan seiring dengan membaiknya daya beli masyarakat. Tidak heran, pertumbuhan pusat perbelanjaan di Indonesia mengalami pertumbuhan cukup pesat. Apalagi mall-mall saat ini sudah menjadi tren sebagai gaya hidup dan hiburan keluarga, tidak lagi sebatas pusat perbelanjaan.
CEO Leads Property Indonesia, Hendra Hartono mengatakan, munculnya pusat belanja dengan konsep gaya hidup atau lifestyle mall seperti ini akan memegang peranan penting dalam perubahan gaya hidup masyarakat kota, baik di pulau Jawa maupun di daerah-daerah seluruh Indonesia."Orang sekarang tak lagi belanja di tempat. Mereka hanya melihat-lihat barang yang dipamerkan, terutama gadget (gawai), barang elektronik, dan pakaian. Belanjanya secara online," papar Hendra.
Jadi, kata Hendra, esensi lifestyle mall itu bakal mengalami pergeseran. Dimana pusat belanja gaya hidup hanya akan menjadi ruang-ruang pamer atau display room dan tempat gaul alias bersosialisasi, bertukar informasi, dan menunjukkan eksistensi. Tak mengherankan jika dalam tahun-tahun mendatang, peritel yang akan melakukan ekspansi besar-besaran adalah mereka yang bergerak di sektor makanan, dan minuman seperti restoran atau kafe, pusat kebugaran, dan peritel-peritel yang menunjang gaya hidup."Secara fisik, jumlah ruang pusat belanja tidak akan berkurang. Yang berubah justru sektor bisnis peritelnya. Mereka yang mengisi ruang pusat belanja akan didominasi restoran dan kedai kopi," tutur Hendra.
Pusat belanja akan menjadi tempat nongkrong, tempat hiburan, dan untuk liburan keluarga. Bukan lagi tempat belanja, apalagi untuk mencari barang-barang seperti gawai, elektronik, dan pakaian. Pasalnya, masyarakat yang berkunjung ke mal, belum tentu belanja. Mereka hanya akan mencoba produk baru. Karena beli produk online lebih menarik. Contohnya dari segi pembayaran paketan dengan kartu kredit atau promosi lainnya.
Menjawab Kebutuhan
Hal inilah yang dilakukan AEON Mall BSD City, mall bernuansa Jepang pertama di Indonesia yang mengusung konsep ‘For Your Smart Living’ menawarkan beragam fasilitas dan pengalaman berbelanja yang menarik untuk mendukung kehidupan masyarakat yang berkualitas,termasuk didalamnya menawarkan petualangan belanja perlengkapan fashion baik brand lokal maupun internasional. Mall bernuansa Jepang pertama di Indonesia ini juga menghadirkan perlengkapan kebutuhan baik dewasa maupun anak-anak.
Adrian Pranata, General Manager PT AMSL Indonesia bilang, belanja menjadi salah satu kegiatan paling menyenangkan dan terlalu sayang dilewatkan. Tidak pernah ada kata bosan untuk sekadar cuci mata berkeliling menjelajahi pusat perbelanjaan. Maka menjawab kebutuhan masyarakay, AEON MALL BSD CITY merupakan tempat yang tepat bagi pecinta fashion serta barang-barang kebutuhan lainnya.“Beragam tenant fashion berkelas seperti Uniqlo, Charles & Keith, Hush Puppies, Clarks, Guess, hingga Batik Keris pun kian melengkapi destinasi fashion para pengunjung. Tidak hanya itu, AEON MALL BSD CITY menyajikan beberapa brand yang bahkan baru pertama kali hadir di Indonesia.”ujarnya.
Pihaknya mengklaim, para pengunjung AEON MALL BSD CITY sangat dimanjakan dengan disuguhkan beragam brand terkemuka dari segala lini. Hal ini sesuai dengan komitmen manajemen dalam menghadirkan one stop service untuk memenuhi kebutuhan berbelanja yang lengkap bagi seluruh keluarga. AEON MALL BSD CITY tidak hanya menghadirkan merek terkemuka internasional saja, namun ada banyak pula merek kebanggan Indonesia seperti Batik Keris yang mempersembahkan batik tradisional Indonesia.
Setiap tahunnya, AEON Mall BSD City selalu menghadirkan event-event hiburan bagi kehangatan keluarga disetiap perayaan hari besar. Teranyar belum lama ini, AEON Mall menyelenggarakan berbagai acara menarik meriahkan hari raya Paskah. Acara-acara yang bertema “Egg Vaganza” tersebut adalah Tamago’s Family Playground, Puppet Show, Candy Shower, Food Blogging Competition hingga Mid Day Sale. Dimana acara ini tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak tetapi juga orang dewasa.
Marketing & Strategic Manager PT. AMSL Indonesia ,Wenni Wang mengatakan, dengan acara-acara tersebut pihak manajemen ingin berbagi kebahagiaan suasana Paskah dengan pengunjung AEON Mall BSD City. “Dengan itu harapan kita, pengunjung kita bisa senang dan betah," kata Wenni.
Dalam Mid Sale Day, pengunjung mal menemukan aneka diskon di tenant-tenant yang berpartisipasi. Wenni menyebutkan lebih dari 170 dari total 250 tenant di mal ini turut berpartisipasi dalam acara Mid Sale Day. “Tenant yang berpartisipasi akan diberikan tanda stiker yang ditempelkan dan bertuliskan "Mid Day Sale Participant. Di hari biasa mungkin tenant kasih diskon 5%, pas Mid Sale Day bisa saja nanti ada yang kasih diskon 80%,” ucapnya.
Asal tahu saja, AEON Mall BSD City merupakan investasi bersama antara Aeon Group dengan Sinar Mas Land. Dimana AEON Group menggelontorkan investasi untuk pembangunan Aeon Mall di Serpong, Tangerang, Banten, sebesar US$ 67 Juta. (bani)
PT Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka peluang untuk melakukan perpanjangan waktu perdagangan saham, dengan ada tiga skenario waktu perdagangan saham.…
NERACA Jakarta – Danai pengembangan bisnisnya, PT Blue Bird Tbk (BIRD) mengalokasikan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar…
NERACA Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan sebanyak 10.000 investor syariah baru di pasar modal Indonesia pada tahun…
PT Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka peluang untuk melakukan perpanjangan waktu perdagangan saham, dengan ada tiga skenario waktu perdagangan saham.…
NERACA Jakarta – Danai pengembangan bisnisnya, PT Blue Bird Tbk (BIRD) mengalokasikan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar…
NERACA Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan sebanyak 10.000 investor syariah baru di pasar modal Indonesia pada tahun…