Minat masyarakat terhadap makanan khas Timur Tengah seperti kebab masih besar. Apalagi kini para pengusaha kuliner gencar menampilkan keunikan produk untuk mencuri perhatian konsumen. Jika Anda pernah mendengar burger hitam, martabak hitam, maka kebab pun tidak ketinggalan juga berwarna hitam. Kebab ini dijajakan Silvia Maycella dari Yogyakarta dengan merek Black Kebab.
Usaha ini berdiri pada awal 2014 lalu dan mulai menawarkan kemitraan sejak Mei 2014. Saat ini gerai Black Kebab sudah memiliki 37 gerai, yang terdiri dari 15 milik sendiri dan 22 milik mitra yang tersebar di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, dan Bali. Paket penenawarkan kemitraan usaha senilai Rp 30 juta, Rp 50 juta, dan Rp 80 juta. Kelengkapan fasilitas tergantung paket investasi. Target balik modal sekitar satu tahun.
Black Kebab menyajikan menu-menu khas Timur Tengah berwarna hitam dari bahan alami kluwek, bumbu dapur yang menghasilkan sari berwarna hitam. Jika Anda tertarik, Silvia menyediakan tiga paket investasi yaitu paket tanpa booth senilai Rp 30 juta, paket mini rombong senilai Rp 50 juta, dan tipe island mall senilai Rp 80 juta. Mitra akan mendapat fasilitas resep dan bumbu Black Kebab, bahan baku awal, peralatan usaha seperti kompor bertungku, seragam karyawan, pelatihan karyawan, dan alat promosi. Perbedaan paket hanya terletak pada ukuran booth serta peralatan usaha yang didapat.
Mitra tidak dipungut biaya royalti, namun mitra paket Rp 80 juta wajib membayar biaya promosi sebesar Rp 1 juta per bulan dan untuk semua paket bahan baku wajib dipasok dari pusat seperti kemasan, bumbu kebab, dan kulit kebab, dan roti kebab hitam.
Biasanya untuk gerai yang sudah beroperasi rata-rata satu gerai bisa menjual hingga 80 porsi per hari.Misalnya paket island mall, penjualan per hari bisa mencapai Rp 1,5 juta, maka omzet sebulan bisa mencapai Rp 45 juta dengan asumsi laba bersih hingga 35%.
Mitra harus menyiapkan lahan minimal 6 meter persegi (m²) dengan satu orang karyawan untuk paket termurah. Silvia bilang kelebihan Black Kebab ini adalah penampilan dan rasanya yang unik tanpa bahan pengawet.
NERACA Jakarta - Penggunaan e-commerce di Indonesia terus mengalami lonjakan seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin mengandalkan…
NERACA Jakarta - PT Delifru Utama Indonesia ditunjuk sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mesin kopi asal Italia, La…
NERACA Jakarta - Produsen air mineral kemasan asal Bandung, Sierra meraih penghargaan di ajang Top Innovation Choice Awards 2025…
NERACA Jakarta - Penggunaan e-commerce di Indonesia terus mengalami lonjakan seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin mengandalkan…
NERACA Jakarta - PT Delifru Utama Indonesia ditunjuk sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mesin kopi asal Italia, La…
NERACA Jakarta - Produsen air mineral kemasan asal Bandung, Sierra meraih penghargaan di ajang Top Innovation Choice Awards 2025…